Resep Risol Bihun Sambal Kecap untuk Camilan Enak - MAHI

Resep Risol Bihun Sambal Kecap, Lengkapi Menu Camilan di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Untuk kamu penggemar risoles, ada satu lagi resep lezat yang wajib kamu coba. Yuk, cobain resep risol bihun sambal kecap berikut hari ini!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|September 21, 2022

Apakah kamu salah satu yang hobi mampir di situs Masak Apa Hari Ini untuk resep-resep camilannya? Wah, kebetulan, dong! Kali ini ada satu lagi kudapan rumahan yang bisa kamu coba di rumah! Resep risol bihun yang satu ini istimewa karena tidak sulit untuk diolah, rasanya lezat, dan makin mantap saat dicocol dengan sambal kecap. Cek resepnya, yuk!

Tips Sukses Membuat Resep Risol Bihun

Sebelum buru-buru mulai memasak, yuk, baca dulu sedikit tips berikut agar resep risol bihun ini sukses hasilnya. Nah, apa yang biasa dicari dari sebuah resep risol rumahan yang hangat tersaji di atas meja makan? Pertama adalah isiannya. Untuk resep ini ada isian bihun yang sudah direndam air panas agar lunak, lalu ditumis bersama potongan wortel dan bahan lainnya. Jangan langsung diisikan ke dalam kulit risol dalam keadaan panas, ya, karena tujuannya adalah agar kulit tidak mudah robek saat digoreng.

Kedua adalah kulitnya yang garing sempurna. Gunakan api sedang saja saat menggoreng risoles untuk mencegahnya menjadi cepat gosong atau berwarna terlalu gelap. Volume minyak juga harus agak banyak dan dapat merendam risoles sepenuhnya sehingga warna permukaannya merata. Balikkan sesekali namun tidak terlalu sering agar tidak mudah robek atau hancur. Jika minyak sudah terlihat berpasir atau banyak remah tepung yang tertinggal, ganti dengan minyak baru atau saring kembali. Selain agar tidak menempel pada risol yang akan digoreng, banyaknya remah dalam minyak dapat menurunkan suhunya dan mempersulit proses memasak.

Aneka Resep Risol Lainnya

Masak Apa Hari Ini adalah gudangnya segala resep risol. Untuk kamu yang selalu mencari menu camilan sehari-hari ataupun untuk menjamu, bahkan untuk menghadiahi keluarga ataupun teman, maka ada banyak resep yang bisa kamu coba. Bahkan berbekal bahan sehari-hari yang ada di dapur pun, jadi, deh!

Pertama, coba dulu yang namanya resep risol dengan isian salted egg yang selalu saja ada penggemarnya. Isian yang satu ini terinspirasi dari hidangan salted egg chicken yang sempat populer dan kini menjadi bagian sehari-hari makan siang masyarakat ibukota. Kemudian ada juga resep risol lainnya yang menggunakan isian ragout ataupun dengan mayo dan keju.

Mana yang akan kamu coba dulu? Yang jelas, coba dulu resep risol bihun kecap berikut ini sebelum melangkah ke yang lainnya, ya. Rayakan beragamnya camilan di rumah setiap harinya bersama Masak Apa Hari Ini!

Bahan-bahan

  • 150 g bihun
  • 80 g wortel, cincang
  • 12 lembar kulit lumpia
  • 1 batang seledri, iris halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 butir bawang merah, cincang halus
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt merica putih bubuk
  • minyak, untuk menggoreng dan menumis

Sambal kecap

Cara membuat

1

Rendam bihun dalam air panas hingga lunak. Tiriskan. Aduk rata bersama 1 sdm minyak agar tidak lengket. Sisihkan.

2

Sambal kecap: Aduk rata semua bahan termasuk Bango Kecap Manis. Sisihkan.

3

Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan wortel, aduk hingga wortel layu. Masukkan bihun, Bango Kecap Manis, Royco Kaldu Ayam, garam, dan merica. Aduk hingga rata. Angkat. Tambahkan seledri, aduk. Biarkan hingga tidak panas.

4

Ambil selembar kulit lumpia, letakkan 1 sdm tumis bihun ke atasnya. Gulung dan lipat membentuk silinder, rekatkan dengan air. Ulangi proses serupa pada sisa bahan.

5

Panaskan minyak, goreng risol bihun hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

6

Sajikan risol bihun bersama sambal kecap.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.