Resep Mudah Sate Taichan Kekinian - Masak Apa Hari Ini?

Resep Sate Taichan, Masakan Kekinian yang Mudah Dibuat di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Waktu berlalu namun tapi sate taichan tetap tidak ada matinya. Resep mudah dan bahan-bahannya tak sulit didapat. Yuk, ikuti cara membuatnya berikut!

1jam
3 Porsi
Mudah
Chef Panji|Januari 11, 2019

Indonesia, negeri dengan perbendaharaan jenis sate yang begitu beragam ini belum lama menambahkan Sate Taichan sebagai salah satu koleksinya. Betul, mungkin sekitar dua tahun sudah berlalu sejak dimulainya demam sate pedas yang satu ini dan hingga kini namanya tetap berkibar serta diminati segala kalangan. Sungguh menarik, terlebih karena resep mudah berikut!

Komposisi sate taichan

Melimpahnya daging ayam dan berbagai cara memasaknya tentu memotivasi orang untuk berkreasi. Hanya berbekal bumbu marinasi yang terbuat dari Royco Kaldu Ayam, merica, bawang putih, dan jeruk maka kita sudah bisa membuat sate taichan sendiri di rumah. Marinasi sejenak, panggang satenya, dan buat sambalnya yang super mudah. Selesai sudah resep yang legendaris ini!

Itulah mengapa sebetulnya tidak sulit-sulit amat kok untuk membuat sate. Paling yang menantang adalah malah soal membersihkan pembakaran. Saya duga bisa jadi itu penyebab orang lebih baik membeli sate ketimbang membuatnya di rumah. Namun, kalau kamu senang bertualang dan memasak, tentunya semakin seru bila bisa memasaknya sendiri kan?

Resep mudah sate lainnya yang patut dicoba

Selain sate taichan ini, berarti kamu perlu juga mencoba berbagai resep lainnya yang senada. Yuk, simak apa saja berikut ini!

1. Sate rembiga

Resep sate populer khas Nusa Tenggara Barat ini semakin populer. Menggunakan daging sapi, sate rembiga terkenal karena rasanya yang meresap dan juga pedas. Maklum, negeri asal mula ayam taliwang ini dikenal karena cita rasanya yang demikian. Yuk, coba kita lihat lengkapnya resep sate rembiga!

2. Sate lilit

Menu khas asal Pulau Bali ini nikmat disantap sendiri ataupun dipadukan dengan nasi campur. Yang menjadi keunikannya adalah bahan utamanya yang berasal dari daging ikan tenggiri yang dicampurkan santan, serai, dan kelapa parut. Ini menjadikannya sangat unik, terlebih ketika diaduk bersama bumbu halus yang terdiri dari kencur, bawang, cabai, kunyit, dan kemiri. Ayo, coba memasak sate lilit besok hari!

3. Sate maranggi

Masih menggunakan daging sapi, sajian sate yang khas dari Purwarkarta ini adalah favorit banyak orang. Berkelana melewati kota ini wajib hukumnya untuk mencicipi kenikmatan yang hakiki ini. Sekarang kamu bisa membuatnya di rumah dengan menggunakan resep sate maranggi yang mudah ini.

Dengan koleksi resep-resep sate tadi kamu tidak perlu khawatir lagi soal kekurangan menu masak di rumah. Walaupun bukan untuk masak sehari-hari, tapi kehadiran sate pasti selalu dinanti oleh seluruh keluarga di rumah. Setidaknya sate taichan adalah permulaan yang tepat. Tentunya karena kemudahan memasak dan ketersediaan bahan-bahannya.

Nah, ngomong-ngomong soal camilan, sate taichan juga pas tersaji saat lapar mendera di malam hari dan kamu tidak ingin kebanyakan makan karbo. Tidak hanya itu, untuk berbuka puasa saat Ramadan nanti saja kamu bisa kok membuatnya. Hanya saja yang saya sarankan adalah untuk mengurangi rasa pedas pada bumbu cabainya. Maklum, seharian perut kosong kalau menikmati sajian pedas malah akan menjadikan perut kamu bermasalah. Apalagi untuk kamu yang berencana lanjut Tarawih dan mempersiapkan puasa di esok harinya.

Bahan-bahan

Bahan

  • 600 g fillet dada ayam, potong kotak 1,5 cm
  • 6 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 3 sdm minyak

Bahan sambal

  • 12 buah cabai rawit merah, rebus
  • ½ sdt garam
  • 2 buah jeruk limau, ambil airnya

Cara membuat

Marinasi sate taichan.
1

Lumuri daging ayam dengan Royco Kaldu Ayam, bawang putih, merica dan jeruk nipis secara merata. Diamkan dalam kulkas selama satu jam.

Menusukkan sate taichan.
2

Tusukkan 3-4 potong daging ayam ke tusukan satai.

Memanggang sate taichan.
3

Panaskan wajan pemanggang, olesi dengan minyak. Panggang satai di atas grill pan sambil sesekali dibolak-balik hingga matang. Angkat, sisihkan.

Mengulek sambal sate taichan.
4

Sambal: Ulek cabai dan garam hingga halus. Kucuri dengan air jeruk limau, aduk rata.

Sate taichan tersaji.
5

Sajikan satai bersama sambal pelengkap.

Bagaimana hasilnya? Menarik juga ternyata untuk membuat sate taichan sendiri di rumah, bukan? Selamat berkreasi terus di dapur, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.