5 Menu Masakan Harian untuk Kamu yang Mager Saat Musim Hujan

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Januari 7, 2020

Mager saat mendung memang kerap kita rasakan. Udara yang sejuk cenderung membuat kita ingin bersantai di atas sofa atau kasur. Agar waktu santaimu jadi lebih lama, persiapkan menu masakan harian yang praktis dan mudah diolah, tapi tetap menggoyang lidah!

Kita bisa memulai dari pemilihan bahan terlebih dahulu. Misalnya, pilih protein yang cepat matang seperti ayam atau udang. Begitupun dengan sayuran, kita bisa memanfaatkan stok sayuran di kulkas seperti wortel, buncis, atau jagung. Menu apa yang bisa kita buat? Intip berbagai inspirasinya berikut!

1. Menu masakan harian – Ayam Kuah Pedas

Masakan berkuah dan pedas sangat cocok untuk menghangatkan badan. Salah satu menu masakan harian yang bisa kamu coba adalah ayam kuah pedas. Langkah pembuatannya tidak banyak, kita hanya memerlukan ayam dan beberapa rempah seperti bawang merah, lengkuas, dan daun salam.

Kuah olahan ayam ini tak hanya pedas dan gurih, tapi juga segar karena ada tambahan asam jawa. Sudah tak sabar membuatnya? Simak resep ayam kuah pedas dan sajikan bersama nasi hangat!

2. Sup Oyong Bakso Ikan

Makanan berkuah lainnya yang praktis dibuat adalah sup oyong bakso ikan. Oyong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung hingga mencegah diabetes. Namun memang, cara membersihkan oyong perlu mendapatkan perhatian ekstra.

Setelah membersihkannya, sikat kulit oyong dengan lembut. Lalu kemudian kita bisa mengupas kulitnya. Cara ini dapat mempertahankan getah oyong yang jadi kunci untuk kesehatan. Padukan oyong dengan bakso ikan, sajikan selagi hangat! Lihat resep sup oyong bakso ikan untuk info selengkapnya.

3. Semur Tahu Kecap Buncis

Semangkuk semur tahu kecap buncis di atas meja putih yang menggugah selera.
Kini, resep semur tahu kecap buncis bisa dicoba di rumah dengan mudah. (Foto: Shutterstock)

Suka makanan bercita rasa manis? Yuk, kita buat semur tahu kecap buncis. Protein nabati ini kita olah dengan racikan bumbu Bango Kecap Manis yang kental dan gurih. Sajian yang cocok disajikan kala hujan.

Tahu yang kita gunakan pada resep ini adalah tahu cokelat. Tambahkan juga buncis untuk melengkapi nutrisi sajiannya. Yuk, kita coba resep semur tahu kecap buncis di rumah!

4. Jamur Suwir Pedas

Tak lengkap rasanya jika tidak ada sajian sayur menu masakan harian. Kita bisa memilih sayuran yang praktis diolah seperti jamur tiram, meskipun waktu simpannya tidak lama.

Rasa pedas pada tumisan ini juga menambah kehangatan suasana di rumah saat mendung. Jika ada anggota keluarga yang tidak bisa makan pedas, kamu bisa menyesuaikan jumlah cabainya, ya. Padukan resep jamur suwir pedas dengan bakwan dan semur ayam untuk hidangan yang sulit ditolak.

5. Bakwan Sayur Kuah Kacang

Bakwan sayur siram bumbu kacang tersaji hangat.
Inilah ide camilan akhir pekan yang seru – bakwan sayur siram bumbu kacang. (Foto: MAHI)

Camilan hangat, kriuk tapi lembut juga cocok disajikan saat hujan. Pilihan terbaiknya jatuh pada bakwan sayur. Siapa yang tidak suka gorengan legendaris ini? Jika terhalang hujan, kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

Racik sayuran seperti wortel, kol, dan tauge jadi gorengan yang lembut di dalam tapi garing di luar. Bubuhkan sedikit bubuk ketumbar untuk menambah kelezatannya. Sempurnakan sajian bakwan sayurmu dengan kuah kacang. Pastinya sulit ditolak! Intip resep bakwan sayur kuah kacang untuk menu masakan harianmu di musim hujan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.