Resep Otak Otak Mercon, Camilan Pedas Bikin Nagih - MAHI

Resep Otak Otak Mercon, Camilan Pedas yang Jadi Rebutan

Simpan ke bagian favorit

Satu lagi ide camilan seru dari Masak Apa Hari Ini - resep otak otak mercon yang bikin nagih. Yuk, coba cara membuatnya berikut ini!

45mnt
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|Juni 19, 2022

Biasanya orang Indonesia paling susah menolak camilan gurih yang dibuat dari ikan. Sebut saja misalnya siomay sebagai yang paling populer, atau bahkan kerupuk ikan sebagai teman makannya. Kali ini ada satu lagi yang tak kalah bikin nagih yaitu otak otak mercon yang dibuat dari ikan tenggiri asli. Bayangkan rasa ikan yang menggugah selera, tekstur yang renyah, dan cita rasa gurih, manis, dan pedas berpadu dengan harmonis. Rasanya jadi wajib untuk coba dibuat di rumah dan disajikan untuk keluarga saat bareng-bareng nonton film di akhir pekan, bukan?

Tips Sukses Membuat Otak Otak Mercon

Untuk mengolah hampir segala makanan yang menggunakan protein boga bahari alias seafood, maka syarat utamanya adalah kesegaran bahan. Khusus untuk resep otak otak mercon ini, pastikan untuk memilih ikan tenggiri yang baru digiling segar. Selanjutnya, bila adonan otak otak selesai dibuat, maka waktunya membentuknya menjadi silinder dengan menggunakan tangan. Agar tidak lengket di tangan saat menggulungnya, jangan ragu untuk melumuri tangan terlebih dahulu dengan menggunakan minyak, ya.

Segera setelah membentuknya, kamu bisa langsung merebus otak otak. Bagaimana cara mengetahui otak otak yang sudah matang? Tandanya adalah sudah mengapung di permukaan. Lalu, segera angkat dan langsung tiriskan di dalam air es. Mengapa? Fungsi air es pada proses memasak seperti pada memblansir sayuran misalnya, adalah agar menjaga sayuran tidak menjadi terlalu matang dan warnanya tetap terjaga. Begitupun pada otak otak, proses “memasak” masih terjadi akibat sisaan panas dari rebusan setelah diangkat. Maka untuk menjaga otak otak agar tidak terlalu matang dan menjadi keras, segera dinginkan dulu dalam air es.

Sesudah selesai, kamu bisa menggorengnya dan jangan lupa untuk memotong serong otak otak agak tebal. Tujuannya adalah agar bumbu mercon nantinya meresap hingga ke dalam dan semakin nikmat untuk disantap. Sementara itu untuk bumbu mercon kamu hanya perlu mengikuti cara membuatnya di bawah ini seperti biasa. Jangan lupa menambahkan Bango Kecap Manis dan Royco Kaldu Ayam agar semakin mantap, ya!

Ide Resep Olahan Ikan Lainnya

Kalau di awal sempat disebut yang namanya siomay atau dim sum, maka tak boleh juga kamu ketinggalan mencoba olahan ikan lainnya yang sudah pernah Masak Apa Hari Ini siapkan. Untuk olahan ikan tenggiri lainnya, kamu bisa mencoba otak otak kukus yang biasa dinikmati dengan bumbu kacang. Sementara untuk resep lainnya kamu juga bisa mencoba bakso ikan tenggiri hingga menu makanan berat seperti pindang tenggiri dan juga semur ikan.

Sudah siap untuk memasak? Pastikan juga untuk follow dan like postingan Masak Apa Hari Ini di Instagram! Di sana kamu juga bisa request resep dan bertanya langsung soal urusan masak memasak. Yuk, kita ke dapur!

Bahan-bahan

  • air, untuk merebus
  • 100 ml minyak
  • air es

Adonan otak otak

  • 500 g ikan tenggiri giling
  • 150 g tepung tapioka
  • 1 putih telur
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 1 batang daun bawang, haluskan
  • 2 batang seledri, iris tipis

Bumbu mercon

Cara membuat

1

Adonan otak-otak: Aduk rata semua bahan termasuk Royco Kaldu Ayam. Sisihkan.

2

Panaskan air di atas api sedang, tambahkan minyak. Sisihkan.

3

Lumuri tangan dengan ½ sdm minyak, ambil 1 sendok sayur adonan otak-otak. Pulung membentuk silinder, celupkan ke dalam air panas. Ulangi proses serupa hingga menghabiskan sebanyak sepertiga atau hingga separuh adonan. Masak hingga matang ditandai otak-otak mengapung ke permukaan. Angkat. Celupkan ke dalam air es. Biarkan hingga tidak panas. Tiriskan.

4

Ulangi proses serupa hingga adonan habis.

5

Panaskan sisa minyak, goreng otak-otak hingga kecokelatan. Angkat.

6

Potong otak-otak bentuk serong tebal. Sisihkan.

7

Bumbu mercon: Panaskan minyak, tumis bawang putih dan cabai rawit hingga harum. Masukkan sisa semua bahan termasuk Bango Kecap Manis dan Royco Kaldu Ayam, aduk rata.

8

Masukkan otak-otak, aduk. Masak hingga meresap. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.