Ingin Mengadakan Pesta Barbecue? Inilah Cara Membuat Daging BBQ yang Sedap!

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Oktober 19, 2018

Pesta BBQ selalu jadi agenda saat liburan bersama keluarga besar atau saat malam pergantian tahun. Itu sebabnya kamu wajib menguasai cara membuat daging BBQ yang akan membuat bahagia semua orang. Apalagi acara BBQ selalu jadi momen yang dinantikan kala reuni bersama keluarga besar ataupun teman-teman.

Sebagai pemula, beberapa hal ini mesti kamu siapkan agar acara BBQ kamu sukses memukau seluruh hadirin.

Proses persiapan

Bahan utama:

Sebelum memulai kegiatan barbecue, persiapkan bahan-bahan yang ingin kamu masak di atas alat pemanggang. Ada beberapa bahan yang biasanya selalu dijadikan bahan utama – seperti daging ayam, ikan, seafood, daging sapi, dan sayuran seperti jagung, jamur-jamuran, dan bawang bombay. Sebelum belanja, perkirakan berapa banyak pesertanya supaya tidak kekurangan atau berlebih.

Bumbu dan pelengkap:

Terkesan sepele tapi sangat penting, bumbu dan sambal cocolan adalah elemen utama dalam mendukung rasa daging atau bahan lain yang dipanggang. Kebanyakan melupakan hal ini sehingga terkadang bumbu dan bahan cocolan dibelanjakan seadanya. Ini tentunya mengurangi rasa yang sebetulnya ingin dicapai. Sebaiknya, dari awal kamu sudah menyiapkan resep bumbu dan sambal sebagai basis data untuk membuat daftar belanja.

cara membuat daging bbq
Pastikan kamu memiliki alat BBQ yang berfungsi dengan baik. (Foto: Shutterstock)

Alat memasak:

Pastikan kamu sudah menyiapkan alat pemanggang yang bekerja dengan baik beserta bahan untuk bara apinya. Kamu bisa menggunakan arang atau batok kelapa. Siapkan juga kipas angin supaya kamu tak pegal mengipasi.

Proses memasak

Sebelum menaruh bahan, marinasi bahan dengan bumbu beberapa jam atau semalam sebelumnya agar rasanya lebih meresap. Sebaiknya haluskan bumbu tanpa menggunakan air agar bumbu dan bahan tak terlalu basah atau berair setelah dimarinasi. Kamu bisa menggunakan sedikit minyak untuk membantu menghaluskan jika kamu menggunakan blender. Pisahkan wadah untuk proses marinasi, misalnya wadah untuk daging sapi, daging ayam, dan seafood agar aromanya tak bercampur.

cara membuat daging bbq
Marinasi bahan dengan bumbu agar lebih meresap. (Foto: Shutterstock)

Saat memasak, jangan lupa olesi bahan sesekali dengan bumbu perendam agar bumbunya lebih medok. Bedakan pencapit untuk meletakkan dan membolak-balik daging bbq dengan pencapit untuk mengangkat makanan matang. Kamu tak ingin bakteri dari lauk mentah tercampur dengan makanan matang, bukan?

Siapkan hidangan pendamping

Meski pusat perhatiannya adalah barbeque,  hidangan pendamping seperti sayuran, sup, salad, hingga buah-buahan dan dessert pasti akan membuat menu pesta lebih lengkap. Tak lupa, siapkan beragam minuman segar untuk menemani hari ataupun malam panjang menikmati makanan enak bersama keluarga ataupun teman-teman.

Demikian tips-tips singkat cara membuat daging BBQ yang baik a la Chef Panji. Selanjutnya, giliranmu untuk menikmati pesta hari ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.