Resep Mie Ayam Sederhana dengan Sambal Hijau

Siapapun pasti ingin membuat mie ayam sendiri di rumah dan bisa menikmatinya kapan saja. Yang satu ini adalah resep mie ayam sederhana yang kamu bisa buat cepat dengan rasa yang juga lezat!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Wina|Mei 27, 2018

Rasanya ada yang kurang kalau dalam seminggu tidak bersantap mie ayam kesukaan sama sekali. Aku sendiri gemar menjajal berbagai kedai mie karena semuanya memiliki kekhasan tersendiri. Tapi ada masanya memang kita juga malas keluar atau sedang berpuasa sehingga lebih baik memasak sendiri. Kali ini ada resep mie ayam sederhana yang pasti kamu pasti suka!

Layaknya nasi, mie juga memiliki banyak kombinasi menarik dalam mengolahnya. Di lain kesempatan aku pernah berbagi resep mie goreng yang hanya menggunakan telur, sawi, dan tauge saja. Sederhana bukan? Tidak hanya mudah tapi juga sedap banget. Bumbu mie ayam yang satu ini juga tidak akan merepotkan kamu karena mudah didapat sekaligus murah meriah.

Cara membuat mie ayam ini pertama-tama pastinya yang harus disiapkan adalah mie basah. Bahan terpenting kedua yaitu yang sesuai dengan namanya – ayam. Kali ini twist yang aku coba adalah dengan memasak ayam bersama sambal hijau. Ya, bumbu pedas yang satu ini memang belakangan sedang naik daun. Begitu banyak sepertinya sekarang yang menjual ayam goreng dengan tambahan sambal hijau, namun versi milikku ini lebih terinspirasi gaya Padang dan tidak melulu menggunakan terlalu banyak cabe rawit.

Setelah selesai mengulek sambel hijau, ayam kemudian akan ditumis bersamanya agar lebih wangi, pedas, dan sedap. Selebihnya kita mengikuti gaya kebanyakan penjual bakmi. Dengan mempersiapkan minyak bawang terlebih dahulu, mie yang telah direbus kemudian dicampur bersama bumbu-bumbu dan diaduk hingga merata. Kalau kamu tipe yang suka yamien, maka cukup ditambahkan Kecap Manis Bango.

Tidak lama, tersaji deh hasil dari mencoba resep mie ayam sederhana ini. Hanya tinggal bubuhkan ayam sambal hijau di atasnya, berikan sedikit pelengkap berupa bawang goreng, daun bawang, ataupun seledri. Kalau lebih diniatkan, bisa juga dipadankan dengan potongan tomat, pangsit goreng, bahkan pangsit rebus.

Tapi aku sih inginnya yang praktis-praktis dulu. Nanti setelah lebih jago membuat mie ayam, mungkin akan kepikiran juga mencoba gaya-gaya lainnya yang tidak ada habisnya. Memang mie ayam itu makanan yang susah ditolak ya teman-teman?

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk
  • 150 g dada ayam, potong dadu
  • 1 bungkus Royco Kaldu Ayam
  • 3 sdm minyak sayur
  • 600 g mie basah

Bahan minyak bawang

  • 2 siung bawang putih cincang kasar
  • 5 sdm minyak sayur

Sambal hijau

  • 100 g cabai hijau besar
  • 10 buah cabai rawit
  • 2 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 lembar daun jeruk
  • Minyak sayur
  • Garam

Cara membuat

1

Untuk membuat sambal hijau: Rebus cabe hijau bersama cabe rawit serta bawang putih dan bawang merah hingga melunak.

2

Ulek semua bahan hingga halus atau menggunakan food processor.

3

Panaskan wajan dan minyak. Tumis sambal yang dihaluskan serta tambahkan garam secukupnya beserta daun jeruk.

4

Untuk membuat minyak bawang: Panaskan wajan dan minyak. Tumis bawang putih kecokelatan, lalu sisihkan bersama minyaknya.

5

Untuk membuat mie dan ayam sambal hijau: Panaskan wajan dan minyak di atas api sedang. Masukkan ayam dan sambal hijau. Tumis hingga matang. Angkat kemudian sisihkan.

6

Rebus mie dalam air mendidih sampai matang. Tiriskan.

7

Di dalam masing-masing mangkuk saji, masukkan 1 sdm minyak bawang dan ¼ sendok teh Royco Kaldu Ayam. Tambahkan mie dan aduk rata. Kemudian tata tumisan ayam dan sambal hijau di atasnya.

8

Bila ingin, sajikan dengan tambahan tomat ataupun pangsit goreng.

Bagaimana pengalaman memasak mie ayam sambal hijau pertamamu? Menarik bukan? Semoga suka resep racikanku ini ya.


Resep ini pernah dimuat di: www.royco.co.id/Ide-Resep/resep-mie-ayam-sambel-ijo.html