Menu Puasa untuk Kamu yang Diet Keto

Tim MAHI|April 20, 2018

Hore, bulan puasa hampir tiba! Meski banyak yang menanti kedatangan bulan ini, setelah melewati Lebaran, banyak orang yang justru merasa stres dan tidak nyaman karena kenaikan berat badan yang cukup drastis. Serba-salah memang, di bulan puasa lapar mata sering membuat kita mengonsumsi menu puasa jauh lebih banyak dari yang kita butuhkan.

Kalau kamu ingin menjaga berat badan atau mendambakan badan yang lebih langsing, diet ketogenik atau yang biasa disebut diet keto mungkin cocok untuk dicoba. Diet keto adalah pola makan dengan komposisi porsi lemak tinggi (75%), porsi protein sedang (15%-20%) dan karbohidrat rendah (5%-10%). Menjalankan diet keto saat bulan puasa justru lebih mudah, karena selain terbebas dari godaan untuk nyemil, kamu hanya perlu menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka saja. Menu puasa ala diet keto ini enak-enak lho! Berikut adalah tiga menu puasa diet keto yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Shirataki Laksa

Salah satu kekhawatiran sebelum menjalani diet keto adalah kesulitan mencari alternatif nasi atau mi. Contohnya, saat ngidam laksa, kamu tidak bisa makan karena laksa mengandung bihun yang tinggi karbohidrat. Dengan sedikit kreativitas, kamu bisa memasak laksa dan mengganti bihun dengan shirataki. Mempunyai tekstur yang kenyal, shirataki adalah mi asal Jepang yang rendah kalori. Untuk membuat Shirataki Laksa ini, kamu membutuhkan bumbu halus, shirataki, daging ayam, santan, sereh dan daun jeruk. Untuk cara masaknya, tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, terasi dan bubuk kari) hingga harum lalu masukkan sereh dan daun jeruk. Kemudian masukkan air dan santan. Masak hingga matang. Hidangkan kuah laksa bersama shirataki dan suwiran daging ayam.

Botok Telur Asin

Menu Puasa untuk Kamu yang Diet Keto
Gurih, legit, dan kaya akan bumbu. (Foto: Shutterstock)

Kamu pernah icip-icip botok? Makanan khas Jawa ini adalah pepes berisi campuran lauk (bisa berupa tempe, ayam atau ikan) yang dicampur dengan parutan kelapa muda. Nikmat disantap panas atau ketika sudah dingin, botok cocok untuk jadi menu sahur atau berbuka. Khusus untuk menu puasa diet keto, Botok Telur Asin bisa menjadi pilihan. Untuk masakan ini, kamu membutuhkan telur asin, santan, daun kemangi, daun salam, lengkuas, bawang merah, bawang putih dan cabe merah. Potong kecil-kecil semua bumbu dan tata di dalam cup aluminium foil atau mangkuk berukuran sedang. Siram dengan adonan campuran telur asin dan santan. Kukus selama 30 menit dan nikmati bersama potongan cabai rawit.

Massaman Curry with Cauliflower Rice

Menu Puasa untuk Kamu yang Diet Keto
Bumbunya meresap sampai ke dalam daging ayam. (Foto: Shutterstock)

Pernah coba Masamman Curry? Jenis kari yang berasal dari Thailand ini memiliki cita rasa yang kaya dan  mewah. Karena saat menyantap kari kita biasa ditemani dengan semangkuk nasi, untuk menu diet keto ini kamu bisa menggantinya dengan Cauliflower Rice. Cara membuat ‘nasi’ ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menumis kembang kol yang sudah dihaluskan terlebih dahulu selama 5 menit. Untuk Masamman Curry kamu membutuhkan bumbu massaman curry, asam jawa, jahe, bawang butih, minyak sayur, bawang bombai, daging ayam, santan, lemon, bayam, dan soy sauce. Cara memasaknya; tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam lalu air asam jawa, bumbu massaman, jahe. Kemudian tumis hingga wangi. Lalu masukkan soy sauce, air lemon, dan santan. Terus aduk hingga matang. Sajikan bersama Cauliflower Rice.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.