7 Cara Memasak Brokoli Jadi Menu Kesukaan Anak

Simpan ke bagian favorit

Wina|Agustus 21, 2018

Menariknya, salah satu sayuran yang mungkin kurang disukai oleh anak-anak adalah brokoli. Cara memasak brokoli yang kreatif sebetulnya dapat membantu agar si kecil menyukai sayuran hijau kaya manfaat ini.

Berbagai penelitian menyatakan kandungan magnesium yang tinggi dalam brokoli dapat membantu meningkatkan daya ingat. Bukan hanya itu, brokoli juga dapat membantu membantu menghambat proses penurunan kemampuan mengingat. Bahkan kandungan brokoli dipercayai mampu menghambat kerusakan otak.

Warnanya yang hijau pekat dengan rasa sedikit pahit atau teksturnya yang agak keras kerap menjadi alasan kenapa anak-anak tak menyukai brokoli. Beberapa cara memasak brokoli ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang kebingungan bagaimana membuat anak mau makan brokoli selain memasaknya menjadi nugget sayuran:

1. Pasta Panggang

Padukan brokoli bersama pasta kesukaan si kecil. Misalnya kamu bisa berkreasi dengan membuat macaroni panggang yang dipadukan dengan daging cincang dan brokoli yang dipotong kecil-kecil dengan salutan saus keju atau saus tomat. Salah satu cara agar anak menyukainya adalah dengan sedikit menyembunyikan brokoli dalam makanan sehari-harinya.

cara memasak brokoli
Pasta panggang adalah salah satu cara memasak brokoli yang mudah disuka. (Foto: Shutterstock)

2. Pizza

Sajikan bersama topping lain yang menjadi kesukaannya. Misalnya saja daging cincang, sosis, atau jamur-jamuran. Hiasi dengan saus tomat agar menggugah selera anak. Jangan lupa taburi keju agar lebih lezat, sekaligus berfungsi untuk menyembunyikan potongan-potongan brokoli yang kamu sisipkan sebagai topping.

3. Brokoli Kentang Panggang

Ah, potongan kentang matang dipadukan dengan brokoli. Satu menu yang orang dewasa bisa jadi lebih menyukainya. Maka dari itu, lumurilah dengan saus keju lalu panggang hingga matang. Menu ini juga praktis sebagai bekal sekolahnya, yakni dipanggang dalam mangkuk aluminium kecil sehingga tak belepotan.

4. Tumis Daging Sapi Brokoli

Irisan tipis daging sapi kesukaannya bisa jadi akan membuatnya mengabaikan brokoli di dalamnya. Siasati dengan potongan kecil agar ia senang menyantap semuanya. Wah, membayangkannya saja kok membuatku ngiler ya!

5. Bola-Bola Daging Brokoli

Terinspirasi dari saus Bolognese yang biasa dipakai untuk memasak pasta, kamu juga membuat bola-bola daging dengan gaya saus ini. Jangan lupa menyertakan brokoli ke dalam sausnya.

6. Krim Sup Brokoli

Inilah resep yang paling mudah! Brokoli dimasak bersama susu dan bumbu-bumbu. Blender hingga halus, lalu panaskan kembali dengan tambahan krim. Cita rasanya yang gurih dan creamy akan membuat si kecil menikmatinya tanpa sadar bahwa supnya telah dipadukan denga brokoli yang menyehatkan!  

cara memasak brokoli
Siasati dengan membuat krim sup. (Foto: Shutterstock)

7. Omelet

Ingin menyajikan sarapan sayur untuk bekal anak? Ini jawabannya! Tumis brokoli dengan mentega, campur dengan bahan lain kesukaan si kecil seperti jamur ataupun wortel. Masukkan telur kocok dan keju, lalu masak hingga matang. Telur dadar ini pasti akan membuatnya ingin tambah terus!

Bagaimana? Menarik bukan ide-idenya? Untuk berbagai ide lainnya, jangan lupa untuk cek artikel Ragam Tips Membuat Bekal Anak untuk Menambah Nafsu Makannya. Semoga membantu untuk si kecil semakin semangat makannya serta tumbuh besar dan kuat!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.