Resep Sagu Keju, Kue Kering yang Lembut dan Lumer di Mulut

Simpan ke bagian favorit

Kue sagu keju yang sering kita temui saat Hari Raya, bisa kita buat sendiri di rumah. Berikut adalah cara mudah membuat sagu keju. Yuk, ke dapur!

1jam
4 Porsi
Mudah
Silmia|September 24, 2020

Kamu salah satu penggemar sagu keju? Dibandingkan kue kering lainnya seperti lidah kucing atau kastengel, kue sagu ini punya ciri khas tersendiri. Kue ini punya tekstur luar yang crunchy, tapi lumer dan lembut ketika digigit. Perpaduan rasa manis dan gurihnya juga sangat unik. Tak heran kalau sagu keju punya banyak fans.

Biasanya, sagu keju dihidangkan di momen-momen tertentu. Salah satunya di perayaan hari besar, seperti Hari Raya Idul Fitri. Namun, sebenarnya kamu bisa menyajikan kue kering ini kapan saja di rumah. Apalagi, jika anggota keluarga suka camilan manis. Namun memang, cara membuat sagu keju lebih menantang. Kita perlu menyangrai sagunya terlebih dahulu dengan benar. Proses sangrai ini akan menentukan kerenyahan kue sagu setelah matang nanti. Jika masih banyak kadar air yang tertinggal di dalam sagu, kue jadi kurang renyah atau lembek.

Jangan lupa untuk menggunakan api kecil saat menyangrai, agar warna sagu tidak berubah jadi kekuningan. Khusus untuk resep ini, kita sangrai sagu dengan daun pandan untuk memberikan aroma yang lebih harum dan rasa yang lebih lezat.

Sudah tidak sabar mencobanya? Yuk, kita ikuti resep berikut!

Bahan-bahan

  • 300 g tepung sagu
  • 3 lembar daun pandan
  • 75 g margarin
  • 75 g mentega
  • 125 g gula halus
  • 1 kuning telur
  • 100 g keju edam, parut
  • 150 ml santan kental

Cara membuat

1

Sangrai tepung sagu dan daun pandan di atas api kecil hingga daun pandan mengering. Angkat, biarkan hingga tidak panas, sisihkan.

2

Kocok margarin dan mentega hingga lembut dengan mixer pada kecepatan rendah. Masukkan gula, kocok hingga rata.

3

Tambahkan kuning telur sambil terus dikocok. Masukkan Royco Kaldu Ayam dan keju parutkocok sebentarmatikan mixer. 

4

Masukkan tepung sagu secara bertahap dalam adonan mentega sambil diaduk rata. Tuang santan, aduk hingga adonan rata.

5

Panaskan oven pada suhu 130C. Siapkan kantung plastik segitiga, gunting bagian ujung dan masukkan spuit berbentuk bintang. Masukkan adonan, cetak ke atas loyang datar dengan jarak di antara masing-masing kue. Panggang dalam oven selama 30 menit, keluarkan dan diamkan hingga sejuk. Sajikan.  

Selamat mencoba, ya! Intip juga resep kue lainnya di Masak Apa Hari Ini.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.