Ingin Sukses Membuat Resep Masakan Cina? Inilah Alat-Alat Masak yang Wajib Dimiliki

Simpan ke bagian favorit

Maddie|November 30, 2018

Resep masakan Cina di restoran seperti ifu mie, mi goreng, cap cay, cah sayuran, ataupun hidangan bebek biasanya membutuhkan alat masak spesifik. Ini dikarenakan setiap alat memiliki fungsi atau kegunaan yang akan membantu para chef mempermudah proses menyiapkan bahan hingga saat memasaknya. Berikut adalah alat-alat yang selalu jadi ‘senjata’ para juru masak di restoran Cina:

Wok atau wajan khas Cina

Wok atau wajan khas Cina ini menempati urutan nomor wahid sebagai alat paling penting ketika mengolah resep masakan Cina. Ada alasan spesifik mengapa wok tidak bisa digantikan dengan wajan datar biasa.

Alasan utamanya adalah hasil panas wajan yang merata. Karena bentuknya yang khas, sang juru masak bisa mengaduk dengan leluasa sehingga bumbu dan tingkat kematangan menjadi lebih merata. Inilah juga mengapa cita rasa nasi goreng atau mi goreng takkan sama jika dihasilkan hanya dengan menggunakan wajan datar.

Selain itu ada sensasi rasa smokey yang didapat dari suhu tinggi dari wok. Serunya lagi, wok memiliki peranan multifungsi. Sehingga kita bisa memasak sajian berkuah, cah sayuran, cap cay, ayam goreng mentega, dan banyak lainnya.

Chef menggunakan wok untuk resep masakan Cina seperti mi goreng
Wok menjadi alat paling wajib dimiliki di dapur masakan Cina. (Foto: Shutterstock)

Caidao atau pisau dapur Cina

Bilah pisau yang lebar dari caidao akan membantu memudahkan pisau untuk melakukan proses mengiris, mencincang, ataupun memotong dalam bentuk potongan besar.  Pisau khas dapur Cina ini khas karena berbentuk lebih besar, lebar, dan juga berat. Kalau kamu perhatikan, para juru masak restoran masakan Peranakan ataupun Tiongkok asli pasti selalu menggunakan pisau jenis ini karena fungsinya yang beragam.

pisau dengan daun bawang.
Pisau khusus ini selalu digunakan para chef restoran Cina. (Foto: Shutterstock)

Sumpit kayu besar

Sumpit kayu berukuran jumbo biasa digunakan untuk mengangkat dan mengaduk mi dalam panci atau wok. Tujuan menggunakan sumpit kayu besar ini adalah agar mi tersalut rata dengan bumbunya baik sebelum dimasak atau saat di dalam wok. Dengan sumpit besar, maka mi akan lebih terurai dan tercampur dengan bahan masakan lain beserta bumbunya secara merata.

Saringan besar

Biasa digunakan untuk menyaring mi rebus, sayuran, atau gorengan. Ukurannya cukup besar sehingga bisa digunakan untuk menyaring dalam jumlah cukup banyak. Saringan biasa digunakan untuk masakan yang bahannya perlu direbus atau digoreng terlebih dahulu.

saringan besar di atas panci panas digunakan saat mengolah resep masakan Cina
Saringan ini sangat multifungsi, digunakan untuk mengambil mi atau menyaring sayuran. (Foto: Shutterstock)

Kukusan bambu

Kalau kamu pernah melihat buku resep masakan Cina bertemakan dim sum, pasti tak asing lagi dengan wadah pengukus bambu ini. Alat masak ini digunakan untuk mengukus bermacam-macam dim sum seperti siomay, xiao long bao, bakpao, tim ceker ayam, dan juga aneka lauk seperti bebek, daging ayam, serta tim iga.

Praktis, kukusan bambu ini dapat ditumpuk dan cocok untuk resep masakan Cina seperti dimsum
Selalu tergiur membayangkan dim sum di balik kukusan bambu ini, bukan? (Foto: Shutterstock)

Sendok sayur besar

Di dapur masakan Cina biasanya disediakan sepanci air panas yang digunakan sebagai sumber air untuk masakan atau untuk membersihkan wok secara cepat. Nah, sendok sayur yang dalam dan besar dengan gagang panjang ini digunakan untuk menuang air ke dalam masakan dan mengaduk masakan agar lebih mudah tercampur rata.

ladle dengan gagang panjang biasa dipakai dalam mengolah resep masakan Cina
Sendok sayur di dapur Cina wajib memiliki gagang panjang agar tak mudah tenggelam dalam panci. (Foto: Shutterstock)

Kini kita lebih paham mengapa alat-alat masak di dapur restoran Cina itu sangat spesifik dan tak tergantikan. Semua ini bertujuan untuk mempermudah para chef dalam proses memasaknya dan hasil yang paling optimal. Selain alat-alat masak khas Tiongkok ini, pelajari fungsi berbagai jenis panci ataupun peralatan dapur yang ramah dipakai oleh anak-anak.

Untuk kamu yang penasaran ini segera beraksi di dapur, cobalah beberapa resep seperti fu yung hai, ayam goreng mentega, dan cah sayuran a la Masak Apa Hari Ini. Ingin hasilnya lebih maksimal? Mungkin sudah waktunya untuk mulai berinvestasi dengan alat-alat masak khas Tiongkok ini.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.