Jenis Masakan


Resep Mun Tahu Vegetarian, Resep Sehat Untuk Masak di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Sajikan mun tahu vegetarian sebagai masakan rumahan enak dan juga sehat. Pas sekali disandingkan dengan sambal cabai kering atau sambal rawit bawang putih. Simak resepnya berikut!

40mnt
4 Porsi
Mudah
Valentina|April 24, 2020

Siapa yang tidak kenal dengan mun tahu? Sajian peranakan yang mudah ditemukan di restoran atau rumah makan Cina. Menilik asalnya, mun berasal dari bahasa masyarakat Hakka, Cina Selatan, yang berarti rebus. Masuk sebagai salah satu hidangan favorit masyarakat Indonesia, ada beragam varian hidangan tahu putih ini. Yang banyak dikenal adalah dikombinasikan dengan ayam dan udang. Kali ini, kita akan memasak mun tahu vegetarian yang dipadukan dengan bahan non hewani.

Tahu putih maupun tahu sutra bisa digunakan dalam resep ini. Selain tahu, kita akan gunakan protein nabati lainnya seperti jamur merang. Masuk dalam jenis jamur bernutrisi yang wajib coba untuk dimasak, jamur merang bertekstur cukup kenyal. Bentuknya bulat lonjong, berwarna kecokelatan hingga abu-abu. Kamu bisa menemukan jamur merang dengan mudah di pasar tradisional maupun supermarket. 

Hidangan rendah karbohidrat ini sangat pas disajikan sebagai alternatif makanan ketika kamu bosan dengan sajian bersantan dan berlemak atau bahkan lauk yang serba digoreng. Berkuah pekat, menu ini bisa dinikmati dengan nasi hangat. Selain jadi lauk pendamping, mun tahu juga bisa dinikmati sebagai bintang utama di meja makan. Yuk, langsung kita coba masak mun tahu vegetarian ini!

Bahan-bahan

Bahan

  • 300 g tahu putih, potong dadu ukuran 2 cm
  • 10 buah jamur merang, cuci, cincang kasar
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 50 g bawang bombay, cincang halus
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air
  • 150 ml air
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.

 

2

Masukkan jamur, Royco Kaldu Ayam, merica, dan Bango Kecap Manis Light, aduk rata.

3

Masukkan tahu dan air, aduk. Masak hingga mendidih.

 

4

Tambahkan larutan maizena dan daun bawang, aduk. Masak hingga kuah mengental. Angkat. Sajikan.

Sehat dan cocok untuk penganut vegetarian, sajikan mun tahu ini untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan ataupun pemulihan. Dimakan kapan saja juga tak kalah lezatnya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.