Resep Panna Cotta Jeruk, Dessert Gaya Italia - MAHI

Resep Panna Cotta Jeruk, Dessert Gaya Italia yang Menyegarkan

Simpan ke bagian favorit

Nikmatnya resep panna cotta adalah pilihan tepat untuk dessert saat santap bareng keluarga. Ingin tahu cara buatnya? Simak berikut ini!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|Juni 12, 2022

Untuk kamu penggemar masakan Italia, pastinya sudah tidak asing dengan macam-macam makanan penutup khas Negeri Pasta ini. Dari bombolone hingga gelato, banyak yang kini sudah dikenal di Indonesia. Nah, salah satu yang klasik adalah resep panna cotta dan Masak Apa Hari Ini punya twist yang lezat dengan menggunakan rasa jeruk yang menyegarkan. Penasaran untuk mencobanya?

Mengenal Resep Panna Cotta ala Italia

Kalau melihat penampilannya, mungkin sebagian dari kamu akan teringat dengan puding. Meskipun mirip, secara tekstur resep panna cotta punya ciri khas tersendiri. Kehadiran gelatin menjadikannya memiliki konsistensi yang lebih kenyal namun tetap terasa lembut, agak berbeda dengan puding yang biasa kita santap di rumah atau undangan pernikahan.

Meskipun ada beberapa dessert yang mirip dengannya sejak penghujung abad ke 19, kehadiran panna cotta dalam kamus kuliner Italia baru resmi dibukukan sekitar setengah abad yang lalu. Wilayah Piedmont di bagian Italia utara adalah asal usul dari dessert yang elok ini. Layaknya pasta neapolitan dari wilayah Napoli, formula bakunya juga sudah ditetapkan. Setidaknya panna cotta yang orisinal memiliki bahan-bahan yang terdiri atas susu, krim, gula, vanilla, gelatin, dan karamel. Lebih kompleks dari puding, namun untuk resep kali ini ada versi mudah dan menyegarkan yang patut dicoba.

Tips Membuat Resep Panna Cotta Jeruk

Gelatin menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan resep panna cotta karena berfungsi sebagai pengenyal. Sebagai catatan, dahulu gelatin lebih umum berasal dari bahan non-halal, namun sekarang kamu dapat dengan mudah menemukan alternatifnya yang halal. Dalam keadaan kering, gelatin berbentuk seperti lembaran, maka dari itu kamu perlu merendamnya terlebih dahulu dalam air panas agar meleleh dan bisa digunakan lebih lanjut.

Pada langkah berikutnya, masukkan Buavita Orangewhipping cream, gelatin, gula, dan pewarna oranye. Masak sambil diaduk hingga hampir mendidih atau muncul gelembung-gelembung kecil ke permukaan. Tuang ke dalam gelas kaca mini atau cetakan untuk panna cotta. Diamkan hingga tidak panas, kemudian diamkan dalam kulkas hingga padat. Ternyata mudah untuk membuatnya, bukan?

Bahan-bahan

  • 3 lembar gelatin halal
  • 70 ml krim kental atau whipping cream
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 tetes pewarna oranye

Hiasan

  • jeruk navel, ambil daging buahnya
  • daun mint

Cara membuat

resep panna cotta rendam
1

Rendam gelatin dengan 3 sdm air matang sampai melunak, lalu tim hingga gelatin meleleh. Angkat. Sisihkan.

resep panna cotta jus
2

Masukkan Buavita Orange, whipping cream, gelatin, gula, dan pewarna oranye. Masak sambil diaduk hingga hampir mendidih atau muncul gelembung-gelembung kecil ke permukaan.

resep panna cotta gelas
3

Tuang ke dalam gelas kaca mini atau cetakan untuk panna cotta. Diamkan hingga tidak panas, kemudian diamkan dalam kulkas hingga padat.

resep panna cotta siap
4

Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.