Resep Tumis Tempe Kacang Panjang Kecap yang Enak dan Bernutrisi Tinggi

Simpan ke bagian favorit

Tumis tempe kacang panjang kecap tidak hanya lengkap nutrisinya namun juga mampu memanjakan seluruh indera. Ingin tahu cara membuat masakan lezat ini?

30mnt
4 Porsi
Mudah
Maddie|April 20, 2018

Setelah memasak berbagai lauk-pauk, ada saja rasa bersalah karena tidak memasak cukup sayur untuk makan malam istimewa hari ini. Di sinilah kita perlu berkreasi dengan bahan yang tersisa di dapur. Tumis tempe kacang panjang kecap adalah salah satu solusi cepat. Selain mudah dan murah, yang satu ini bakal jadi incaran seisi rumah.

Kalau kamu bertanya kenapa yang satu ini bakalan laris manis? Jawabannya ada di dua bahan pelengkap selain tempe yang selalu jadi favorit seluruh rakyat Indonesia. Di menu ini, aku juga tambahkan kacang panjang yang renyah serta irisan petai! Mungkin tidak semua orang bisa menikmati petai, tapi bayangkan rasanya ketika menemukan petai di berbagai masakan tumisan — apalagi kalau terselip di racikan sambal-sambal khas Padang.

Walaupun sisi sehatnya lebih banyak karena kehadiran tempe dan kacang panjang, petai memang sebaiknya dimakan sesekali saja. Karena kalau terlalu sering, bisa-bisa bau mulut deh! Di saat bulan Ramadhan, bolehlah sesekali membayar lunas kesabaran kita berpuasa dan lelah beraktivitas sepanjang hari dengan masakan yang menyenangkan hati.

Sisi sehat lainnya dari tumis tempe kacang panjang kecap ini adalah penggunaan minyak yang tidak berlebihan dalam proses memasaknya. Alih-alih memakai minyak banyak, kita cukup menggunakan tambahan air saja agar makanan tidak cepat gosong, ditambah kehadiran Kecap Manis Bango sebagai penambah cita rasa kelezatannya. Proses masaknya sendiri cepat dan tidak bertele-tele dengan banyak langkah. Yang penting semua tersaji matang dengan rasa yang berimbang. Sisanya kamu hanya perlu menyiapkan nasi hangat dan lauk pauk utamanya.

Nah, salah satu pendamping yang pas buat resep ini adalah udang goreng mentega atau iga bakar konro. Jangan khawatir, dari sisi kesehatan, masakan yang satu ini bisa mengimbangi hidangan berbahan utama daging lainnya. Aku sempat belajar dari beberapa teman chef yang juga gemar hidup sehat — ternyata selain berolahraga, makanan enak juga tetap menjadi keseharian mereka.

Yuk, sekarang kita coba resep tumis tempe kacang panjang kecap di bawah ini!

Bahan-bahan

Kecap Bango Manis
Yang diperlukan:
Bango Kecap Manis
Lihat produk
  • 200 g tempe, kukus dan potong dadu
  • 10 buah kacang panjang, siangi dan potong 3 cm
  • 10 buah mata petai, iris memanjang 
  • 2 siung bawang putih, iris tipis 
  • 3 butir bawang merah, iris tipis 
  • 2 buah cabai merah besar, buang bijinya dan iris serong 
  • 1 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • ½ sdt gula pasir 
  • ½ sdt garam 
  • ¼ sdt merica putih bubuk
  • 150 ml air
  • 1 sdm minyak sayur

Cara membuat

1

Panaskan minyak dan wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, daun salam, dan lengkuas hingga harum.

2

Masukkan petai kemudian tumis sebentar.

3

Masukkan kacang panjang dan tempe, kemudian aduk merata.

4

Tambahkan Kecap Manis Bango, garam, merica, gula, dan air. Aduk hingga rata.

5

Tuangkan air, aduk, dan didihkan. Kecilkan api dan lanjutkan memasak hingga bumbu meresap dan air mengering.

6

Angkat dan sajikan segera selagi hangat.

Bagaimana? Jadi memasak semua yang aku usulkan tadi? Tidak perlu merasa bersalah, asalkan acara makan kamu tetap diimbangi dengan bahan-bahan makanan sehat lainnya. Selamat mencoba!


Resep ini pernah dimuat di: www.bango.co.id/resep/detail/63/tumis-tempe-kacang-panjang

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.