8 Olahan Roti Tawar Sisa yang Bikin Kamu Lebih Hemat | MAHI

8 Olahan Roti Tawar Sisa Ini Bakal Bikin Kamu Lebih Hemat. Yuk, coba!

Simpan ke bagian favorit

Valentina|Mei 27, 2022

Sedang mencari resep olahan roti tawar sisa sarapan yang tak habis disantap tadi pagi? Sebelum berakhir dengan tumbuhnya jamur pada roti, kamu bisa mengolahnya menjadi camilan gurih atau manis yang seru. Cobain sederet inspirasi olahan roti tawar sisa dengan bahan-bahan yang mudah didapat atau cenderung tersedia di rumah ini! Selain mencegah terjadinya food waste dari rumahmu, kamu jadi bisa bikin keluarga tersenyum dengan suguhan yang enak dan tak membosankan.

Olahan Roti Tawar Sisa yang Bikin Hemat Jajan

Selama masih ada roti tawar sisa, abaikan dulu jajan di aplikasi layanan pesan antar makanan langganan kamu. Daripada dibuang sayang, yuk, kreatif di dapur dengan mengolah roti sisa sarapan jadi camilan super enak. Bukan hanya menghibur keluarga atau teman dengan snack enak, kamu juga jadi lebih irit, kan?

1. Roti Panggang Bawang Putih

Garlic toast bread di atas piring.
Olahan roti tawar sisa super praktis, salah satunya adalah roti panggang bawang putih. (Shutterstock)

Buat yang suka camilan gurih, kamu bisa coba resep mudah ini. Lelehkan mentega bersama bawang putih cincang. Tambahkan Royco Kaldu Ayam Spesial dan merica putih bubuk. Kemudian potong roti tawar menjadi tiga bagian. Olesi dengan campuran mentega. Taburi dengan parsley bila ada. Panggang dalam oven panas selama 10 menit atau hingga garing.

2. Sandwich Es Krim

Saatnya menyajikan es krim jadul dengan gaya yang lebih modern. Potong roti tawar menjadi dua bagian. Letakkan salah satunya dalam cetakan persegi atau wadah persegi ukuran kecil yang sudah dialasi dengan plastic wrap. Tumpuk dengan es krim Walls pilihan kamu. Misalnya Wall’s Choco Nutty Crunch, Wall’s Neopolitana Ice Cream, atau Wall’s Avocado Chocolate and Mocha Ice Cream. Ratakan supaya rapi. Tumpuk dengan potongan roti berikutnya. Bekukan kembali dalam freezer. Cara praktis lainnya, cukup lipat roti, kemudian isi bagian lipatannya dengan ice cream Wall’s favorit kamu.

3. Puding Roti

Puding roti dalam pinggan tahan panas.
Roti tawar sisa bisa diolah jadi puding roti. (Foto: Shutterstock)

Hidangan manis yang lebih enak disajikan hangat ini wajib kamu praktikkan di rumah. Caranya adalah dengan memanaskan segelas susu cair, 1-2 sdm mentega, 3 sdm gula pasir, dan 1/4 sdt ekstrak vanilla di atas api kecil. Angkat saat mentega sudah meleleh dan gula larut. Diamkan hingga tidak panas, aduk rata bersama 1 butir  telur. Kemudian siram ke dalam loyang beroles mentega yang sudah diisi dengan 5 lembar roti tawar yang sudah dipotong-potong. Taburi dengan kismis agar semakin menggoda. Panggang hingga matang.

4. Roti Panggang Manis

Ini adalah salah satu cara bikin olahan sisa roti tawar yang paling banyak disukai karena cara membuatnya yang sangat mudah. Olesi roti dengan mentega, kemudian taburi dengan gula pasir. Panggang dalam oven panas selama 10 menit atau hingga garing. Kamu bisa menyajikannya sebagai teman ngeteh  bersama secangkir SariWangi Teh Asli.

5. Roti Gulung Isi Sosis

Bikin roti gulung ini asik banget buat kamu yang malas bikin adonan corn dog tapi butuh camilan nonton bareng. Siasati dengan roti tawar sebagai lapisan pengganti adonan roti corn dog. Gilas roti menggunakan rolling pin. Kemudian letakkan keju lembaran dan sosis ke atasnya. Kemudian gulung dan rekatkan bagian ujungnya dengan telur kocok. Lumuri dengan bagian luarnya dengan telur kocok dan gulingkan ke atas tepung roti hingga permukaannya tertutup dengan tepung roti. Goreng dalam minyak panas hingga matang.

6. Pizza Super Praktis Tanpa Oven 

Pizza hasil olahan roti tawar sisa.
Roti tawar bisa disulap jadi pizza tanpa oven. (Foto: Shutterstock)

Lupakan sejenak membeli roti pizza beku atau membuat pizza dari nol. Kamu bisa menggunakan roti tawar sebagai pengganti roti pizza. Olesi roti tawar dengan saus tomat rumahan atau saus pizza yang kamu punya di rumah, beri irisan smoked beef dan jamur, kemudian tutup dengan keju parut. Kamu bisa menggunakan jenis keju apa saja yang ada di kulkas, misalnya parmesan, mozzarella, atau bahkan cheddar. Panggang dalam wajan antilengket di atas api kecil, dan tutup agar keju meleleh lebih cepat. Bila takut bagian bawahnya gosong, alasi dasar wajan dengan aluminium foil. Gampang, kan?

7. Roti Goreng Isi Ragout

Kalau yang ini pas banget buat pencinta camilan risoles isi ragout. Versi roti goreng lebih praktis supaya kamu tak perlu membuat kulit risoles. Untuk bahan isian ragout bisa kamu buat dari bahan utama daging ayam, daging sapi, udang, atau sayuran. Sajikan dengan Jawara Saus Sambal supaya lebih mantap, ya!

8. Roti Sandwich A la Korea

Atau yang akrab disebut Korean Street Toast atau Gilgeori Toast. Olesi roti tawar panggang dengan Hellmann’s Real Mayonnaise lalu letakkan omelet sayuran (kol iris, wortel cincang, dan irisan daun bawang) dan keju cheddar lembaran ke atasnya. Tutup kembali dengan roti. Sajikan sebagai menu sarapan yang mudah sekaligus istimewa.

Kira-kira mana olahan roti sisa yang akan kamu coba lebih dulu? Pilih yang bahan-bahannya tersedia di rumah sebagai percobaan awal, ya! Yuk, rajin mengolah dan menghabiskan roti tawar sisa sarapan sebelum berjamur!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.