Resep Telur Ceplok Kecap Bawang Putih Simpel dan Enak - MAHI

Resep Telur Ceplok Kecap Bawang Putih, Menu Cepat dan Lezat

Simpan ke bagian favorit

Kalau ada resep yang paling mudah di dunia dan dijamin enak, maka resep telur ceplok kecap spesial ini adalah jawabannya. Cek cara buatnya, yuk!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Agustus 18, 2022

Dari pemula hingga yang jago masak, semua membutuhkan resep-resep yang mudah untuk diolah dari waktu ke waktu. Apalagi kalau proses masak juga bisa berjalan singkat, tapi hasilnya tetap lezat. Maklum, kesibukan sehari-hari terkadang memaksa kita untuk menghemat waktu dalam banyak hal, bahkan untuk ritual yang menyenangkan seperti memasak hingga menikmatinya. Nah, terkhusus bagi kamu-kamu yang tengah mengalami “tekanan” semacam ini, maka tak perlu khawatir lagi, deh. Kali ini, ada satu resep rumahan yang wajib kamu kuasai – resep telur ceplok kecap bawang putih spesial!

Pilih Bahan-Bahan yang Segar untuk Resep Telur Ceplok Kecap

Soal apapun yang dimasak, dari yang sederhana seperti resep telur ceplok kecap ini hingga yang menu yang lebih rumit, maka akan lebih ideal bila bahan-bahan yang dipakai adalah yang segar dan berkualitas, Ini akan berpengaruh pada cita rasa tentunya. Misalnya, untuk bahan-bahan pada resep ini seperti bawang putih dan bawang merah, keduanya punya umur panjang dan kualitasnya rata-rata baik di pasaran. Tapi pastinya, akan lebih tahan lama lagi bila kamu mengupasnya langsung saat akan memasak ketimbang membeli yang sudah dikupas. Apabila ingin praktis, siapkan beberapa saja yang sudah dikupas semalam sebelumnya agar proses masak kamu lebih cepat.

Ini berbeda halnya dengan daun bawang yang hanya kuat beberapa hari saja. Saat segar, daun bawang mudah untuk diolah dan tidak berlendir, namun seiring berjalannya waktu akan menjadi berbau dan sangat berlendir. Maka, gunakan hanya yang segar, ya. Dilemanya adalah, bila membelinya seikat, kadang terlalu banyak sehingga akhirnya terbuang. Maka kalau kamu rajin masak dan menguasai resep-resep mudah yang menggunakan daun bawang, maka hal ini akan mengantisipasi terjadinya food waste, bukan?

Mana yang Dipilih: Telur Curah vs Telur Mahal

Nah, karena telur adalah bintang utama resep kali ini, maka kamu perlu memastikan kesegarannya juga. Tak perlu mencelupkan telur ke dalam air untuk cari tahu apakah telur tenggelam atau mengambang demi menguji kesegarannya. Sekarang, hampir semua produk telur di supermarket punya catatan tanggalnya, terkecuali telur curah yang harganya memang lebih murah dan biasanya tidak dikemas.

Jadi, telur curah nggak oke, dong? Tidak juga ternyata. Menariknya, dari segi gizi menurut beberapa penelitian, telur curah bisa jadi memiliki kadar gizi yang tidak kalah dari berbagai produk-produk yang dibanderol lebih mahal. Hanya memang, ada beberapa jenis telur mahal yang punya kandungan ekstra omega-3 yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Bahkan beberapa produk telur dengan standar Jepang sangat memastikan tingkat keamanannya agar dapat dikonsumsi mentah. Ini tentunya cocok untuk kamu yang hobi celup-celup daging saat makan sukiyaki ataupun menikmati natto yang sedang populer dengan telur mentah.

Jadi soal pilihan yang mana, semua bergantung pada preferensi dan budget kamu. Yang jelas, tubuh kita membutuhkan asupan protein setiap harinya dan telur adalah pilihan yang mudah untuk dicari. Maka, pilihlah yang segar agar rasanya lebih enak dan baik untuk tubuh. Yuk, sekarang mulai coba resep telur ceplok kecap ini! Jadi dari waktu ke waktu, kamu selalu punya opsi lebih agar tidak bosan. Selamat memasak!

Bahan-bahan

Cara membuat

1

Panaskan ½ sdm minyak dalam wajan antilengket, masak telur mata sapi secara bertahap hingga habis. Angkat dan sisihkan.

2

Panaskan sisa minyak, tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai hingga harum. Masukkan daun bawang dan Bango Kecap Manis Hitam Gurih, Royco Kaldu Ayam, dan air, aduk rata. Tambahkan tomat, aduk hingga tomat layu.

3

Masukkan telur mata sapi, balikkan hingga telur tersalut dengan bumbu kecap. Angkat dan sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.