Jenis Masakan


Inilah Cara Membuat Susu Kedelai Tanpa Pengawet

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Februari 27, 2019

Ternyata ada lho cara membuat susu kedelai sendiri di rumah! Sebagai pelaku healthy lifestyle, tentu perlu bagiku untuk sharing hal-hal menarik yang bisa kamu coba sendiri. Sumber protein yang murah meriah ini bisa jadi alternatif selain susu almond atau susu edamame yang tak kalah populernya. Tanpa menggunakan mesin pembuat susu kacang, ternyata bisa juga kok membuat susu kedelai dengan peralatan sederhana seperti yang berikut ini.

Cara membuat susu kedelai dari kacang kedelai segar.
Pilih kacang kedelai berkualitas demi menghasilkan susu bercita rasa segar. Inilah fondasi dari cara membuat susu kedelai. (Foto: Shutterstock)

Cara membuat susu kedelai dengan alat rumahan

Baskom plastik besar

Gunakan baskom plastik besar untuk merendam kacang kedelai. Estimasi volume baskom tentunya lebih tinggi untuk ruang kacang kedelai yang mengembang proses perendaman.

Blender

Blender berfungsi untuk menghaluskan kacang kedelai hingga menghasilkan sari kacang kedelai. Gunakan blender dengan bilah tajam dan kecepatan tinggi untuk mendapat ekstrak kedelai secara cepat dengan ampas yang minim.

Saringan

Usai proses menghaluskan kacang kedelai, gunakan saringan logam dengan lubang yang tipis untuk menyaring ampas saat proses perebusan.

Kain tipis

Untuk menyaring ampas halus dari sari kacang kedelai, gunakan kain bersih yang tipis untuk membersihkannya. Kamu juga bisa menggunakan saringan kain yang biasa digunakan di kedai kopi tradisional.

Panci atau stock pot

Digunakan untuk merebus susu kedelai hingga siap dikonsumsi. Pastikan panci atau stock pot yang kamu gunakan sudah benar-benar bersih dan tidak berbau agar susu kedelai yang dihasilkan juga bersih dan tidak memiliki rasa masakan lain.

Bahan-bahan untuk membuat susu kedelai

300 g kacang kedelai
1500 ml air
3 lembar daun pandan, ikat simpul

Cara membuat susu kedelai dari proses merebus susunya.
Cara membuat susu kedelai yang baik adalah dengan menambahkan daun pandan berfungsi untuk menghilangkan langu dari susu kedelai. (Foto: Shutterstock)

Cara membuat susu kedelai:

  1. Rendam kacang kedelai yang sudah dicuci bersih selama kurang lebih 8 jam. Kacang kedelai yang sudah siap dihaluskan ditandai dengan kulitnya yang terlepas dan kacangnya yang terbelah atau pecah alami.
  2. Cuci bersih kembali. Kemudian blender bersama air hingga sari-sari kedelai keluar ditandai dengan airnya berubah menjadi putih. Gunakan blender kecepatan tinggi untuk mempercepat proses memperoleh sari kedelai.
  3. Saring kedelai menggunakan saringan berbahan logam. Masak di atas api sedang hingga mendidih dan bau susu kedelai tak langu.
  4. Saring kembali susu kedelai menggunakan kain tipis agar ampas halusnya tak ikut serta. Susu kedelai siap disajikan. Kamu juga dapat menyimpannya dalam kulkas setelah tidak panas jika ingin menyajikannya dingin.

Susu kedelai rumahan ini juga bisa kamu variasikan menjadi minuman segar dengan cita rasa baru. Misalnya susu kedelai cokelat, smoothies susu kedelai dengan pisang dan es krim, atau susu kedelai yang diblender dengan buah-buahan.

Ternyata minuman tradisional ini semakin menarik olahannya di masa kini, bukan? Yuk, kita bersemangat membuatnya demi gaya hidup yang lebih sehat lagi!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.