Telur bacem di atas piring tanah liat.

Resep Telur Bacem Manis Gurih, Gampang Bikinnya dan Nggak Boros Gas

Hidangan telur bacem ini cocok disajikan sebagai lauk untuk nasi campur, ketupat dan lontong sayur, atau nasi gudeg.
Telur bacem di atas piring tanah liat.
Valentina Limbong | Mar 17, 2023

Kamu termasuk penggemar masakan dimasak dengan bumbu bacem khas Jawa? Kalau begitu hidangan telur bacem, ayam bacem, dan tahu tempe bacem sudah pasti jadi lauk favoritmu. Bacem merupakan salah satu cara memasak bahan utama atau lauk bersama gula merah dan garam yang fungsinya untuk memperpanjang umur simpan makanan.

Teknik mengolah bacem ini sudah sejak dulu dilakukan masyarakat daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Potongan tahu, tempe, daging ayam, atau bahan utama lainnya dimasak dengan air kelapa, bumbu putih, daun salam, lengkuas, dan dimasak dalam air kelapa dengan gula merah berlimpah hingga matang. Masakan kemudian didiamkan semalaman agar meresap maksimal dan warna lauknya lebih gelap.

Tips Masak Telur Bacem Agar Hemat Gas

Sekarang Masak Apa Hari Ini ingin berbagi resep telur bacem untuk disajikan sebagai lauk pendamping sahur nanti. Cara memasaknya mirip sekali dengan telur pindang. Hanya saja telur pindang biasanya dimasak bersama kulitnya seperti telur pindang retak seribu. Supaya tak perlu berlama-lama di atas kompor dan bikin jadi boros gas, sebaiknya ikuti beberapa tips ini, yuk!

  1. Rebus telur tidak sampai matang maksimal karena telur ini akan dimasak kembali bersama bumbu bacem. Saat merebus, aduk sesekali telur agar posisi kuning telur berada di tengah.
  2. Tambahkan SariWangi Teh Asli pada bumbu bacem untuk memberi warna pekat. Masak sebentar saja atau hingga warna bumbu bacem menjadi gelap. Kemudian keluarkan kantung teh supaya bumbu bacem tak terasa sepat karena terlalu lama dimasak bersama teh.
  3. Selain gula merah, gunakan Bango Kecap Manis Hitam Gurih yang warnanya hitam pekat dengan rasa gurih yang bikin lauk bacem jadi lebih kaya rasa.
  4. Setelah air bumbu bacem mendidih, masak telur bacem di atas api kecil, kemudian tutup panci agar lebih menghemat gas.
  5. Karena kuahnya sudah pekat berkat SariWangi Teh Asli dan Bango Kecap Manis Hitam Gurih, masak bacem di atas api kecil 45 menit hingga 1 jam. Biarkan semalaman untuk mendapat cita rasa bumbu yang meresap dan warna yang lebih gelap.

Nah, jadi tahu cara memasak telur bacem supaya tetap hemat gas, kan? Coba juga variasi lauk berbumbu bacem lainnya seperti tahu tempe bacem, ayam bacem, dan sate kikil bumbu bacem. Terakhir, jangan lupa untuk mampir ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan dicoba berbagai inspirasi serta resep-resep lainnya, ya!

Bahan

4
Porsi

8
butir telur ayam
800
ml air kelapa
300
ml air
5
butir bawang merah, iris
4
siung bawang putih, iris
3
lembar daun salam
4
cm lengkuas, iris
1
sdt ketumbar bubuk
½
sdm garam
Air, untuk merebus

Cara membuat

1

Masukkan telur ke dalam panci, tuang air hingga telur terendam sepenuhnya.

2

Rebus telur hingga mendidih, lalu lanjut masak selama 4-5 menit agar telur tidak terlalu matang. Angkat. Kupas telur dan sisihkan.

3

Masukkan air kelapa, air, dan Bango Kecap Manis Hitam Gurih ke dalam panci. Tambahkan bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, ketumbar, dan garam. Aduk rata.

4

Masukkan telur, masak hingga mendidih. Kecilkan api.

5

Tambahkan SariWangi Teh Asli, tutup panci. Masak selama 10 menit, lalu keluarkan kantung teh.

6

Tutup panci, kemudian masak kembali selama 1 jam di atas api kecil. Angkat.

7

Diamkan selama semalaman agar warna telur lebih pekat dan bumbunya meresap.

8

Panaskan kembali sebelum disajikan.

Selamat mencoba!

Produk

Bango Kecap Manis Hitam Gurih
Bango Kecap Manis Hitam Gurih

SariWangi Teh Asli 
SariWangi Teh Asli