Jenis Masakan


Resep Kering Tempe Teri, Hidangan Rumahan yang Tak Lekang Waktu

Simpan ke bagian favorit

Kering tempe teri, sajian rumahan pelengkap andalan. Mudah membuatnya dan wajib kamu stok agar bisa dinikmati kapan saja. Berikut resepnya!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Mei 12, 2020

Setelah ayam goreng siap ataupun ikan bakar tersedia di meja makan, sepertinya ada satu atau dua yang kurang. Kalau bukan masakan sayuran, berarti sajian pendamping seperti kering tempe teri contohnya. Hidangan yang sangat mudah diolah ini tak hanya lezat, tapi juga jadi ide bagus untuk stok makanan jangka panjang.

Kalau ingat dulu waktu aku jaman indekost, sekembalinya bekerja di Jakarta setelah bermalam minggu di Bandung, pastinya ada saja yang dibekali dari rumah. Biasanya sang ibu menyiapkan beragam panganan tahan lama seperti kering kentang ataupun kering tempe teri seperti yang satu ini. Maklum, anak kost biasanya ingin yang praktis-praktis saja. Meskipun ada rice cooker dan beras, malah kadang malas untuk menanak nasi. Lebih baik beli nasi di kantin, bawa pulang, dan nikmati deh bersama kering tempe dan kerupuk.

Tapi bukan soal urusan nostalgia atau ide makanan sederhana, kering tempe teri sebetulnya terbilang mewah. Ini dikarenakan tekstur dan cita rasanya yang lezat melengkapi semua sajian yang ada saat makan malam. Jadi, pastikan untuk menyiapkannya dari waktu ke waktu di rumah. Siapa tahu saat tengah malam tiba dan rasa lapar menyeruak, hanya sesimpel nasi hangat dan sajian inilah yang kamu butuhkan saat itu. Nyam!

Bahan-bahan

Bahan

  • 500 g tempe, potong korek api
  • 50 g kacang tanah
  • 100 g ikan teri segar
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 4 buah cabai merah, iris serong
  • 2 buah cabai rawit merah, iris
  • minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

1

Panaskan minyak, goreng tempe, kacang tanah, dan ikan teri secara bergantian hingga garing. Tiriskan dan sisihkan.

2

Panaskan 3 sdm minyak di atas api sedang. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai merah dan cabai rawit, tumis hingga matang.

3

Tambahkan Bango Kecap Manis dan Royco Kaldu Ayam, aduk rata.

4

Masukkan tempe, teri, dan kacang, masak hingga bumbu meresap. Angkat dan sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.