Resep Oseng-Oseng Mercon Khas Jogja

Selain banyak makanan legendaris lainnya, Yogyakarta juga dikenal dengan masakan yang satu ini. Ingin mencoba memasaknya? Ayo dicoba resep oseng-oseng mercon khas Jogja berikut ini.

40mnt
4 Porsi
Mudah
Wina|Juni 5, 2018

Di sebuah kota yang dikenal lebih banyak karena masakan manisnya, tersimpan juga kekayaan kuliner dengan dimensi rasa yang berbeda. Ya, Jogja juga dikenal karena masakannya yang pedas-pedas loh teman-teman. Salah satunya adalah resep oseng-oseng mercon khas Jogja yang aku bagi hari ini.

Kota Jogja yang selalu dirindu itu memang tidak pernah ada matinya. Sebagai salah satu destinasi kuliner di Indonesia yang terbaik, selalu saja ada hal baru yang bisa dicoba setiap saat aku bertandang ke sini. Sudah kesekian kalinya ke Jogja masih saja ada kedai gudeg yang belum aku sambangi atau bakpia rekomendasi teman yang harus dicoba.

Yang menarik adalah awalnya aku mengira pemunculan oseng-oseng mercon di Jogja ini sensasional seperti misalnya seblak dari Bandung. Tapi nyatanya, oseng-oseng mercon ini sudah ada setidaknya hampir dua dekade ini. Bertahan hingga saat ini dan tetap populer, tentu ini bukan sembarang makanan yang begitu-begitu saja. Terlebih ketika di berbagai penjuru kota ada saja warung atau restoran yang menjajakannya.

Buat kamu yang belum pernah mencobanya memasak resep oseng-oseng mercon khas Jogja, masakan ini menggunakan daging tetelan sebagai bintang utamanya dan ditumis bersama sejumput bumbu, cabai, gula merah, dan kecap manis. Proses masaknya sengaja memang agak memakan tambahan waktu agar semua bumbu benar-benar menyatu dengan akrab.

Setelah tersaji, oseng-oseng mercon ini tinggal dilengkapi dengan bawang merah goreng dan nasi hangat. Siapkan segelas teh panas untuk meredakan lidah kamu yang kepanasan karena rasa pedasnya. Nah, kalau dirasa resep ini masih bisa didampingi beberapa masakan lainnya agar terasa lebih nikmat, aku ada beberapa resep yang bisa kamu coba di kesempatan berikutnya.

Berhubung sudah dalam mode oseng-oseng, bagaimana kalau kamu mencoba oseng-oseng dengan menggunakan buncis ataupun orek tempe? Dengan penampilan apik keluarga oseng-oseng bertiga ini pasti lengkap sudah makan malam ataupun buka puasa kamu. Kalau ada yang kurang, ayo jangan ragu menambah lagi ya teman-teman!

Bahan-bahan

Kecap Bango Manis
Yang diperlukan:
Kecap Bango Manis
Lihat produk

Bahan utama

  • 500 gram daging sapi (tetelan/koyor), diiris-iris kecil
  • 3 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, diris-iris, digeprak
  • 5 gram gula merah
  • garam
  • 300 ml air matang
  • 5 sdm minyak goreng

Bumbu halus

  • 200 gram cabai rawit merah
  • 50 gram cabai merah keriting
  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 cm jahe

Cara membuat

1

Panaskan minyak di dalam wajan. Masukkan lengkuas, daun salam, serta bumbu yang dihaluskan. Tumis hingga agak matang.

2

Masukkan daging tetelan sapi dan aduk-aduk hingga bumbu tercampur merata. Tambahkan air matang, dan masak hingga daging empuk.

3

Tambahkan gula merah, garam, dan Kecap Bango Manis.

4

Aduk-aduk terus hingga bumbu meresap.

5

Oseng-oseng mercon siap disajikan dengan taburan bawang merah.

Rasa pedas gurih nikmat memang cocok untuk menu makan malam kan teman-teman? Sama seperti di Jogja, paling nikmat oseng-oseng mercon disantap malam hari!


Resep ini pernah dimuat di: www.bango.co.id/resep/details/564/oseng-oseng-mercon-yogyakarta