Resep Tumis Kangkung Udang, Sayur Praktis Untuk Sehari-hari

Simpan ke bagian favorit

Yuk, kita coba resep tumis kangkung udang ini! Berkat tambahan udang, cita rasa sayuran praktis ini jadi lebih sedap dan istimewa.

40mnt
4 Porsi
Mudah
Valentina|Juli 17, 2020

Hidangan Tumis Kangkung Udang atau Cah Kangkung Udang adalah salah satu menu yang selalu ada di restoran seafood atau rumah makan keluarga. Buat kamu yang malas belanja kangkung karena termasuk salah satu sayuran yang mudah layu, wajib banget untuk menyimak beberapa hal ini.

Tip di bawah berkaitan dengan proses memilih hingga mengolahnya. Yuk, kita simak bersama!

Pertama, kangkung segar ditandai dengan warna daun yang hijau utuh dan lembarannya tidak layu. Segera olah kangkung disaat daunnya akan segera layu. Kalau kangkung tak segera digunakan, simpan kangkung berserta batang dan akarnya dalam ember berisi sedikit air. Letakkan kangkung tegak didalamnya untuk menjaga kangkung tetap segar. Petiki daun kangkung lalu masukkan ke dalam wadah, lalu simpan dalam lemari es. Meski begitu, kamu pun tak bisa menyimpannya hanya selama 1 hari dalam kulkas.

Hindari menyimpan kangkung dengan mencucinya terlebih dahulu. Kangkung yang sudah dicuci lalu disimpan dalam kulkas justru akan membuatnya basah, layu, dan berubah warna menjadi kehitaman. Lebih enak lagi kalau kamu memasak sayuran hijau ini secara mendadak atau langsung disajikan untuk mencegah perubahan warna.

Nah, jadi nggak ragu, kan, untuk membuat resep Tumis Kangkung Udang ini. Sayuran ini juga pas banget jadi teman berbagai jenis lauk. Misalnya ayam atau ikan bakar, ayam asam manis, atau tumis daging.

Bahan-bahan

  • 1 siung bawang putih, iris halus
  • 2 butir bawang merah, iris halus
  • 300 g udang ukuran kecil, kupas kulitnya
  • 3 ikat kangkung, siangi
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 cabai merah besar, iris serong
  • 100 ml air
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

Menumis bawang untuk resep tumis kangkung udang.
1

Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.

Memasak tumis kangkung udang dalam wajan.
2

Masukkan udang, masak hingga berubah warna. Masukkan kangkung, Royco Kaldu Ayam, gula, air, dan Bango Kecap Manis. Aduk rata.

Tumis kangkung udang tersaji di atas piring dan didampingi kecap Bango.
3

Masak sambil diaduk hingga kangkung mulai layu. Angkat dan sajikan.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga semakin seru. Yuk, jangan ragu untuk membuatnya hari ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.