8 Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Kangen - MAHI

8 Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Kangen Road Trip

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Februari 17, 2022

Yang namanya Indonesia, pastinya tak asing dari kuliner yang tersebar di sepanjang Nusantara. Mau itu mie ongklok khas Wonosobo, tahu bakso Semarang, atau ayam Kalasan kebanggaan warga Sleman, inilah delapan contoh dari makanan khas Jawa Tengah yang legendaris dan sering diburu oleh turis. Bagaimana tidak? rasanya yang khas dan harganya yang relatif murah membuat orang-orang kangen untuk kembali mencicipinya.

Di masa yang penuh akan keterbatasan ini, tentunya traveling tidak bisa sebebas dahulu. Jadwal road trip-mu ke Jawa Tengah pun juga harus diundur. Untuk melepas kangen, saatnya menghadirkan sederet pilihan makanan khas Jawa Tengah ini di meja makan. 

1. Mie Ongklok, makanan khas Wonosobo

Semangkuk mie ongklok dengan sate.
Mie Ongklok khas Wonosobo, resep tradisional yang patut dicoba. (Foto: Shutterstock)

Salah satu makanan khas Jawa Tengah yang lezat namun tak terlalu dikenal, mie ongklok bisa menjadi solusi menu sarapan keluarga di rumah. Kata “ongklok” sendiri berakar dari tradisi setempat, merujuk kepada penggunaan keranjang mie yang terbuat dari bambu.

Dalam semangkuk mie ongklok, kita akan dimanjakan dengan kombinasi mie, tauge, dan kol, yang disiram dengan kuah gurih dengan potongan fillet ayam.

Penasaran ingin menyicipinya? Berikut adalah resep mie ongklok khas Wonosobo yang bisa dicoba!

2. Asem-asem Daging khas Jawa

Siapa yang setuju kalau asem-asem daging adalah salah satu kuliner paling dicari saat mampir ke kota Semarang. Racikan kuah kaldu daging yang enteng dengan sentilan rasa asam dan manis dan hangat bikin makan siang terasa istimewa. Ingin coba di rumah? Yuk, coba racikan Asem-asem Daging yang bikin santap kamu lebih lahap!

3. Garang Asem, makanan khas daerah bikin ngiler

Potongan ayam kampung yang dimasak dengan kuah santan encer dengan sensasi belimbing wuluh yang menyegarkan dan cabai rawit untuk memenuhi selera penyuka pedas. Yess, siapa yang tahan dengan godaan potongan ayam kampung berkuah dalam bungkusan daun pisang ini? Kalau ingin membuat versi lebih praktis di rumah, kamu juga bisa mengukus garang asem dalam pinggan tahan panas yang dialasi daun pisang. Bebas ribet, tapi kamu masih bisa merasakan sensasi aroma dari daun dalam kuah garang asem.

4. Tahu Bakso Semarang, camilan paling favorit

Hasil masak resep tahu bakso tengah dinikmati dengan cocolan saus sambal.
Nikmati kenyal gurihnya tahu bakso buatan sendiri! (Foto: MAHI)

Memadukan tekstur serta rasa tahu dan bakso dalam satu suap, tahu bakso Semarang dijamin akan bikin kita nambah porsi kedua. Hidangan khas Semarang ini kerap dijadikan teman saat lapar melanda maupun buah tangan saat berpergian ke kota Semarang. 

Biasanya, jenis tahu yang digunakan adalah tahu pong, tahu cokelat, atau tahu Sumedang. Kemudian isi dengan adonan bakso sapi yang sudah dibumbui. Sebelum menyantap, sajikan tahu bakso Semarang dengan Saus Sambal Jawara Extra Hot yang bikin ketagihan.

Ingin nyemil yang beda untuk akhir pekan ini? Yuk, kita coba resep tahu bakso Semarang!

5. Tongseng, makanan kaki lima paling populer

Diawali dari kota Boyolali, tongseng kemudian populer juga di daerah Solo dan daerah sekitar Jawa Tengah. Biasa dibuat dari daging kambing, tongseng memang paling pas bagi mereka yang menyukai hidangan daging bersantan.

6. Sate Kambing Muda Khas Tegal, lembut dan bikin nambah

Salah satu kuliner yang terkenal dari Tegal, Jawa Tengah, sate kambing muda sering diburu turis karena dagingnya yang empuk, bumbu sate yang lumer di mulut, dan sambal kecapnya yang legit. Kali ini, bagaimana jika kita mencoba membuatnya sendiri di rumah?

Agar dagingnya empuk sempurna, rendam daging kambing di parutan nanas muda, kemudian diamkan selama 10-15 menit sampai kenyal. Setelah itu, lumuri dengan bumbu sate yang telah dibumbui Bango Kecap ManisCocok untuk selebrasi, sate kambing yang kali ini paling nikmat kalau dimakan bersama. Agar makin semarak, yuk sajikan resep ini untuk keluarga di rumah!

7. Mangut Ikan, makanan khas Jawa Tengah yang smokey

Populer dengan bahan utama iwak pe (ikan pari) atau ikan lele asap, mangut selalu jadi mereka yang rindu dengan masakan kampung halaman. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menyajikan mangut ikan dari jenis ikan asap yang tersedia di rumah.

8. Opor Ayam, makanan rumahan paling disukai

Ada beberapa variasi opor ayam yang populer di Indonesia. Dengan bumbu putih, bumbu kuning, atau bumbu merah. Kamu tim  yang mana? Di Indonesia, opor juga dimiliki beberapa wilayah lain dan memiliki ciri khas dan bahan utama yang berbeda-beda.

Daripada penasaran, yuk langsung saja kita coba makanan khas Jawa Tengah yang legendaris ini di dapur!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.