Resep Sup Telur Puyuh Sayuran untuk MPASI - MAHI
Satu mangkuk berisikan olahan resep sup telur puyuh.

Resep Sup Telur Puyuh Sayuran, Kaya Rasa Kaya Nutrisi

Satu lagi menu MPASI kaya rasa dan kaya nutrisi yang dibutuhkan si kecil yaitu resep sup telur puyuh sayuran. Coba buat hari ini, yuk!
Satu mangkuk berisikan olahan resep sup telur puyuh.
Rian Farisa | Nov 18, 2022

Apakah dahi kamu mengernyit saat melihat bahan telur puyuh dalam menu MPASI? Jangan khawatir, karena selama dalam batasan tertentu, telur puyuh aman buat si kecil. Apalagi saat diolah menjadi sup telur puyuh dengan sayuran yang kaya gizi ini, makin mantap rasanya! Sebelum memasak, kenalan lagi dengan telur puyuh dan segala sesuatunya, yuk! 

Berkenalan Lagi dengan Telur Puyuh 

Meskipun ukurannya kecil, telur dari burung puyuh ini punya kadar nutrisi yang tak kalah dari telur lainnya. Dalam setiap butirnya, telur puyuh mengandung protein, kolin, riboflavin, vitamin A, vitamin B12, dan juga zat besi. Hanya saja, memang telur puyuh juga kaya kandungan lemak dan kolesterol, sehingga inilah alasan agar asupan telur puyuh perlu dijaga batas konsumsinya. 

Jadi, aman tidak kalau telur puyuh dikonsumsi untuk MPASI? Aman, asal si kecil tidak mengonsumsi lebih dari 3 butir dalam sehari menurut hasil riset dari pusat bioteknologi nasional asal Amerika Serikat (NCBI). Tujuannya adalah agar kadar kolesterol hariannya tidak melebih ambang batas yang diizinkan. Apabila sejak kecil saja asupan kolesterolnya terlalu berlebih, maka saat dewasa akan berpotensi hadirnya penyakit yang bisa mendera. 

Namun, lihat kembali apa saja kelebihan dari mengonsumsi telur puyuh tadi. Banyak, bukan? Selain itu, telur puyuh juga bisa membantu menjaga kesehatan mata, perkembangan kognitif, daya tahan tubuh, menambah energi, dan lainnya. Jadi, tak perlu ragu lagi, yes! 

Mengapa Sup Telur Puyuh? 

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa banyak orang yang mengonsumsi telur ayam dalam bentuk setengah matang, sementara tidak demikian pada telur puyuh? Jawabannya adalah karena telur puyuh tidak melewati proses pasteurisasi. Ini berbeda dengan banyak produk telur ayam yang sudah melewati proses khusus sehingga aman meski disantap mentah-mentah. Contohnya, telur ayam mentah yang jadi cocolan pada menu shabu-shabu dan yakiniku, ataupun onsen tamago pada menu ramen. 

Agar aman untuk kesehatan, sehingga telur puyuh wajib dimasak hingga matang. Salah satu cara menikmatinya yang hakiki adalah pada resep sup telur puyuh ini. Padukan dengan segenap sayuran yang dipotong ukuran kecil, dan menu MPASI lezat dan sehat siap disantap si kecil. Sudah siap membuatnya hari ini? Selamat mencoba! 

Bahan

4
Porsi
250
g telur puyuh rebus, kupas
1
potong paha ayam utuh
80
g wortel, potong dadu kecil
100
g kembang kol
60
g buncis, potong 1 cm
800
ml air
1
cm jahe
1
batang seledri, iris halus
1
sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

5
butir bawang merah
4
siung bawang putih
1
sdt garam
¼
sdt merica putih bubuk
¼
butir pala

Cara membuat

1

Rebus paha ayam bersama jahe hingga mendidih. Kecilkan api. Sisihkan.

2

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Angkat. Tuang ke dalam panci berisi kuah daging ayam. Masak hingga daging ayam hampir matang.

3

Masukkan wortel dan kembang kol. Masak sebentar. Tambahkan buncis dan Royco Kaldu Ayam Spesial, masak hingga semua bahan matang.

4

Tambahkan telur puyuh dan seledri, aduk. Angkat. Sajikan.

Bahan-bahan

Royco Kaldu Ayam Spesial
Royco Kaldu Ayam Spesial