Resep Oseng-Oseng Tempe Mudah - Masak Apa Hari Ini?

Resep Oseng-Oseng Tempe, Sajian yang Mudah, Cepat, dan Nikmat

Simpan ke bagian favorit

Sajikan oseng-oseng tempe yang satu ini untuk melengkapi lezatnya santap siang dan malam. Mudah, cepat, dan lezat. Berikut adalah resepnya!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Maddie|Juni 4, 2018

Dari banyak resep yang aku pilihkan untuk kamu coba di rumah, mungkin resep oseng-oseng tempe mudah berikut ini yang paling pas untuk segala suasana. Resep ini cocok untuk menu makan siang, makan malam, sahur, buka puasa, atau di kala kantong sedang bolong. Apalagi kalau mencari yang sesuatu yang akrab di lidah, oseng-oseng tempe adalah jawabannya.

Tempe yang merupakan fermentasi kacang kedelai memang cocok untuk dimasak apa saja. Digoreng kering, dijadikan mendoan, dibuat menjadi bacem, dijadikan bubuhan berbagai masakan ataupun tumisan, sampai hanya dioseng-oseng hanya dengan kecap manis. Yang terakhir itu yang ingin kubagi caranya kali. Selain mudah, resep satu ini juga dijamin bikin kamu berhemat banyak.

Istimewanya resep oseng-oseng tempe

Kebiasaan orang jaman sekarang adalah makan di luar. Baik itu makan di pinggir jalan maupun di restoran. Meskipun terlihat bersih, menurutku kalau memasak sendiri tentu lebih terjamin kesehatannya. Karena mulai dari bahan hingga kebersihan dapur maupun piring-piringnya menjadi tanggung jawab kita pribadi. Mengenal asal mula bahan makanan yang kita beli juga semakin terasa penting dewasa ini. Meskipun tidak mudah mencari tahunya, terlebih untuk produk yang sudah berpindah tangan beberapa kali.

Tapi untuk tempe, sedapat mungkin kita perlu mendukung para pengrajin tempe lokal. Belum lagi para pedagang di pasar. Berkat mereka ini sebetulnya pasokan makanan kita di rumah tetap terjamin kesediaannya dan juga harganya. Terlebih kalau kita bertemu dengan para pengrajin atau pedagang yang mencintai pekerjaan dan produk mereka. Dijamin deh kamu pasti mendapatkan yang terbaik. Mahal sedikitpun tak apa, yang penting kita tetap mendukung kesejahteraan mereka dan juga kesehatan diri kita sendiri.

Resep makanan rumahan oseng-oseng lainnya

Tidak hanya tempe, oseng-oseng atau tumis-tumis bisa menggunakan banyak bahan lainnya. Selain mudah, oseng-oseng diincar karena proses memasaknya yang cepat. Nah, lebih baik kita simak ya apa saja yang bisa kamu buat berikutnya.

1. Oseng buncis

Sama dengan oseng-oseng tempe, oseng buncis ini juga cepat, mudah, dan tidak bikin tongpes. Tumis minyak, bumbu pelengkap, buncis dan Bango Kecap Manis Pedas. Setelah dicoba, oseng-oseng buncis malah enak dinikmati juga tanpa nasi. Rasa renyah buncis menjadikan makanan Indonesia tidak pernah membosankan!

Resep lengkap oseng buncis.

2. Oseng mercon

Rasa gurih berempah dari paduan bumbu halus terdiri dari cabai merah, cabai rawit, bawang dan jahe. Tumis dan kemudian masukkan irisan daging sapi. Gunakan Royco Nasi Goreng Soto untuk memberikan rasa yang khas dan mirip aslinya. Terakhir, masak dengan tambahan air, gula merah, dan tambahan Bango Kecap Manis.

Resep lengkap oseng mercon.

3. Oseng kikil

Dijual dalam bentuk lembaran, pastikan kebersihan kikil terlebih dahulu. Potong dalam bentuk kotak-kotak dan siap untuk diolah. Tambahkan petai agar lebih nikmati dan bikin kamu tambah terus. Bubuhkan kecap manis, maka cita rasanya berpadu dengan sempurna!

Resep lengkap oseng kikil.

Selesai dulu deh bicara soal ekonomi dan lingkungan hidupnya. Mendingan kali ini kita memasak saja dulu, yuk. Khususnya untuk yang baru belajar memasak, resep oseng-oseng tempe mudah ini pasti anti gagal dan bisa kamu padankan dengan masakan lainnya. Selamat mencoba!

Bahan-bahan

Bahan

  • 1 buah tempe, potong persegi panjang
  • 2 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 2 lembar daun bawang, iris
  • 1 sdm saus tiram
  • garam
  • merica putih bubuk
  • air
  • minyak

Cara membuat

1

Goreng tempe hingga matang.

2

Tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi.

3

Tambahkan saus tiram dan Bango Kecap Manis.

4

Masukkan tempe yang sudah matang dan aduk hingga rata. Tambahkan air secukupnya.

5

Tambahkan garam dan lada secukupnya. Setelah itu masukkan daun bawang dan masak hingga semua air menguap dan semua telah matang.

6

Sajikan hangat bersama nasi putih.

Tidak sulit bukan? Sekarang tinggal duduk manis dan makan dengan sepiring nasi. Dijamin kenyang deh!


Resep ini pernah dimuat di: www.bango.co.id/resep/details/419/oseng-oseng-tempe-kecap-bango-special/

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.