4 Cara Masak Ikan Salmon Tanpa Menggunakan Oven

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Juni 28, 2018

Sebagai jenis ikan yang semakin populer di Indonesia, ternyata salmon tidak melulu soal sushi dan sashimi. Tapi bukan berarti juga salmon harus selalu diolah secara rumit. Berikut adalah 4 cara masak ikan salmon tanpa menggunakan oven dan bisa kamu segera praktekkan di rumah.

1. Salmon Burger

cara masak ikan salmon
Burger Salmon ini bisa menjadi menu makan malam lezat di kala kamu sedang bosan dengan aneka tumisan atau hidangan nasi. (Foto: Shutterstock)

Untuk memasak Salmon Burger, yang kamu butuhkan adalah: burger bun, salmon segar tanpa kulit, daun bawang, jahe, bawang putih, mayones, garam, minyak wijen, ketimun, cabai, gula, minyak sayur, tepung beras dan ketumbar.

Cara membuatnya:

  1. Haluskan ikan salmon menggunakan food processor. Hati-hati jangan membuatnya terlalu halus. Pindahkan ke mangkuk besar.
  2. Campur daun bawang, jahe, bawang putih, mayones, dan garam; aduk hingga rata. Ambil campuran ikan lalu bentuk bulat agak pipih. Dinginkan ke dalam kulkas selama 1-3 jam agar daging tidak mudah hancur saat dimasak. Sementara itu, campurkan minyak wijen bersama mayones dan sedikit garam dalam mangkuk kecil; sisihkan sampai siap digunakan. Proses ini bisa kamu lakukan sehari sebelumnya.
  3. Panaskan wajan anti lengket bersama sedikit minyak dan masak ikan salmon hingga berwarna coklat keemasan atau sekitar 3-4 menit di setiap sisi.
  4. Susun burger bun, ikan salmon, dan campuran saus yang sudah dibuat sebelumnya. Tambahkan mentimun, selada air, atau bawang bombay sesuai selera.

2. Pasta Creamy dengan Salmon

cara masak ikan salmon
Memasak pasta tidak harus selalu minimalis seperti aglio olio atau membuat saus dulu seperti bolognese. Salmon cocok juga untuk menjadi proteinnya. (Foto: Shutterstock)

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah: pasta, salmon segar tanpa kulit, bubuk bawang, garam, merica, minyak zaitun, mentega, air perasan lemon, krim kental, bawang putih, keju parmesan parut, tepung, dan daun peterseli cincang.

Cara masak ikan salmon untuk resep pasta ini:

  1. Masak pasta hingga al dente. Jangan buang air rebusannya terlebih dahulu.
  2. Bumbui salmon dengan sedikit bubuk bawang, garam, dan lada di kedua sisinya. Di wajan anti lengket, panaskan minyak dengan api sedang. Setelah panas, letakkan salmon dan masak selama beberapa menit di setiap sisinya. Ambil salmon dari wajan dan sisihkan.
  3. Di wajan yang sama; tambahkan air perasan lemon, krim, bawang putih, dan parmesan, dan gosok bagian dasarnya dengan spatula sehingga sisa penggorengan ikan ikut tercampur bersama saus.
  4. Secara perlahan tambahkan tepung ke dalam saus sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Masukkan kembali salmon ke dalam wajan dan hancurkan dengan spatula (sisakan sedikit konsistensinya). Masak selama lima menit atau lebih hingga saus mengental dan salmon matang.
  5. Tiriskan pasta dan masukkan ke dalam wajan bersama dengan 1 sendok makan air sisa rebusan pasta. Aduk saus dan pasta hingga tercampur rata. Sajikan segera bersama daun peterseli cincang dan keju parut. 

3. Pepes Salmon

cara masak ikan salmon
Siapa bilang salmon tidak cocok untuk dipepes? (Foto: Shutterstock)

Bahan-bahan yang dibutuhkan: ikan salmon, daun pisang, daun kemangi, gula dan garam secukupnya, asam jawa, dan bumbu halus (cabai merah besar, cabai rawit, daun jeruk, kemiri, jinten, kunyit, tomat, bawang merah, dan bawang putih).

Cara membuatnya:

  1. Buat bumbu halus dan tumis di atas wajan anti lengket yang sudah berisi sedikit minyak. Masak selama 5 menit hingga bumbu menyusut. Kemudian masukkan daun jeruk dan asam jawa. Terus aduk-aduk hingga mendidih kemudian tambahkan gula dan garam. Matikan api dan sisihkan.
  2. Lumuri ikan salmon dengan bumbu dan bungkus dengan daun pisang. Opsional, tambahkan beberapa helai daun kemangi. Kukus ikan selama 20 menit lalu sajikan selagi panas.

4. Sup Kepala Ikan Salmon

cara masak ikan salmon
Sup Kepala Ikan Salmon ini lezat disantap saat cuaca dingin. (Foto: Shutterstock)

Bahan-bahan yang dibutuhkan: kepala ikan salmon, air jeruk nipis, batang serai, jahe, tomat, belimbing wuluh, daun jeruk, cabe rawit, air, daun bawang, minyak, gula, garam, serta bumbu halus (bawang merah, bawang putih, dan kunyit).

Cara masak ikan salmon untuk resep ini:

  1. Bersihkan kepala ikan lalu lumuri dengan air jeruk nipis, sisihkan.
  2. Panaskan panci anti lengket bersama sedikit minyak lalu tumis bumbu halus bersama serai dan jahe hingga harum. Tuang air, didihkan, lalu masukkan ikan, cabe rawit, belimbing wuluh, tomat, daun jeruk, gula dan garam. Aduk pelan-pelan hingga semua bumbu tercampur rata. Masak hingga matang lalu taburi dengan daun bawang.
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.