5 Pilihan Masakan Khas Tionghoa untuk Rayakan Imlek Tahun Ini

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Januari 10, 2020

Menjamu tamu dan kerabat di Tahun Baru Imlek, tak lengkap rasanya tanpa masakan khas Tionghoa! Mulai dari capcay hingga fuyunghai yang sudah populer kelezatannya. Suasana pun akan bertambah seru, jika kamu memasaknya sendiri di rumah. Tak ada salahnya kan mencoba?

Kali ini tim MAHI berbagi 5 pilihan masakan khas Tionghoa yang cukup simpel untuk para pemula. Dengan persiapan yang minim, hidangan ini sudah bisa menggoyang lidah!

1. Fuyunghai, masakan khas Tionghoa

Fuyunghai Asam Manis tersaji di atas piring.
Beragam sajian masakan Peranakan pasti kurang seru tanpa kehadiran Fuyunghai Asam Manis. (Foto: MAHI)

Siapa yang tak kenal fuyunghai? Makanan dengan bahan utama telur ini bisa dikonsumsi anak-anak hingga dewasa. Tak seperti telur dadar biasa, fuyunghai dicampur dengan sayuran, daging ayam atau udang, dan disajikan bersama saus asam manis.

Teksturnya pun berbeda. Fuyunghai lebih padat biasanya karena dicampur tepung tapioka atau tepung kentang agar sayuran dan daging melekat sempurna. Saat adonan dimasukkan ke dalam wajan, pastikan minyak sudah panas. Namun, setelah itu kita kecilkan api agar fuyunghai matang merata di bagian dalam. Penasaran dengan resep lengkapnya? Intip cara membuat fuyunghai dan sajikan bersama nasi hangat!

2. Pangsit kuah

Tahun baru Imlek juga biasanya disambut dengan hujan. Agar suasana lebih hangat, sajikan pangsit kuah yang gurih buatanmu sendiri. Tenang saja, membuatnya tak serumit itu kok! Kita hanya perlu beberapa bahan seperti kulit pangsit, udang, bawang bombay, dan sagu.

Adapun kuahnya, kita bisa membuat dari ayam bagian punggung atau ceker. Jangan lupa tambahkan Royco Kaldu Ayam agar makin nikmat. Resep pangsit kuah ini bisa diikuti oleh pemula. Selain direbus, pangsit juga bisa kok kita goreng. Jadi, ada beberapa pilihan menarik di meja makan!

3. Nasi goreng

Nasi goreng tengah dimasak di atas wajan.
Nasi goreng gaya restoran China menarik untuk dicoba di rumah. (Foto: Shutterstock)

Terbayang lezatnya nasi goreng di restoran Chinese? Kamu juga bisa menyajikan makanan ini di rumah. Berbeda dengan nasi goreng lainnya, versi ini lebih gurih dengan kecap yang tidak mendominasi.

Warna kehitaman pada nasi goreng berasal dari saus tiram dan kecap ikan. Tak heran rasanya cukup pekat, apalagi jika kita tambahkan seafood seperti udang dan cumi. Yakin deh, makanan di rumah akan habis dalam sekejap! Simak resep nasi goreng Hongkong dan rayakan Imlek bersama keluarga!

4. Ayam goreng mentega

Sajian yang tak kalah populer dari masakan khas Tionghoa adalah ayam goreng mentega. Namun, meski ayam goreng mentega selalu ada di restoran Chinese, hidangan ini terinspirasi oleh bahan-bahan masak asal Barat seperti saus Inggris dan mentega. Meski begitu, tetap sah dong jika kita menyajikan ayam goreng ini saat Imlek. Resep ayam goreng mentega ini dapat kamu ikuti dengan mudah!

5. Capcay udang

Tentunya kita tak boleh melupakan sayuran di hidangan Imlek. Sajikan capcay, masakan Tionghoa yang sudah sangat familiar di Indonesia. Capcay memiliki arti “campuran sayuran” yang kita bisa bereksplorasi menambahkan sayuran favorit.

Agar rasanya tidak gagal, kita tambahkan kaldu udang. Cara membuat kaldu udang adalah dengan merebus kulit udang dengan api kecil. Rasa capcay akan semakin kaya dengan kaldu yang kita buat sendiri di rumah. Yuk, kita coba resep capcay udang satu ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.