Resep Keripik Bayam yang Renyah dan Gurih - MAHI

Resep Keripik Bayam Renyah Gurih, Buat Kamu Ingin Tambah Terus

Simpan ke bagian favorit

Keripik bayam yang gurih dan renyah ternyata bisa kamu bikin sendiri di rumah. Bikin untuk menu takjil di bulan Ramadan dengan resep ini, yuk!

1jam 45mnt
3 Porsi
Mudah
Wina|Maret 23, 2022

Mendengar kata keripik bayam, secara alamiah biasanya penggemar jajanan bakalan tergiur membayangkannya. Maklum, gorengan dalam bentuk sayuran dari jenis bayam tidak selalu ada di rumah atau tersedia sebagai suguhan saat bertamu. Kalau beruntung kadang kamu menemukannya sebagai pelengkap makanan utama di restoran. Nah, daripada menunggu-nunggu momen seperti itu, lebih baik kita mengolah keripik daun bayam sendiri, bukan?

Bicara soal cara membuat kripik bayam, sebetulnya sangat mudah, lho! Sebagai permulaan, pastikan untuk memilih bayam yang masih segar. Untuk sisa bahan membuat keripik bayam sebetulnya sangat sederhana. Pertama-tama, kita buat dahulu adonan basah yang terdiri dari tepung tapioka, tepung beras, telur, air, dan Royco Kaldu Ayam. Selanjutnya masukkan bumbu halus dari bawang putih, garam, ketumbar bubuk, dan kemiri. Aduk hingga merata.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan menggoreng makanan tersalut tepung dengan cara deep frying. Untuk resep ini, ambil selembar daun bayam dan celupkan ke dalam adonan basah. Pastikan untuk menggoyangkan sedikit bayam yang sudah terlumuri sesudahnya agar tepung tidak terlalu tebal dan tekstur bayam terjaga. Tujuan lainnya adalah untuk meminimalisir jumlah tepung yang terlepas dan jatuh ke dasar wajan.

Kalau kamu suka memperhatikan tukang gorengan menyerok sisaan tepung yang tenggelam setelah menggoreng, maka tujuannya adalah untuk menjaga kualitas minyak dan suhunya. Tepung yang berjatuhan ini akan menurunkan suhu minyak sehingga hasil gorengan akan menjadi tidak konsisten. Lebih jauhnya lagi, kualitas minyak akan menurun drastis dan harus diganti.

Selebihnya, kamu hanya perlu membuat sambal kecap pedas sebagai bumbu cocolan saat menikmatinya. Kudapan ini begitu tepat tersaji saat akhir pekan, sebagai teman minum teh di sore hari, serta tentunya sebagai menu takjil. Selain keripik bayam, masih banyak resep dari Masak Apa Hari Ini yang bisa kamu coba. Jadi, jangan sampai ketinggalan mencoba resep camilan seru lainnya seperti kue cubit gurih, kecimpring singkong pedas, ataupun risoles ragout bayam jamur. Menarik, kan? Selamat mencoba!

Bahan-bahan

  • 200 g bayam petik, cuci bersih, tiriskan
  • 125 g tepung tapioka
  • 250 g tepung beras
  • 250 ml air
  • 1 butir telur
  • minyak, untuk menggoreng

Bumbu halus

  • ½ sdt garam
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah kemiri, sangrai

Sambal kecap

Cara membuat

Membuat adonan keripik bayam.
1

Aduk rata tepung tapioka dan tepung beras dalam mangkuk. Tuang air dan masukkan telur, bumbui Royco Kaldu Ayam, aduk hingga menjadi adonan halus.

Mencampurkan adonan keripik bayam dengan bumbu halus.
2

Masukkan bumbu halus, aduk rata.

Menggoreng keripik bayam.
3

Panaskan minyak agak banyak. Ambil selembar daun bayam dan celupkan ke dalam adonan tepung. Goyangkan sedikit sesudahnya agar tepung tidak terlalu tebal dan tekstur bayam terjaga. Setelah siap, goreng bayam dalam minyak panas. Ulangi proses secara bertahap hingga bayam habis. Goreng bayam hingga garing dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan, kemudian sisihkan.

Membuat sambal kecap untuk keripik bayam.
4

Sambal kecap: Ulek cabai rawit, bawang putih dan garam hingga halus. Tambahkan Bango Kecap Manis Light dan air jeruk nipis.

Keripik bayam dalam mangkuk hitam besar dengan saus kecap di depannya
5

Sajikan keripik bayam bersama sambal kecap.

Bagaimana dengan proses masaknya sejauh ini? Tidak sulit tentunya, bukan? Sajikan agak lebih banyak agar keluarga di rumah kebagian semuanya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.