Resep Popsicle Rainbow Mudah dan Menyegarkan - MAHI

Resep Popsicle Rainbow, Bikin Segar Saat Musim Panas

Simpan ke bagian favorit

Dessert apa yang mudah dan bisa dinikmati tua dan muda? Jawabannya adalah popsicle yang dibuat dari berbagai macam buah. Cek cara buatnya, yuk!

7jam
6 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Agustus 24, 2022

Kalau melihat dessert yang satu ini, pasti bakal banyak orang yang langsung bernostalgia. Di Indonesia, dessert ini dikenal dengan nama bermacam-macam, dari es lilin hingga es goyang. Camilan jadul yang jadi favorit, enak dan juga terjangkau harganya. Namun di negeri yang mempopulerkan nama popsicle yaitu Amerika Serikat, nama aslinya adalah ice pop. Tampilnya berwarna warni dan berasal dari berbagai bahan sehingga cita rasanya berlapis dan menjadi kompleks. Kali ini, ada resep seru yang bisa kamu buat dan menggunakan bahan-bahan segar. Bakal bikin musim panas kamu makin ceria, deh!

Berkenalan Lagi dengan Popsicle

Sebelum masuk ke resep, apakah kamu pernah membayangkan bagaimana cara membuat popsicle. Di balik warna warninya yang mengundang selera, bisa jadi ada pertanyaan, “Kok, bisa membuatnya seperti pelangi? Pasti susah”. Ternyata tidak sama sekali, saudara saudari, karena sesungguhnya popsicle adalah dessert yang begitu mudah untuk dibuat. Namun memang, ada satu hal yang menjadikannya sulit. “Nggak jadi, deh, kalau gitu”. Wah, jangan begitu, dong! Kalau kehidupan justru lebih sulit, karena ada saja masanya kita harus menanti yang tak pasti. Beda dengan popsicle, dimana kamu hanya perlu menanti sekitar 6 jam hingga esnya membeku!

Pada resep kali ini, kamu cukup mem-blender saja beberapa jenis buah musiman, yaitu buah mangga dengan Buavita Orange. Lalu secara terpisah, blender masing-masing buah mulai dari stroberi, kiwi, dan sejenis berry. Mumpung musimnya, kamu bisa bereksperimen dengan buah blueberry atau blackberry. Agak mahal memang karena diimpor, tapi rasanya unik dan akan memberikan warna yang khas. Lagipula, dessert ini pasti akan kamu persembahkan untuk yang spesial, bukan? Tak mengapa splurging sesekali, dong.

Berburu Cetakan Popsicle

Konsep popsicle adalah menyatukan kesemua hasil blenderan buah ini, lapis demi lapis ke dalam cetakan khusus, lalu kemudian dibekukan dalam freezer. Cetakan khusus ini sekarang bisa dengan mudah kamu temukan di toko peralataan masak ataupun secara online. Umumnya, cetakan popsicle dibuat dari bahan silikon yang aman dipakai secara berulang, sehingga kamu tidak perlu lagi membeli yang wadah plastik sekali pakai. Cetakan silikon ini tampilan dan bentuknya berbeda-beda, sehingga buat kamu yang peduli estetika dapur tentu bisa memilihnya secara bebas. Begitupun banyak bentukan dan warna menarik yang akan membuat anak-anak jadi penasaran.

Lalu yang terpenting adalah harganya yang cukup terjangkau. Khusus bagi kamu yang niat banget mau bikin setiap hari, ada juga yang menjualnya dalam kemasan berbahan khusus agar popsicle cepat beku. Kekurangannya jelas adalah harganya yang lebih mahal. Nah, jadi kamu mau pilih yang mana, nih? Apapun pilihannya, yang penting dicoba, ya, resep dari Masak Apa Hari Ini berikut!

Bahan-bahan

  • 200 g daging buah mangga harum manis
  • 100 g stroberi
  • 100 g kiwi kupas
  • 100 g blueberry atau blackberry
  • 6 sdm madu

Cara membuat

1

Blender halus buah mangga bersama Buavita Orange. Sisihkan.

2

Blender secara terpisah stroberi, kiwi, blueberry atau blackberry bersama masing-masing 2 sdm madu. Sisihkan.

3

Siapkan 6 cetakan popsicle. Ambil 1 buah cetakan, sendokkan secara bergantian puree stroberi, mangga, kiwi, dan blueberry. Ulangi proses serupa pada sisa bahan. Bekukan dalam freezer selama 6-7 jam. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.