Resep Teh Kayu Manis Lemon Madu - MAHI

Resep Teh Kayu Manis Lemon Madu, Minuman Hangat Untuk Sahur

Simpan ke bagian favorit

Bukan cuma bikin badan hangat, Teh Kayu Manis punya segudang manfaat buat tubuh. Yuk, simak cara membuatnya dan sajikan hangat untuk sahur!

1jam
4 Porsi
Mudah
Valentina|Februari 25, 2022

Pencinta masakan berempah pasti sudah tak asing penggunaan kayu manis pada bumbu masakan. Pada beberapa jenis masakan, rempah kayu manis bersama rempah lain seperti cengkih atau kapulaga berfungsi sebagai bumbu sekaligus penyamar aroma daging yang kuat. Misalnya pada masakan daging kambing, sup daging, Sup Buntut, Nasi Kebuli, hingga masakan bersantan seperti gulai atau kari. Kayu manis juga kerap ditambahkan di dalam aneka hidangan manis atau minuman untuk memberi rasa dan aroma yang khas. Dalam minuman herbal atau jamu, kayu manis kerap digunakan sebagai penambah rasa sekaligus aroma. Salah satu yang wajib coba adalah racikan resep Teh Kayu Manis Lemon Madu ini. 

Teh kayu manis bukan cuma bermanfaat sebagai penghangat tubuh, tetapi juga untuk mendapat kelebihan atau manfaat dari bahan lainnya selain kayu manis, misalnya jahe, pala, madu, lemon, dan tentu saja SariWangi Teh Asli. Minuman teh berempah ini juga bisa kamu sajikan sebagai pilihan minuman hangat untuk #sahur. Sebelum menuju resep, yuk, simak juga beberapa tipsnya!  

Tips membuat teh kayu manis

Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti berikut ini:

  • Rebus air hingga mendidih, kemudian kecilkan api. Tahap ini berfungsi untuk membiarkan rempah lebih meresap ke dalam air. Bila dimasak dalam api besar, maka air akan cepat menyusut.
  • Agar aromanya lebih kuat, bakar jahe di atas api. Kemudian masukkan ke dalam air rebusan. Aroma jahe akan terasa lebih kuat dalam minuman.
  • Disajikan dengan madu yang juga berperan menambah stamina buat tubuh kamu. Madu juga berperan sebagai pemanis pengganti gula. Penting buat kamu yang sedang diet gula meski berpuasa.
  • Tambahkan irisan lemon untuk menambah cita rasa segar pada minuman hangat.

Sajikan Teh Kayu Manis Lemon Madu sebagai inspirasi hangat untuk sahur di Ramadan tahun ini. Ingin juga variasi minuman segar untuk ide buka puasa? Intip juga Instagram Masak Apa Hari Ini untuk resep dan tips menarik lainnya seputar menu sahur dan buka puasa. Jangan lupa follow, like, dan tulis request di kolom komentarnya, ya!

Bahan-bahan

sari wangi
Yang diperlukan:
SariWangi Teh Asli 
Beli online
  • 1300 ml air
  • 8 cm kayu manis
  • 6 cm jahe
  • ¼ sdt pala bubuk
  • 1 buah lemon, iris
  • 4 sdm madu

Cara membuat

1

Didihkan air bersama kayu manis dan jahe. Kecilkan api, tambahkan pala bubuk, masak selama 10-15 menit agar meresap. Angkat. 

2

Masukkan SariWangi Teh Asli, seduh selama 3 menit. Saring airnya. 

3

Tuang ke dalam gelas saji yang sudah diisi dengan madu dan irisan lemon. Sajikan.  

  

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.