10 Kuliner Unik Indonesia yang Selalu Bikin Kangen

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Oktober 15, 2018

Bumi Nusantara begitu kaya akan kuliner unik dan rasanya yang tak tergantikan. Inilah yang membuat lidah penikmatnya enggan berpaling pada rasa lain dan akan selalu mengidolakan makanan negerinya sendiri. Saat jauh dari rumah, kita tentunya akan selalu kangen dengan cita rasa lokal yang sangat khas. Tim MAHI mengumpulkan sebagian yang difavoritkan dari begitu banyak kuliner unik Indonesia yang nyatanya selalu dirindukan.

1. Satai Lilit

Keunikan satai lilit terletak pada batang serai yang digunakan sebagai pengganti tusuk satai sekaligus pemberi aroma dan rasa serai yang khas. Bicara soal kuliner Bali yang eksotis, satai lilit akan selalu hadir sebagai salah satu yang dijagokan. Satai lilit tidak hanya disukai oleh warga asal Bali, tapi sudah menjadi favorit masyarakat Indonesia serta bahkan para wisatawan asing.

2. Mi Ayam

Sajian mi memang banyak tersedia di mancanegara dengan berbagai versi, namun tak ada yang bisa menggantikan kelezatan semangkuk mi ayam yang merupakan kuliner unik Indonesia. Mi telur segar dibumbui dengan minyak bawang dan diberi topping daging ayam yang ditumisSulit untuk menolak tawaran seperti ini!

Sebagai salah satu sajian populer yang favorit, beberapa daerah memiliki gaya memasak mi ayam yang berbeda. Misalnya di daerah Jawa, ayam tumis dimasak dengan bumbu kuning dan diberi kecap manis. Ada juga versi daerah yang dipengaruhi oleh peranakan Tionghoa, daging ayam biasa ditumis dengan bumbu kecap asin. Wah, yang mana ya yang menjadi terfavorit?     

3. Soto

Kepopuleran soto sebagai salah satu makanan khas Nusantara memang sudah tak diragukan lagi. Ini juga yang menjadi alasan mengapa soto dipilih sebagai salah satu dari 5 Makanan Nasional Indonesia oleh Kementerian Pariwisata. Beberapa contoh soto yang populer adalah Soto Betawi, Soto Lamongan, Coto Makassar, dan Soto Medan.

4. Sup Buntut

Tidak semua orang dapat memasak sup buntut enak. Ini juga yang menjadikan alasan mengapa penikmatnya selalu menyantap sup buntut di rumah makan atau restoran favorit. Sup buntut yang sedap biasanya kuahnya tak terlalu berlemak namun kaya akan rasa buntut daging sapi yang gurih dengan bumbu dan rempah yang pas.

kuliner unik
Rebus kaldu sop sebanyak dua kali agar lemaknya berkurang. (Foto Shutterstock)

5. Nasi Kuning

Dikenal sebagai makanan perayaan dan juga menu sarapan dengan beberapa lauk pelengkap, nasi kuning adalah masakan yang membutuhkan persiapan yang cukup panjang. Masing-masing daerah di Indonesia yang memiliki ciri khas nasi kuning yang berbeda, khususnya dari lauk atau pelengkapnya. Salah satu contoh adalah nasi kuning Bandung yang khas dengan sambal oncom, atau nasi kuning khas Gorontalo dan Manado yang disajikan dengan telur rebus dan sambal roa. Unik!

6. Bakso Kuah

Siapa yang tak suka dengan semangkuk bakso kuah panas? Bakso adalah pilihan yang tak pernah salah dan selalu sedap disantap kapan saja. Demi menciptakan semangkuk kuah bakso yang sedap, pedagang bakso harus merebus tulang atau dengkul sapi selama berjam-jam dalam panci yang besar dan dalam.

7. Rujak

Salad buah versi Indonesia ini menggunakan variasi buah khas alam tropis seperti nanas, mangga, jambu air, mentimun, pepaya, dan ubi merah. Jika dibandingkan dengan salad buah di negara lain, tentunya rujak sangatlah unik. Belum lagi cocolannya yang bercita rasa pedas dan manis. Segar!

kuliner unik
Selain rujak tumbuk, ada juga rujak serut. (Foto: Shutterstock)

8. Rawon

Sup daging asal Jawa Timur ini memang sangat khas dengan warna gelap berkat sumbangan keluwak. Selain rawon klasik dengan bahan daging sapi bagian sandung lamur, rawon juga populer dari racikan kuah kaldu dengkul sapi. Jangan lupa dengan telur asinnya kalau ingin rasanya ingin lebih istimewa.

9. Rendang

Bukan hanya disukai oleh masyarakat Indonesia, keharuman nama rendang juga menobatkannya sebagai salah satu makanan terenak di dunia versi CNN. Saking fanatiknya orang Indonesia terhadap rendang, masakan khas Sumatera Barat ini kerap berkeliling dunia sebagai bekal atau oleh-oleh.

10. Pempek

Kuah cuko yang asam dan pedas sebagai cocolan pempek ikan jadi jawaban mengapa pempek adalah salah satu makanan Indonesia yang unik dan bikin kangen. Meski restoran atau rumah makan Indonesia di luar negeri menyajikan pempek, nyatanya kenikmatan jajan pempek di tanah air akan selalu lebih sedap. Setuju, kan?

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.