Resep Krengsengan Daging Sapi Khas Jawa Timur, Pelengkap Idul Adha - MAHI
resep krengsengan daging jawa timur

Resep Krengsengan Daging Sapi Jawa Timur, Sajian Lezat Sehari-hari di Rumah

Resep mudah berbahan dasar daging sapi? Masak Apa Hari ini punya ide seru untuk kamu yaitu resep krengsengan daging yang lezat. Coba masak, yuk!
resep krengsengan daging jawa timur
Wina | Jun 15, 2022

Buat kamu yang kemarin-kemarin ini baru saja masak ayam, hari ini masak apa, ya, enaknya? Kalau ikan dan seafood sedang kurang berselera, berarti satu-satunya jawaban adalah daging. Kalau ingin yang lebih simpel, tentu tidak jauh dari daging sapi. Nah, bagaimana kalau kamu padukan antara daging dan iga? Sepertinya resep krengsengan daging sapi khas Jawa Timur adalah jawabannya!

Ternyata cara membuat krengsengan daging sapi pedas, manis, empuk dan gurih ini sangat mudah dan  tidak memakan banyak waktu di dapur. Bumbu krengsengan daging yang enak ternyata sederhana dan mudah untuk dicari. Tidak perlu banyak belanja kecuali untuk daging dan sedikit terasi agar lebih sedap. Sisanya hanya memastikan ada nasi saja, kok.

Masuk ke proses masaknya saja luar biasa simpelnya. Pertama marinasi daging dan iga dengan bumbu halus dan biarkan sejenak beristirahat agar bumbu-bumbunya saling berkenalan. Setelah itu cukup ditumis saja bersama bahan-bahan lainnya dan tutup. Masak dengan api kecil hingga empuk kemudian baru tambahkan Bango Kecap Manis beserta terasi. Setelah meresap, selesai, deh! Resep krengsengan daging sapi empuk ini bisa disajikan.

Masak Apa Hari Ini juga punya ide-ide simpel lainnya di kala kamu benar-benar sedang mager banget tapi tetap ada niatan masak. Kalau krengsengan saja tidak cukup, bagaimana kalau sempatkan juga menggoreng bakwan sayur yang renyah? Atau padankan sekalian resep krengsengan daging Jawa Timur ini dengan nasi goreng ataupun menu-menu lainnya.

Ah, kalau begitu malah jadi niat masak, ya, jadinya. Tapi begitu, deh, biasanya di dapur. Karena satu masakan rasanya kurang kalau tidak dilengkapi yang lain, kamu bisa jadi kreatif dengan menggunakan apa saja yang tersedia di dapur agar pengalaman makan jadi lebih menarik. Apalagi kalau keluarga di rumah sedang ada maunya untuk minta dimasakkan sesuatu. Dengan terbiasa menggunakan bahan-bahan yang ada, kamu justru bisa masak yang mudah-mudah tapi mengena di lidah semua orang.

Anyway, selamat mencoba resep krengsengan daging sapi yang empuk dan lezat ini, ya!

Bahan

4
Porsi
650
g daging dan iga sapi, potong-potong
2
buah tomat, potong-potong 
2
sdm petis udang
300
ml air
3
sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

6
butir bawang merah 
4
siung bawang putih 
4
buah cabai merah keriting
4
cm jahe
1
sdm merica butiran
1
sdt garam

Cara membuat

1

Di dalam wadah, aduk rata dan remas-remas daging serta iga sapi dengan bumbu halus. Diamkan selama 15 menit hingga bumbu lebih meresap.

2

Panaskan minyak goreng, tumis daging beserta bumbu hingga berubah warna.

3

Masukkan tomat dan air, didihkan. Tutup wajan dan kecilkan api. Masak hingga daging empuk.

4

Masukkan Bango Kecap Manis dan petis udang. Aduk hingga rata. Masak hingga bumbu meresap. Angkat dan sajikan.

Intip juga resep krengsengan kambing yang tidak kalah lezatnya. Selamat mencoba!

Bahan-bahan

Bango Kecap Manis
Bango Kecap Manis