Jenis Masakan


Inspirasi Resep Infused Water untuk Detox di Awal Tahun

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Januari 3, 2020

Resolusi untuk hidup sehat seringkali terucap di awal tahun. Agar resolusi tersebut tak hanya jadi wacana tahun ini, kita mulai saja dengan mengonsumsi infused water. Resep infused water untuk detox bisa dicoba untuk para pemula yang belum terbiasa makan sayur.

Mengenal kembali konsep infused water

Konsep infused water sebetulnya terbilang sederhana. Kita cukup memasukkan beberapa jenis buah, sayur, atau rempah ke dalam air mineral. Kemudian, air tersebut kita simpan di dalam kulkas selama 4-8 jam dan diminum saat buah masih terlihat segar. Manfaatnya bisa bervariasi, bergantung pada buah apa yang kita masukkan ke dalam air. Namun, sebuah penelitian menyebutkan bahwa manfaat buah yang menyerap sebenarnya hanya 20% saja. Jika ingin hasil maksimal, memakan buah secara langsung akan lebih baik.

Meskipun demikian, infused water jadi pilihan untukmu yang juga ingin memperbanyak minum air putih. Bukan berarti rasanya menjadi manis, infused water memberikan dimensi rasa yang berbeda dibanding air putih biasa. Dengan rutin mengonsumsi infused water dengan buah tertentu, sisa-sisa pencernaan yang menghambat akan ikut terbuang sehingga tubuh menjadi lebih bersih. Proses ini kita kenal sebagai detoksifikasi (detox).

Resep infused water untuk detox

1. Infused water jeruk lemon dan mentimun

Resep Infused water untuk detox berupa lemon, mentimun, dan daun mint dalam gelas mening, dengan latas botol bening berisi infused water yang sama.
Resep Infused water untuk detox bisa menggunakan lemon dan mentimun. (Foto: Shutterstock)

Jeruk lemon sudah populer dikenal sebagai buah yang bagus untuk detox. Selain dapat membersihkan zat-zat kimia dalam tubuh, kandungan vitamin C pada lemon juga dapat memperkuat sistem imun. Kita bisa memadukan lemon dengan mentimun yang kaya akan mineral.

Bahan:
1 liter air
1 buah jeruk lemon
1 buah mentimun
7 lembar daun mint

Cara membuat:

  1. Bersihkan jeruk lemon, mentimun, dan daun mint secara menyeluruh.
  2. Iris mentimun dan lemon dengan ketebalan kurang lebih 1 cm.
  3. Masukkan irisan lemon, mentimun, dan daun mint ke dalam air.
  4. Diamkan di kulkas selama 4-8 jam, sajikan saat dingin.

2. Infused water semangka

Dua gelas kaca berisi infused water semangka, blueberry, dan daun mint.
Segarnya infused water semangka. (Foto: Shutterstock)

Buah semangka dipercaya dapat membersihkan tubuh dari zat-zat beracun jika dikonsumsi secara berkala. Selain itu, kandungan asam aminonya dapat meluruhkan lemak. Buah tropis ini juga kaya akan mineral sehingga dapat menghidrasi tubuh secara optimal.

Bahan:
500 ml air
300 gram buah semangka
5 lembar daun mint
6 buah blueberry

Cara Membuat:

  1. Kupas semangka, potong bagian dalamnya. Bersihkan daun mint dan buah blueberry.
  2. Masukkan potongan semangka, blueberry dan daun mint ke dalam air. Tutup rapat.
  3. Diamkan di kulkas selama 4-8 jam, nikmati saat dingin.

3. Infused water jeruk nipis

Punya fungsi yang mirip dengan lemon, jeruk nipis juga dapat mendetoks tubuh. Jeruk nipis dapat melancarkan pencernaan sekaligus menjadi antioksidan. Untuk mengoptimalkan proses detox, kita bisa mencampurkannya dengan kunyit. Curcumin yang terkandung dalam kunyit punya fungsi sebagai anti virus dan anti bakteri dalam tubuh. Tak perlu takut rasanya akan aneh, jeruk nipis akan membuat sajian ini tetap segar.

Bahan:
500 ml air
4 buah jeruk nipis
2 cm kunyit

Cara Membuat:

  1. Kupas kulit kunyit lalu iris tipis bersama jeruk nipis juga.
  2. Masukkan irisan kunyit dan jeruk nipis ke dalam wadah berisi air, tutup rapat.
  3. Diamkan di kulkas selama 4-8 jam, nikmati saat dingin.

Tiga resep infused water untuk detox di atas bisa disimpan selama tiga hari di kulkas. Lebih dari itu, kualitas buah akan berkurang sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi. Hindari juga membuat infused water menggunakan buah-buahan yang lembek seperti pisang dan alpukat, ya. Pastikan untuk melihat juga tips menyimpan buah agar tahan lama.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.