Jenis Masakan


5 Jenis Saus Steak Terkenal yang Perlu Kamu Coba

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Desember 5, 2019

Bicara soal saus steak, pasti kalian semua punya preferensi masing-masing. Sejarah makan-makan steak di Indonesia sejatinya tidak bisa lepas dari tiga saus ternama – barbecue, mushroom, dan black pepper. Untuk yang baru-baru mengenal steak, saus BBQ adalah pilihan aman karena rasa asam manis gurih yang menyenangkan. Bagi yang lebih berani dengan rasa menantang, saus black pepper adalah pilihan berikutnya.

Selain yang tiga, ada juga beragam pilihan saus steak lainnya yang tenar di berbagai penjuru dunia. Kita coba bahas beberapa di antaranya, yuk!

1. Saus Béarnaise

Kalau kita mengenal banyak saus dalam kuliner Prancis, maka saus Béarnaise adalah salah satu yang terkenal. Saus ini begitu tenar karena klasik digunakan pada hidangan steak sejak masa lalu. Secara mendasar, saus ini bisa digambarkan dari beberapa bahan seperti mentega, putih telur, cuka, dan beberapa macam herba. Satu bahan yang wajib hadir juga pada saus ini adalah bawang merah. Inilah yang membedakannya dengan saus Hollandaise.

2. Saus Steak Diane

Sesuai penamaannya, saus ini digunakan untuk menu klasik yang dinamakan Steak Diane. Hidangan yang satu ini adalah pelopornya sajian steak daging gaya restoran di Amerika Serikat sejak awal abad 20. Sausnya terbuat dari paduan mentega, bawang merah, jamur, krim, mustard, kaldu, dan bahan lainnya.

3. Saus Ponzu

Sepiring saikoro steak dan sayuran.
Saikoro steak semakin populer di Indonesia dan sering dipadukan dengan saus ponzu. (Foto: Shutterstock)

Cita rasa asam dihadirkan kultur Asia Timur untuk sajian daging bakar. Adalah menu Saikoro Steak asal Jepang yang populer menggunakan saus Ponzu. Jeruk yuzu dan beberapa varian lainnya seperti lemon, sudachi, kabosu, ataupun daidai bisa menjadi bahan dasarnya. Kemudian ada mirin, kecap asin, katsuobushi serta konbu sebagai bahan tambahannya. Segar!

4. Saus Chimichurri

Banyak yang tidak mengira kalau steak juga populer di Argentina dan punya sejarah panjang di sana. Menariknya, saus Chimichurri justru berasal dari para imigran Basque asal Semenanjung Iberia. Berbeda dengan saus pada umumnya, Chimichurri banyak menggunakan herba yang dipadukan dengan minyak. Bahan-bahannya terdiri dari bawang putih, peterseli, oregano, minyak zaitun, hingga ada juga yang menambahkan tomat dan paprika merah.

5. Saus Demi-Glace

Hotplate berisikan steak dan kentang goreng serta sayuran.
Salisbury steak ataupun Hamburg steak terkenal karena pengunaan saus demi-glace. (Foto: Shutterstock)

Salah satu saus klasik yang hingga kini digunakan dalam berbagai makanan adalah demi-glace. Terkadang saus ini lebih akrab dikenal sebagai brown sauce yang sebetulnya masih memiliki banyak turunan lainnya. Bisa dibilang kuliner Jepang justru yang kini meneruskan popularitas saus jadul ini. Selain pada steak, saus ini juga bisa digunakan pada takoyaki hingga omurice.

Selain yang lima ini, dunia masih menyimpan banyak saus steak lainnya. Sebagai pencinta masakan lezat ini, tugasmu berikutnya adalah mempelajari cara memasak steak, cara makan steak, dan juga bereksplorasi dengan sausnya. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.