Resep Kroket Ayam Mie untuk Camilan - Masak Apa Hari Ini?

Resep Kroket Ayam Mie, Camilan Sore yang Menggugah Selera

Simpan ke bagian favorit

Kroket ayam mie membuat olahan mie jadi tak sekadar rebus, goreng, atau tumis. Siapkan sebagai camilan atau bekal yang menggugah selera!

1jam
10 Porsi
Cukup rumit
Wina|Agustus 24, 2021

Resep kroket ayam mie membuat menikmati hidangan mie jadi lebih ringan. Camilan ini sangat cocok untuk bekal piknik, sarapan, hingga sebagai kudapan sore yang bikin nambah terus. Kroket yang biasanya hanya berbahan dasar kentang kali ini ditambahkan mie dan telur rebus ke dalam adonannya.

Isian kroket ayam mie

Bahan isi kroket kentang isi ayam ini juga dapat kamu ganti isinya sesuai dengan selera kamu. Kali ini aku memilih daging dada ayam sebagai isi dari camilan berlapis tepung roti atau tepung panko ini. Karena tepung panir atau tepung panko mudah berubah warna menjadi gelap atau kecokelatan, sebaiknya goreng kroket di atas api sedang.

Punya roti tawar sisa? Kamu juga bisa membuat tepung roti homemade. Biarkan roti tawar sisa (misalnya roti tawar iris, baguette, country bread, atau roll bread) agak mengering, lalu proses menggunakan chopper atau food processor. Kamu bisa mencincang atau menghancurkannya dengan tekstur kasar atau halus sesuai selera.

Resep kroket enak lembut lainnya untuk camilan

Untuk masa-masa makan di rumah seperti sekarang ini, tentunya kamu tidak boleh kekurangan resep camilan lezat. Selain kroket ayam mie, aku juga sudah siapkan setidaknya tiga resep kroket lainnya yang patut dicoba. Berikut adalah di antaranya.

1. Kroket kentang isi wortel

Resep yang satu ini akan menjadikan kroket yang kamu buat punya tekstur kentangnya yang kaya dan sedap. Isian tumisan wortel akan menambah rasa lezat dan nutrisinya. Selain kroket ayam mie, jadikan kroket yang satu ini sebagai camilan jagoanmu di rumah! Jika ingin lebih kaya, kamu bisa menambahkan daging ayam cincang dan jamur ke dalam tumisan isi. Jadi kroket kentang isi ayam sayuran, deh!

Resep kroket kentang isi wortel.

2. Kroket tuna

Pilihan lebih sehatnya, kamu bisa ganti tepung terigu dengan kentang sebagai kulit kroket. Rasanya tidak jauh berbeda dengan perkedel kentang atau perkedel daging. Menariknya, rasa kentang biasanya cukup netral sehingga tidak tumpang tindih dengan tuna yang cenderung asin. Sajikan bersama saus sambal favorit!

Resep kroket tuna.

3. Kroket nasi goreng keju

Nasi ataupun nasi goreng kemarin bisa dimanfaatkan sebagai menu sarapan. Campurkan dengan keju, jagung, dan kacang polong, lalu bentuk bulat seperti kroket. Salut dengan tepung terigu dan telur, lalu diamkan dalam freezer. Lalu, goreng hingga keemasan dan sajikan bersama saus sambal, mayones, saus tartar, atau apapun kesukaanmu.

Resep kroket nasi goreng keju.

Ternyata camilan yang biasanya kita beli di toko kue ini bisa diolah dengan macam-macam isian. Semakin seru juga deh kegiatan camilan sore kamu dengan secangkir teh ataupun kopi. Yuk, kita buat kroket ayam mie dulu!

Bahan-bahan

Bahan

  • 250 g kentang, kukus, haluskan
  • 150 g wortel, potong dadu
  • 250 g tepung panko
  • 200 g dada ayam, rebus, cincang
  • 200 g mi telur kering, rebus hingga setengah matang
  • 4 butir telur ayam
  • 1 bungkus Royco Kaldu Ayam
  • 4 bawang putih, cincang
  • 8 bawang merah, cincang
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • ½ sdt garam
  • minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

1

Campur mie, bawang merah, bawang putih, garam, gula, Royco Kaldu Ayam, kentang, wortel, ayam, 2 butir telur, dan seledri hingga merata.

2

Ambil 2 sdm adonan mi, bentuk menjadi bulat lonjong. Ulangi proses serupa pada sisa adonan.

3

Celupkan kroket mi ke dalam kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung roti hingga permukaannya tertutup rata dengan tepung roti.

4

Panaskan minyak, goreng di atas api sedang hingga cokelat keemasan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.