Jaga Mata Sehat Selalu dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Simpan ke bagian favorit

Maddie|November 25, 2018

Menjaga agar mata sehat menjadi hal yang semakin menantang di era teknologi seperti sekarang ini. Setiap kali kita dihadapkan dengan cahaya biru yang sebetulnya berpotensi membuat mata rusak. Entah itu datang dari TV, laptop, dan tentunya – handphone. Sehingga tidak heran bila anak-anak saja sudah menggunakan kacamata sedari dini. Untuk itu, perlu untuk kamu ketahui apa-apa saja yang layak untuk dikonsumsi agar menjaga mata tetap sehat.

Degenerasi mata akibat blue light

blue light dapat merusak mata sehat
Interaksi sehari-hari kita dengan layar monitor ternyata memang dapat merusak mata. (Foto: Shutterstock)

Pada dasarnya, cahaya biru atau blue light bisa ditemukan dimana-mana. Misalnya saja secara alami, warna biru pada langit disebabkan oleh benturan cahaya matahari dengan atmosfer bumi. Namun dalam skala kecil, kita bisa menemukannya pada alat-alat elektronik yang kita pakai sehari-hari.

Meskipun banyak manfaatnya, blue light ternyata berpotensi mengganggu mata sehat dengan merusak bagian macula yang terletak di belakang retina. Macula sendiri berfungsi untuk memfilter cahaya yang bisa merusak mata. Namun seiring berjalannya waktu, kualitas macula akan semakin menurun dan degenerasi total dapat menyebabkan kebutaan. Konon sebagian populasi di Barat yang berumur di atas 65 tahun terjangkit dengan masalah ini.

Konsumsilah superfood

Bagaimanakah caranya untuk menghambat degenerasi macula? Ternyata jawabannya terletak pada makanan. Khususnya dengan mengonsumsi jenis-jenis superfood yang mengandung banyak lutein serta zeaxanthin. Tidak hanya zat-zat tersebut, banyak superfood juga yang mengandung antioksidan, vitamin, serta mineral.

Spesifik untuk kesehatan mata, maka dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran-sayuran seperti selada air, asparagus, bayam, kacang polong, serta bayam. Wortel yang selama ini menjadi anjuran bagi mata sehat justru menempati urutan terbawah dibandingkan saingan-saingannya yang berwarna hijau ini. Meskipun demikian, wortel tetap menjadi primadona bagi banyak orang Indonesia yang sudah lebih dulu mengetahui khasiatnya. Selain itu, ide yang bagus juga bagi kamu untuk mempelajari macam-macam sayuran yang sering dikonsumsi para vegan.

salad kale membantu menjaga mata sehat
Ternyata kale adalah jawaban nomor satunya! (Foto: Shutterstock)

Menempati urutan teratas adalah kale, yang kini semakin mudah ditemukan di pasaran. Sayuran super ini memiliki bentuk yang khas, cocok untuk dipadu padankan dengan banyak bahan lainnya terutama pada makanan berbentuk salad. Tidak hanya digunakan untuk konsumsi di rumah, kale juga menjadi “mainan” favorit para chef di restoran. Kale disebut-sebut sebagai pilihan utama untuk menjaga kesehatan mata pada umumnya.

Sekarang kamu sudah mengenal berbagai sayuran baru untuk segera digarap di dapur dan memasak yang terbaik untuk keluarga tercinta. Jangan lupa juga untuk mengenali berbagai makanan lainnya untuk menjaga kesehatan secara umum. Misalnya saja berbagai pilihan makanan setelah berolahraga ataupun beragam makanan sehat yang dikonsumsi para atlet. Tidak hanya mata yang tentunya kita jaga, namun juga badan kita secara keseluruhan.

Mari, ikuti selalu cerita-cerita ataupun resep-resep sehat lainnya dari aku ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.