Resep Tempe Bacem Asam Manis, Menu Rumahan yang Selalu Dikangeni

Tempe bacem asam manis adalah hidangan pelengkap lezat yang wajib dicoba di rumah. Penasaran cara masaknya? Yuk, cek resep berikut!
Wina |

Tempe bacem ataupun tahu bacem adalah sajian tradisional dengan rasa rumahan dan begitu fleksibel. Hidangan ini bisa tersaji sebagai menu utama ataupun pelengkap. Karenanya bagi yang suka dengan kesederhanaan, sajian ini rasa enaknya begitu selangit meski hanya ditemani dengan nasi hangat. Serunya lagi, kali ini aku berbagi versi yang menggunakan saus asam manis!

Serunya Masak Tempe Bacem

Bumbu bacem menjadi pahlawan bumbu hari ini. Dengan hanya melarutkan bumbu ini bersama air, tempe ataupun tahu cukup direbus saja bersamaan dan ditunggu hingga surut. Maka rasa sedapnya akan meresap dan tahu bacem siap untuk digoreng. Gunakan minyak agak banyak dan goreng hingga matang.

Setelahnya, kamu hanya cukup mempersiapkan saus asam manis yang khas. Keberadaan rasa kecut yang menyegarkan akan berpadu dengan unik dengan rasa tradisional manis pada masakan tempe bacem ini. Sajikan agak berkuah dan saat masih hangat dan siapkan sepiring nasi. Bisa-bisa habis sendiri semua lho!

Tapi bila ingin merayakannya bersama keluarga, cukup pilih sekian resep yang menarik dari MAHI. Tidak lupa juga banyak pilihan resep tradisional ataupun makan malam yang bisa kamu pilih untuk menemani tempe bacem yang istimewa ini.

Resep Tempe Mudah Lainnya

Ingin tahu beragam resep mudah lainnya yang menggunakan tempe sebagai bintangnya? Yuk, segera saja coba tiga resep berikut ini untuk kesempatan masak berikutnya!

1. Tumis buncis tempe

Paduan buncis dan tempe adalah makanan rumahan sejati untuk orang Indonesia. Teman lainnya adalah seperti taoge, kacang panjang, ataupun tahu. Khusus untuk buncis dan tempe, padukan saja keduanya dalam sebuah resep tumisan yang cepat dan mudah!

Resep lengkap tumis buncis tempe.

2. Terong bakar saus tempe

Yuk, siapkan grill pan untuk memasak resep seru yang satu ini. Pilihlah dahulu terong segar dan berkualitas. Rendam dalam air garam dan bakar di atas grill pan hingga merata. Sisihkan dan kita siapkan saus tempe. Ada tumisan bawang putih, bawang bombay, dan tempe yang menjadi fondasinya. Bubuhkan Bango Kecap Manis dan Royco Kaldu Ayam lalu tambahkan air. Setelah meresap, sajikan di atas terong yang telah dibakar.

Resep lengkap terong bakar saus tempe.

3. Tempe kecap bakar mentega

Blender dan tumis bumbu menggunakan Bango Kecap Manis Pedas. Biarkan bumbu meresap bersama tempe, lalu siapkan panggangan. Bakar tempe hingga matang dan meresap kembali semuanya. Siapkan nasi hangat dan nikmati tempe bakar selagi hangat.

Resep lengkap tempe bakar.

Ternyata tempe bisa dibuat menjadi macam-macam olahan yang menyenangkan, bukan? Sekarang waktunya untuk kamu berkreasi di rumah. Meski bermodalkan protein sehat dan sederhana seperti tempe, ternyata makan di rumah bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Terlebih lagi ketika resep mudah tadi gampang untuk diikuti!

Bahan

4
 
Porsi

Saus asam manis

  • 125 ml air
  • 3 sdm gula merah
  • 1 sdm air asam jawa
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • ½ buah bawang bombay, iris tipis
  • 1 buah tomat, buang biji dan potong dadu
  • 1 buah cabai rawit merah, iris tipis
  • 1 sdm daun bawang, cincang

Cara membuat

bumbu siap pakai tempe bacem
1

Rebus air dan Bango Bumbu Tempe & Tahu Bacem. Masukkan tempe, masak hingga air habis dan bumbu meresap.

menggoreng tempe bacem
2

Panaskan minyak, goreng tempe dengan api sedang hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

larutkan air dengan gula merah untuk saus asam manis tempe bacem
3

Membuat saus asam manis: Panaskan air dan gula merah hingga gula larut. Masukkan air asam jawa, Bango Kecap Manis, bawang bombay, cabai rawit dan tomat.

membuat saus asam manis untuk tempe bacem
4

Masak hingga bawang bombay dan tomat layu. Tambahkan bawang daun, masak hingga saus mengental.

tempe bacem dengan saus asam manis
5

Satukan tempe bersama sausnya. Sajikan.

Sekarang, tempe bacem dengan rasa yang berbeda bisa selalu dicoba kapan saja di rumah. Jadikan sajian ini sebagai pelengkap kesempurnaan berbagai hidangan lainnya di atas meja makan. Nikmat!

Bahan

Coba resep lainnya

Exit mobile version