Jenis Masakan


6 Kiat Penting Belajar Masak untuk Pemula

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Februari 1, 2020

Kultur berkuliner jaman sekarang pasti mendorong keinginan untuk masak. Permasalahan belajar masak untuk pemula biasanya diawali dengan pertanyaan memulai dari mana. Nah, kali ini saya akan berbagi beragam kiat mendasar. Cocok untuk kamu yang ingin mengawali keinginan memasak hingga kelak berkarir.

Kiat belajar masak untuk pemula

Setidaknya ada 6 langkah yang bisa kamu lakukan untuk memulai petualangan kamu di dapur secara konsisten. Yuk, segera simak berikut ini!

1. Siapkan alat masak dan peralatan dapur yang esensial

Sekarang ini semakin banyak alat masak yang ramah di kantong. Daripada mencari bahan logam atau merk premium, kamu bisa memulai dari bahan silikon ataupun kayu. Setelah berinvestasi membeli kompor, siapkan pisau chef berkualitas yang bisa dipakai untuk segala kebutuhan. Selain itu, siapkan juga spatula untuk memasak ataupun whisk untuk mengaduk.

Lanjutkan dengan memilih berbagai panci dan wajan. Pilihlah wajan yang agak dalam dengan diameter cukup lebar agar bisa memasak berbagai jenis masakan dengan satu alat saja. Misalnya kamu bisa menumis sayuran, namun juga di lain kesempatan bisa membuat nasi goreng tanpa harus takut belepotan. Jangan lupa untuk memilih bahan yang sedikit lebih berkualitas daripada yang umum di pasaran karena wajan antilengket yang kurang bermutu akan lebih cepat terkelupas.

Terakhir selain chopping boardopsional kamu juga bisa membeli sendok takar, gelas takar, mitten, dan alat-alat pendukung lainnya.

2. Kuasai teknik memasak yang basic

Ilmu memotong akan jadi pengetahuan yang sangat penting. Dengan mengetahui cara mengiris yang tepat serta cara mengolah berbagai bahan makanan, latihan setiap hari akan menjadikan kamu semakin ahli. Selain itu, mengetahui cara memasak dari ilmu menumis hingga memanggang adalah nilai plus tersendiri yang menjadikan masakanmu semakin beragam.

3. Mulai dari resep mudah dan ikuti dengan baik

Seorang wanita tengah memegang telur dan mempelajari resep.
Mengikuti langkah dalam buku masak adalah modal awal memulai belajar memasak. (Foto: Shutterstock)

Meskipun memasak berbeda dengan membuat dessert atau memanggang kue, bukan berarti caramu membumbui menjadi sembarangan. Idealnya, ketahui dulu takaran dan momen yang tepat untuk menaburkan garam dan merica, misalnya. Ketahui besar api di kompor agar masakan bisa renyah ataupun tidak hangus. Pelajari dari beragam channel YouTube seperti Masak Apa Hari Ini agar tahu lebih banyak soal resep masakan yang lezat. Setelah terbiasa, kamu akan lebih percaya diri dalam mengolah makanan.

4. Mulai dari memasak sarapan

Banyak yang bilang kalau belajar memasak sebaiknya dimulai dari resep-resep sarapan. Ini betul adanya karena menu makan siang ataupun malam cenderung lebih rumit. Kamu bisa mulai dengan memasak telur, bubur, ataupun menu nasi lainnya untuk makan pagi. Setelah lebih lama berlatih, kamu akan segera siap untuk menyajikan lebih banyak porsian bahkan merambah ke menu-menu yang lebih sulit.

5. Biasakan memilih bahan yang segar

Susunan sayuran lengkap.
Bahan-bahan segar adalah inti dari masakan lezat. (Foto: Shutterstock)

Memang praktis untuk meminta tolong dibelikan ataupun berbelanja di supermarket. Dengan menguasai cara-cara memilih bahan segar, maka kamu akan semakin terlatih dan menikmati hasil akhirnya. Seperti yang kita ketahui, memasak dengan menggunakan bahan-bahan segar akan menjadikan hasil masakan semakin lezat dan sehat. Tidak hanya itu, kamu juga akan peka terhadap perbandingan harga dan semakin jago untuk menawar. Hanya saja jangan terlampau kelewatan menawar, ya.

6. Biasakan agar dapur bersih setiap saat

Menjaga kebersihan dapur adalah salah satu titik krusial keberhasilan sebuah bisnis restoran. Contoh ini dapat kita terapkan di rumah dan banyak aspek yang bisa kita pelajari. Misalnya saja yang paling simpel adalah menjaga agar daging mentah tidak bersentuhan dengan bahan makanan lainnya. Kontaminasi silang ini dapat beresiko menjadikan makanan tidak higienis.

Selain itu, penggunaan cutting board juga disesuaikan dengan kebutuhan. Misalkan warna merah untuk daging, kuning untuk sayuran, dan biru untuk seafood. Selain itu, pastikan permukaan tempat mengolah bahan makanan selalu bersih setelah dipakai untuk menghindari kontaminasi. Sesudah memasak, biasakan untuk segera mencuci panci, wajan, dan peralatan lainnya agar selalu bersih dan tidak mengundang satwa yang tidak diinginkan.

Nah, dari keenam kiat ini maka pengetahuan belajar masak untuk pemula semakin lengkap dan kamu siap berkarya setiap hari di dapur. Siapkan makanan berkualitas agar kesehatan keluarga tetap terjaga. Lebih jauhnya, masih banyak teknik-teknik lain yang bisa kamu pelajari agar memasak menjadi sebuah pengalaman yang begitu berwarna. Selamat berpetualang!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.