Resep Semur Daging Sapi yang Empuk, Enak dan Sederhana

Mengolah daging sapi enak tidaklah selalu sulit. Dengan resep semur daging sapi kecap berikut, makan malam siap sekejap untuk keluarga tercinta!
Resep Semur Daging Sapi yang Empuk, Enak dan Sederhana
Maddie |

Sedang mencari resep olahan daging sapi? Buat pencinta rasa yang kompleks dengan gurih, manis, dan berempah, resep semur daging sapi mungkin jadi salah satu masakan daging sapi kesukaan kamu dan keluarga.

Semur tidak hanya dikenal sebagai makanan rumahan yang cita rasanya mudah disukai semua kalangan , disamping itu proses memasaknya juga sehat. Resep semur daging sapi ini dimasak agak lama bersama bumbu-bumbu tradisional Indonesia yang akan meresap dengan baik ke proteinnya. Gaya masak seperti ini memungkinkan kita menghindari penggunaan minyak secara berlebihan.

Karakter resep semur daging sapi yang lezat

Layaknya rendang, resep olahan daging sapi ini juga memiliki banyak kombinasi dengan protein yang berbeda-beda. Tapi sayang kalau kali ini kita tidak memasak dengan menggunakan daging sapi karena yang satu ini adalah yang paling ikonik. Seperti yang kita ketahui, resep semur daging sapi adalah yang paling terkenal dari seluruh keluarga semur. Cara membuat resep semur daging sapi juga masih sebelas dua belas dengan yang lainnya.

Agar bumbu semur daging meresap dengan baik, maka pemilihan daging sapi juga haruslah tepat. Meskipun daging has dalam tidak ada lemak, justru bumbu sulit untuk bisa meresap secara maksimal. Aku menyarankan kamu untuk memilih daging dari bagian paha atau sebaiknya has luar. Selain itu memang daging bagian sirloin ini biasanya memiliki karakter rasa yang lebih sedap dan juicy.

Setelah memasak bumbu halus, masukkan daging sapi agar semua rasa saling mengenal dan bercampur dengan baik. Tambahkan bahan-bahan lainnya, tutup wajan dan masak dengan dengan api lebih kecil kemudian tunggu. Dengan demikian kita tahu bahwa selain masakan daging sapi ini  telah matang, semua elemennya kini telah menyatu.

Alternatif pilihan daging

Di lain kesempatan kalau kamu sudah kompensasikan dengan berolahraga dan berdiet, boleh juga sesekali mencoba dengan daging sandung lamur ataupun lidah. Kali ini aku izinkan lho boleh memakai daging agak berlemak, tapi jangan lupa memasak makanan lainnya yang sehat. Tujuannya adalah agar konsumsinya berimbang.

Kaidah yang sama berlaku juga kalau ingin makan steakTentunya selalu tenderloin juga “tidaklah sehat” untuk kantong. Maka potongan daging lain yang lebih nikmat seperti sirlon ataupun iga bisa jadi alternatif yang seru.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui deh bumbu semur daging dan seluk beluk dari cara membuat resep semur daging sapi spesial dengan Bango Kecap Manis ini. Setelah mengetahui banyak resep semur, maka selebihnya tinggal membiasakan diri saja agar rasanya semakin nikmat dari waktu ke waktu.

Atau mungkin selanjutnya kamu percaya diri untuk mencoba memasak semur jenis lainnya? Pastikan untuk cek Instagram Masak Apa Hari Ini  dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Bahan

6
 
Porsi
  • 500 g daging sapi bagian sengkel, potong-potong
  • 2 buah kentang ukuran sedang, potong dadu
  • ½ sdt pala bubuk
  • ¼ sdt jintan bubuk
  • ½ buah tomat, potong-potong
  • 2 lembar daun salam
  • 1.5 sdt garam
  • 800 ml air
  • 2 minyak, untuk menumis

Bumbu halus

  • 12 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 3 cm jahe

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bumbu halus, pala, jintan, dan daun salam hingga harum dan matang.

2

Masukkan daging, tumis hingga kaku

3

Tuang air, garam, Royco Kaldu Sapi dan Bango Kecap Manis. Masak hingga mendidih. Tutup panci. Kecilkan api. Masak hingga daging setengah empuk.

4

Masukkan kentang. Tutup kembali panci. Masak hingga daging empuk.

5

Masukkan tomat, aduk hingga tomat layu. Angkat. Sajikan.

Keluarga sudah menanti di meja makan? Ayo, segera bawa semur daging sapinya dan selamat menikmati santap malamnya, ya.


Resep ini pernah dimuat di: www.bango.co.id/resep/detail/430/semur-daging-sapi-sederhana

Bahan

Bango Kecap Manis
Bango Kecap Manis

Coba resep lainnya

Exit mobile version