Resep Salmon Wellington Praktis dan Istimewa - MAHI

Resep Salmon Wellington Praktis, Masakan Mewah untuk Momen Istimewa

Simpan ke bagian favorit

Siapa bilang hidangan yang istimewa tidak bisa diolah dengan cara yang praktis? Salah satunya adalah resep Salmon Wellington yang satu ini. Cobain, yuk!

2jam
3 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|Mei 29, 2022

Hidangan elegan untuk suasana santap keluarga di momen yang istimewa. Inspirasi kali ini adalah resep Salmon Wellington yang berkelas dan menantang. Jangan khawatir, Masak Apa Hari Ini punya langkah demi langkahnya untuk kamu ikuti agar tidak gagal! Tapi sebelumnya, ikuti dulu sejarahnya, yuk!

Asal Usul Resep Salmon Wellington

Kalau kamu adalah orang yang hobi mengulik sejarah makanan, maka sulit untuk memisahkan Salmon Wellington dengan hidangan legendaris lainnya yaitu Beef Wellington. Masakan yang selalu dipopulerkan Chef Gordon Ramsay ini terinspirasi kuliner dua negeri, yaitu Russia dan Prancis dari pergantian abad 19 ke 20. Meskipun versi daging sapinya kini lebih populer, tapi siapa sangka bahwa asal mulanya di Russia justru lebih populer dengan menggunakan ikan salmon atau sturgeon.

Di Negeri Beruang Merah, versi prototipe Salmon Wellington dikenal dengan nama Coulibiac yang merupakan sejenis Pirog atau aneka makanan yang diselimuti pastry panggang. Seorang ahli gastronomi Prancis membawa ide masakan ini dan menggarap versi dalam negerinya. Di Prancis, masakan ini diberi nama filet de bœuf en croûte untuk versi daging sapinya atau salmon en croûte untuk yang menggunakan ikan salmon.

Menariknya, sebutan hidangan Beef Wellington ini sebetulnya tidak pernah muncul di awal abad ke 20. Apakah nama Wellington berasal dari gelar seorang bangsawan Inggris di masa lalu pun menjadi sebuah pertanyaan hingga hari ini. Hanya saja, satu fakta yang muncul adalah kehadiran masakan ini malah disebutkan dalam sebuah buku masak dari Polandia! Entah bagaimana, orang Inggris kini banyak mengakui bahwa pemunculan masakan Beef Wellington merupakan adaptasi dari versi kontinental Eropa, ketimbang sebuah masakan khas Inggris yang mereka ciptakan.

Tips Memasak Salmon Wellington

Masakan yang satu ini membutuhkan kesabaran serta ketelitian dalam membuatnya. Selain memakan waktu, protein dan aneka ragam bahan lainnya harus secara rapi dibungkus dengan menggunakan lembaran pastry yang kemudian akan dipanggang. Bila rapi hasilnya, maka ketika keluar dari panggangan dan siap disajikan akan begitu elegan penampilannya.

Agar rapi, secara khusus kamu perlu perhatikan langkah memasak yang berikut ini. Siapkan puff pastry lembaran, ambil jarak sekitar 2-3 cm dari pinggiran puff pastry, kemudian olesi salah satu sisinya dengan cream cheese. Taruh salmon ke atasnya (sesuaikan bentuk salmon agar puff pastry bisa dilipat). Beri tumis bayam ke atasnya. Lipat salah satu sisi puff pastry yang kosong hingga menutupi isinya. Kemudian tekan-tekan sedikit sehingga volume isi terlihat. Tempel atau rekatkan pinggiran puff pastry dengan garpu.

Letakkan di atas loyang yang sudah dialasi baking paper atau diolesi mentega. Kerat-kerat bagian atas puff pastry membentuk diagonal menggunakan pisau. Olesi dengan kuning telur secara merata. Panggang selama 20-25 menit atau hingga matang dan kecokelatan. Resep Salmon Wellington kini siap untuk disajikan!

Bahan-bahan

royco kaldu ayam spesial
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam Spesial
saus sambal jawara hot
Yang diperlukan:
Jawara Saus Sambal Hot
Beli online
  • 250 g puff pastry lembaran (ukuran 20x20 cm)
  • 250 g filet ikan salmon tanpa kulit
  • 100 g daun bayam
  • 2 sdm mentega, untuk menumis
  • 3 sdm bawang bombay, cincang
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 4 sdm cream cheese
  • 1 sdm susu cair
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 1 kuning telur, untuk olesan

Cara membuat

1

Diamkan pastry lembaran pada suhu ruang selama 20-25 menit di atas talenan atau meja yang sudah ditaburi dengan terigu. Sisihkan.

2

Panaskan mentega, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan bayam, aduk hingga layu. Tambahkan cream cheese, setengah bagian merica bubuk, dan Royco Kaldu Ayam Spesial. Aduk hingga tercampur rata. Angkat. Sisihkan.

3

Panaskan oven pada suhu 200° C. Siapkan loyang persegi yang sudah diolesi dengan margarin. Sisihkan.

4

Lumuri salmon dengan garam dan sisa merica bubuk. Sisihkan.

5

Aduk rata cream cheese bersama susu. Sisihkan.

6

Siapkan puff pastry lembaran, ambil jarak sekitar 2-3 cm dari pinggiran puff pastry, kemudian olesi salah satu sisinya dengan cream cheese. Taruh salmon ke atasnya (sesuaikan bentuk salmon agar puff pastry bisa dilipat). Beri tumis bayam ke atasnya. Lipat salah satu sisi puff pastry yang kosong hingga menutupi isinya. Kemudian tekan-tekan sedikit sehingga volume isi terlihat. Tempel atau rekatkan pinggiran puff pastry dengan garpu.

7

Letakkan di atas loyang yang sudah dialasi baking paper atau diolesi mentega. Kerat-kerat bagian atas puff pastry membentuk diagonal menggunakan pisau. Olesi dengan kuning telur secara merata.

8

Panggang selama 20-25 menit atau hingga matang dan kecokelatan. Angkat. Sajikan bersama Jawara Saus Sambal Hot.

 

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.