Resep Overnight Oats Mango Compote yang Menyehatkan - MAHI

Resep Overnight Oats Mango Compote, Sarapan Sehat Tanpa Harus Masak

Simpan ke bagian favorit

Memang ada menu sarapan enak dan lezat yang tidak perlu dimasak? Jawabannya ada! Cobain overnight oats dengan mango compote ini, yuk!

4jam
2 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Oktober 26, 2022

Sudah pernah mendengar istilah overnight oat? Kalau kamu belum menjadi fans-nya, berarti kamu perlu mencobanya sebagai menu makan pagi sehat dan lezat! Cara membuatnya mudah, tidak perlu dimasak, dan bisa disiapkan semalam sebelumnya. Saat pagi tiba, keluarkan overnight oats racikanmu dan nikmati sebagai menu sarapan cepat. Tapi sebelum ngegas mengolah resep dari Masak Apa Hari Ini, baca-baca dulu sedikit soal ceritanya, yuk!

Beda Overnight Oats dengan yang Biasa

Untuk menghindari penggunaan berlebih kata overnight oats, maka di sisa cerita ini akan digunakan julukan internasionalnya yaitu ONO. Maklum, keyword overloaded justru tidak bagus untuk hasil scoring SEO pada artikel ini. Anyway, sudah siap? Yuk, mulai!

Jadi apakah oat itu? Sebagai sejenis serealia, oat lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan haver atau havermout, yang biasa diracik menjadi bubur sebagai menu sarapan sehat. Dengan menggunakan jenis serealia yang sama, ONO menggunakan metode yang berbeda soal pengolahannya. Alih-alih dimasak menjadi bubur, kamu hanya perlu mencampurkan oat mentah dengan susu dan tinggalkan dalam kulkas selama beberapa lama sehingga oat terhidrasi. Hasilnya, oat menjadi lembut dan bertekstur serta siap untuk dinikmati.

Biasanya ONO ditambahkan dengan bermacam jenis bahan lainnya agar cita rasanya semakin berwarna. Pada resep ini ada tambahan yoghurt, chia seeds, kismis, madu, dan juga mango compote. Di lain kesempatan, kamu juga bisa berkreasi dengan jenis buah-buahan lain – baik buah tropis maupun buah beri, serta dipadukan dengan racikan susu alternatif seperti oat milk atau almond milk. Sebagai tekstur, kamu bisa menambahkan potongan kacang-kacangan, flaxseed, bahkan selai kacang. Makin menarik untuk dicoba, dong?

Alternatif Sarapan Sehat Lainnya

Serealia adalah opsi karbohidrat yang lebih sehat karena baik untuk pencernaan, kaya energi, dan bisa lebih lama membuatmu kenyang. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsinya karena banyak ide yang tak kalah lezatnya daripada sarapan nasi goreng ataupun nasi uduk. Beberapa resep yang ada di Masak Apa Hari Ini adalah paduan quinoa dan couscous, serta salad buah yoghurt oat crumble. Perkaya koleksi menu sarapanmu dengan hidangan-hidangan ini, ya!

Sebelum menyiapkan ONO untuk besok, cek juga Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya! Selamat masak!

Bahan-bahan

  • 80 g oat instan
  • 200 g yoghurt
  • 5 sdm susu cair rendah lemak
  • 2 sdm chia seeds
  • 2 sdm madu
  • 2 sdm kismis atau kacang-kacangan panggang

Mango compote

Cara membuat

1

Aduk oat instan, yoghurt, susu cair, chia seeds, dan madu hingga tercampur rata.

2

Tuang masing-masing ¼ bagian campuran oat ke dalam gelas kaca atau botol kaca. Sisihkan.

3

Mango compote: Masak daging buah mangga dan Buavita Mango, di atas api kecil hingga mangga layu. Diamkan sebentar hingga tidak terlalu panas.

4

Sendokkan masing-masing ¼ bagian mango compote ke atas lapisan campuran oat. Lapisi kembali dengan sisa oat. Tutup dengan mango compote. Taburi dengan kismis atau kacang panggang.

5

Tutup botol kaca, diamkan dalam kulkas selama 4 jam atau semalaman. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.