Jenis Masakan


Resep Wajik Istimewa, Satu Potong Takkan Pernah Cukup

Simpan ke bagian favorit

Resep wajik kali ini berbeda dengan kebanyakan wajik yang pernah kamu coba. Ada kehadiran satu bahan yang menjadikannya istimewa. Simak cara membuatnya di sini!

1jam
6 Porsi
Mudah
Dilla|Juli 3, 2019

Wajik adalah salah satu camilan manis tradisional Indonesia yang dibuat dari ketan putih yang diberi perasa sekaligus pewarna gula merah. Kue ketan manis ini punya julukan yang berbeda. Misalnya seperti di Sumatera, camilan ini dikenal dengan sebutan pulut manis.

Ada yang berbeda dalam resep wajik a la Masak Apa Hari Ini. Jika pemanis dan pewarna biasanya menggunakan gula merah saja, kali ini kita punya ide dengan menambahkan sentuhan Bango Kecap Manis Light ke dalam adonan wajik. Kamu wajib mencoba sensasinya!

Dalam beberapa langkahnya, ada beberapa tips dan trik yang dilakukan dalam memasaknya. Ketan wajib direndam sebelum dikukus agar lebih cepat lunak pada saat proses pengukusan. Kemudian daun pandan dimasukkan ke dalam adonan agar hasilnya lebih wangi dan bebas langu. Ada cara agar proses memotong pulut manis ini lebih mudah dan juga tak melekat pada loyang. Yaitu dengan mengolesi loyang dan daun pisang dengan sedikit minyak secara merata. Kemudian saat akan memotong-motong kue ketan manis gula merah ini, lapisi pisau dengan plastik agar ketannya tak menempel pada pisau.

Sudah ada ide ingin bikin camilan manis untuk akhir pekan ini? Yuk, buat wajik istimewa yang satu ini!

Bahan-bahan

Bango Light
Yang diperlukan:
Bango Kecap Manis Light
Beli online

Bahan

  • 500 g beras ketan, rendam selama 2 jam
  • 200 ml air
  • 100 g gula merah
  • 150 ml santan kental
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 2 lembar daun pandan
  • daun pisang

Cara membuat

Mengukus beras untuk wajik.
1

Kukus beras ketan selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.

Merebus air pandan untuk wajik.
2

Rebus air bersama 1 lembar daun pandan.

Memasak nasi ketan untuk wajik.
3

Masukkan beras ketan yang sudah dikukus. Masak sambil diaduk hingga airnya menyusut. Angkat dan sisihkan.

Memasak santan untuk wajik.
4

Masak santan bersama gula merah, garam, vanili bubuk, sisa daun pandan, dan Bango Kecap Manis Light. Masak terus sambil diaduk hingga mengental.

Mencampurkan bumbu untuk wajik.
5

Masukkan beras ketan, aduk merata, dan masak hingga saus gula merah meresap.

Wajik siap untuki dinikmati.
6

Sendokkan wajik ke dalam cetakan yang sudah dialasi daun pisang. Biarkan hingga tidak panas. Potong menjadi 12 bagian. Sajikan.

Sajikan wajik bersama kudapan-kudapan tradisional lainnya di saat-saat spesial bersama keluarga. Pastikan untuk menyiapkannya juga di berbagai acara istimewa lainnya ataupun untuk diri sendiri.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.