Resep Sup Bola Ayam Sayuran - Masak Apa Hari Ini?

Resep Sup Bola Ayam Sayuran, Resep Rumahan Baru Untuk Minggu Ini

Simpan ke bagian favorit

Sajikan sup bola ayam sayuran ini sebagai menu untuk menghangatkan tubuh di cuaca yang sedang tak bersahabat ini. Cek cara membuatnya yuk!

1jam 20mnt
4 Porsi
Cukup rumit
Maddie|Maret 19, 2020

Ingin mencari inspirasi resep rumahan yang berkuah dan hangat? Resep sup bola ayam sayuran ini adalah salah satunya. Cuaca yang tak menentu serta kebutuhan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit sangatlah membutuhkan asupan makanan penuh gizi.

Salah satunya dengan hidangan sup yang dibuat dari daging ayam giling ini. Kalau ingin tekstur daging yang lebih kenyal dan lembut dengan cita rasa lebih gurih, gunakan daging ayam giling yang berasal dari paha ayam. Bagian daging dalam paha punya kandungan lemak yang membuat teksturnya lebih lembut dan kenyal.

Rahasia resep rumahan enak seperti sup bola ayam sayuran

Buat kamu yang memilih untuk masak di rumah, tentu ingin menghasilkan hidangan yang enak seperti yang biasa kamu santap di rumah makan atau restoran favorit. Misalnya untuk hidangan seperti sup daging ayam, daging sapi, atau seafood, kamu bisa melakukan beberapa tips ini.

1. Siapkan kaldu untuk beberapa kali proses memasak

Hal ini akan jauh menghemat proses memasak di dapur. Caranya adalah meracik kaldu dari tulang atau tulang dengan sedikit daging dari ayam, daging, atau ikan dan kulit udang untuk kaldu seafood. Racik dalam jumlah besar atau untuk beberapa kali proses memasak. Bagi ke dalam beberapa wadah, lalu bekukan dalam freezer. Saat akan memasak, kamu sudah punya kaldu yang siap pakai.

2. Buat bumbu untuk beberapa jenis sup atau soto

Punya kaldu dasar bukan berarti hanya digunakan untuk memasak sup saja. Dari kaldu yang sama, kamu bisa menggunakannya untuk meracik sup atau soto. Caranya adalah tumis bumbu sup atau soto, lalu masukkan ke dalam kaldu. Kaldu siap dijadikan kuah soto atau sup dengan tambahan sayuran dan daging.

3. Buat sayuran beku untuk isian sup

Ini sangat membantu kamu di saat darurat harus menyiapkan makanan namun belum sempat belanja. Biasakan untuk menyediakan sayuran beku dalam freezer agar makanan sehat rumahan tetap tersedia. Blansir atau rebus wortel, buncis, kembang kol, atau brokoli dalam air mendidih hingga hampir matang. Masukkan ke dalam air es, tiriskan. Lalu simpan dalam wadah tertutup. Mudah, kan?

Yuk, lengkapi resep rumahan andalan kamu dengan kehadiran sup bola ayam sayuran ini!

Bahan-bahan

Bahan

  • 300 g sawi, potong dadu
  • 1.5 L air
  • 5 siung bawang putih, memarkan
  • 1 butir telur ayam ukuran sedang, kocok
  • minyak
  • 125 g daging ayam giling rendah lemak
  • 2 sdm ebi, haluskan
  • 40 ml putih telur
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica putih bubuk

Cara membuat

1

Bola-bola ayam: Siapkan mangkuk besar, masukkan daging ayam, ebi, putih telur, tepung tapioka, garam dan merica putih bubuk.

2

Ambil 2 sdt adonan, bulatkan. Goreng dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

3

Panaskan 2 sdm minyak di dalam panci. Tumis bawang putih hingga harum.

4

Masukkan air dan Royco Kaldu Ayam, didihkan. Tambahkan sawi, masak hingga layu.

5

Tuangkan telur perlahan sambil diaduk hingga berserabut. Masukkan bola ayam, didihkan.

6

Sajikan hangat bersama nasi putih.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.