Resep Orak Arik Telur dan Sayuran - Masak Apa Hari Ini?

Resep Orak Arik Telur dan Sayuran, Untuk Ide Kreatif Menyantap Telur

Simpan ke bagian favorit

Menu mudah dan cepat serta cocok dinikmati kapan saja? Itulah dia orak arik telur dan sayuran. Ayo simak cara memasaknya di sini!

30mnt
2 Porsi
Mudah
Tim MAHI|September 29, 2018

Pagi hari ini, seringkali jadi waktu yang padat untuk para ibu di rumah. Mulai dari beberes rumah hingga menyiapkan sarapan untuk keluarga. Pastinya, kita butuh menu praktis agar bisa dibuat dalam waktu singkat. Nah, kali ini, ada resep simpel dan lezat untukmu, yakni orak arik telur dan sayuran a la Isna Sutanto.

Orak Arik Telur, Makanan Bernutrisi yang Praktis

Telur tak hanya mudah didapat, tapi juga kaya nutrisi. Menurut USDA (US Departmenet and Agriculture) Agriculture Service, dalam 100 gram telur mengandung 6,41 gram protein, 3,2 gram serat, dan 513 kalori. Namun, bagian putih dan bagian kuning memiliki kandungan yang berbeda.

Meskipun kandungan protein dalam kuning telur dan putih telur tak jauh berbeda, kualitasnya berbeda. Menurut data dari USDA, kandungan protein pada putih telur lebih tinggi kualitasnya. Ia mengandung asam amino, kalium, dan sodium, yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sementara kandungan lemak, lebih banyak dimiliki kuning telur. Meski begitu, kuning telur juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin E, dan vitamin D. Putih telur lebih dianjurkan untuk yang sedang mengikuti program penurunan berat badan karena mengandung lebih sedikit kalori dan lemak.

Telur juga begitu fleksibel dimasak dengan cara apapun – termasuk di sini yaitu dengan kornet dan sayuran. Resep orak arik telur dan sayuran ini hanya membutuhkan waktu sekejap saja dimasaknya. Tambahkan Royco Kaldu Ayam serta Bango Kecap Manis maka lengkap sudah sarapan kita hari ini!

Namun, sajian telur juga dipengaruhi oleh kualitas telur itu sendiri. Perhatikan cara memilih telur hingga menyimpannya, agar nutrisinya tidak berkurang. Berikut adalah tips memilih dan menyimpan telur.

1. Hindari Kulit yang Retak

Kulit telur yang sudah retak rentan terinfeksi bakteri. Kulit yang retak meskipun minor, membuat udara bisa masuk ke dalam, hal ini yang membuat telur bisa lebih cepat busuk. Periksa satu persatu telur yang akan dibeli, pastikan kulitnya masih mulus.

2. Kocok Telur Perlahan

Cara lain untuk memastikan kualitas telur adalah dengan mengocoknya secara perlahan. Jika isi telur terasa mengikuti arah kocokan, maka kemungkinan besar telur dalam keadaan segar.

3. Cium Aroma Telur

Hal paling umum dilakukan untuk mengecek kesegaran telur adalah dari aromanya. Telur yang basi mengeluarkan bau busuk yang menyengat. Telur yang masih segar cenderung tidak beraroma dari luar.

4. Menyimpan Telur

Nah, ada dua pendapat berbeda soal penyimpanan telur. Ada yang menyarankan menyimpannya di kulkas, ada pula yang menganjurkan untuk menyimpannya di suhu ruang.

Pada intinya, menyimpan telur di dalam kulkas adalah bentuk pencegahan telur terkontaminasi bakteri salmonella. Dengan begitu, telur tidak mudah busuk. Namun sebaiknya, hindari menyimpan telur di bagian pintu kulkas.

Pintu kulkas mengalami perubahan suhu yang lebih drastis dibanding bagian dalam, karena sering dibuka dan ditutup. Hal ini bisa membuat telur lebih cepat busuk. Simpan telur di bagian dalam kulkas. Bisa juga kamu simpan telur dengan wadah kartonnya, agar lebih awet.

Nah, dengan kualitas telur yang baik, resep orak arik telur ini tentunya akan menghasilkan rasa maksimal. Sajikan makanan bernutrisi ini untuk keluarga tercinta.

MAHI akan kembali menampilkan berbagai macam resep menarik dari teman-teman influencers yang begitu berbakat dalam memasak. Pastikan untuk selalu mampir di situs MAHI untuk resep istimewa lainnya setiap dua hari dari sahabat-sahabat yang jago memasak ini.

Sementara itu, selamat memasak dan selamat bersenang-senang di dapur!

 

Bahan-bahan

Bahan

  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 180 g kornet sapi
  • 10 buah buncis, iris serong
  • 5 lembar kol, iris
  • 1 buah wortel, potong memanjang
  • garam
  • gula pasir
  • 2 sdm minyak sayur

Bumbu iris

  • 1 buah bawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah besar
  • 5 buah cabai rawit

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bumbu iris hingga harum dan layu. Masukkan kornet, aduk hingga mulai kering.

2

Tambahkan sayuran, beri garam, gula pasir, Royco Kaldu Ayam, dan Bango Kecap Manis. Aduk rata dan masak hingga sayuran setengah layu.

3

Sisihkan semua bahan di pinggir wajan, tuang telur dan masak orak-arik. Aduk hingga semua tercampur rata. Sajikan.

Selebihnya, cukup siapkan nasi hangat dan sarapan comfort food siap sudah untuk dinikmati. Selamat bersantap!


Resep ini pernah dimuat di: www.instagram.com/p/BlIA52XHcrl/?taken-by=isnasutanto

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.