Jenis Masakan


Resep Salad Sayur Gohu Ikan, Satu Lagi Menu Sehat Untuk Dietmu

Simpan ke bagian favorit

Resep salad sayur gohu ikan wajib dicoba. Sebuah perpaduan dari ikan gohu khas Maluku disajikan dengan sayuran, berikut resep lengkapnya.

50mnt
4 Porsi
Mudah
Chef Panji|Agustus 7, 2019

Resep salad sayur gohu ikan versi MAHI ini terinspirasi dari masakan khas Maluku. Dibuat dari ikan tuna mentah yang diguyur dengan minyak kelapa panas. Kemudian, ia dibumbui dengan sambal jeruk lemon cui yang segar.

Unik, karena ikan tuna yang biasanya disajikan mentah dimatangkan, kemudian dilengkapi dengan ragam sayuran. Kamu yang tak suka dengan masakan setengah matang bisa dipastikan bakal penasaran dengan hidangan ini. Salad ini terinspirasi dari tipe salad komplit yaitu beberapa jenis sayuran disajikan bersama protein hewani, seperti Caesar Salad, Thai Beef Salad, dan Tuna Salad.

Untuk pilihan salad sayuran, selain daun selada keriting, kamu juga bisa memilih jenis daun selada lain sesuai selera. Misalnya daun selada romaine atau iceberg lettuce untuk tekstur daun selada yang lebih crunchy. Atau kombinasi antara keduanya.

Gohu ikan biasanya disajikan dengan potongan ikan tuna mentah yang kemudian diguyur dengan minyak kelapa yang dipanaskan. Selain untuk memberi efek matang pada ikan tuna bersama dengan kucuran jeruk lemon cui, minyak kelapa juga menambah cita rasa pada gohu ikan sehingga jadi lebih gurih dan nikmat. Sama halnya juga dengan sambal matah Bali yang wajib menggunakan minyak kelapa, tentu rasanya takkan sama jika menggunakan minyak kelapa sawit biasa.

Dengan potongan ikan tuna yang dimatangkan seperti dalam video resep, kamu bisa menjadikan resep salad sayur gohu ikan sebagai bekal atau makanan untuk diet. Jangan lupa untuk memisahkan bumbu atau dressing dan aduk rata sesaat akan disajikan.

Bahan-bahan

Bahan

  • 250 g fillet ikan tuna, potong dadu
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak, untuk memasak tuna
  • 60 g kacang tanah kupas, goreng
  • 10 buah cabai rawit merah, iris tipis
  • 12 butir bawang merah, iris tipis
  • 7 sdm minyak kelapa
  • 2 sdm air jeruk lemon cui
  • 50 g daun kemangi, iris kasar
  • 200 g daun selada keriting, sobek kasar
  • 1 buah bawang bombay, iris
  • 16 buah tomat ceri, belah dua

Cara membuat

Memarinasi potongan tuna untuk resep salad sayur.
1

Lumuri ikan tuna dengan garam. Diamkan selama 15 menit atau hingga meresap. Sisihkan.

Menumis ikan tuna untuk resep salad sayur.
2

Panaskan minyak, masak tuna hingga berubah warna di kedua sisinya. Angkat.

Menumbuk kacang untuk resep salad sayur.
3

Ulek separuh bagian kacang goreng. Aduk rata bersama cabai rawit dan bawang merah.

Mencampur kacang dan tuna untuk resep salad sayur.
4

Aduk rata tuna bersama minyak kelapa, air lemon cui, kacang, daun kemangi, dan Royco Kaldu Ayam. 

Plating resep salad sayur gohu ikan.
5

Tata daun selada, bawang bombay, dan tomat merah di atas piring saji. Taruh campuran tuna ke atasnya. Taburi dengan sisa kacang goreng. Sajikan.

Mencoba hal-hal baru dalam dunia memasak adalah keseruan tersendiri. Semoga inspirasi resep ini bisa mendorong kamu untuk terus berlatih dan bereksperimen dengan resep-resep Indonesia lainnya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.