Resep Kerang Kupas Tumis Bumbu Mercon - MAHI

Resep Kerang Kupas Tumis Bumbu Mercon, Pedas Manis Bikin Nagih

Simpan ke bagian favorit

Penggemar kerang dara, ayo berkumpul! Ada resep kerang kupas tumis bumbu mercon pedas manis yang bikin nagih di sini. Yuk, coba resepnya!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|September 20, 2022

Dinamakan “kerang darah” karena warna tubuhnya merah yang berasal dari kandungan hemoglobin-nya. Sebagai salah satu santapan seafood di Indonesia, spesies yang juga dinamakan “kerang dara” ini punya begitu banyak penggemar. Kalau kamu adalah salah satunya, bagaimana kalau mencoba membuat resep kerang kupas yang ditumis berikut ini? Segar dan punya rasa pedas manis yang begitu menggoda!

Kerang Dara dan Seafood Secara Umum

Apakah kamu setuju kalau kerang dara adalah menu wajib saat makan di warung seafood pinggir jalan? Kalau ya, bahkan ketika makan di restoran pun kamu tidak boleh ketinggalan memesannya. Ukurannya kecil, berlimpah saat disajikan, dan paling favoritnya adalah yang versi direbus. Beberapa jenis seafood lainnya seperti udang misalnya, memang punya kecenderungan nikmat kuadrat kalau hanya melibatkan proses direbus saja. Seperti halnya udang, kerang dara juga punya rasa manis alami yang bikin nagih. Apalagi saat disajikan dengan saus asam manis dan potongan nanas khas warung seafood. Yang ada ingin pesan satu porsi lagi, bukan?

Untuk kamu yang akan mengolahnya di rumah, kerang dara sebaiknya dimasak hingga benar-benar matang. Maklum, seafood secara keseluruhan lebih ideal dimasak hingga matang agar lebih aman dari kandungan patogen dan hal lainnya yang tidak baik untuk tubuh. Di zaman sekarang ini, beragam makanan yang dikonsumsi akan punya nilai plus bila berasal dari sumber yang bonafide. Dari seafood hingga daging sapi, bahkan kopi, banyak yang kini punya cerita asal usulnya (traceability). Sekiranya kamu berkesempatan menikmati seafood yang berasal dari sumber terbaik dan kondisi kantong mengizinkan, itulan momen yang jangan sampai terlewatkan!

Mudahnya Membuat Resep Kerang Kupas

Ingin berkreasi mengolah resep kerang kupas yang berbeda dari biasanya? Cukup ditumis dengan bumbu mercon rasa pedas manis, maka demam seafood kamu akan berakhir. Berbekal nasi hangat saja, pasti sejuta rasanya. Dan the best part is kamu bisa membuatnya kapan saja karena sudah menguasai resepnya.

Siapkan kerang dara yang sudah dikupas, namun sebelumnya pastikan agar kamu mencucinya dengan sepenuh hati. Mencuci kerang atau tiram memang membutuhkan waktu ekstra, karena perlu benar-benar bersih agar tidak tersisa kandungan pasir atau hal lainnya yang dapat merusak rasa. Sesudahnya kamu tinggal membuat bumbu mercon dan menumisnya bersama-sama dalam waktu singkat. Tak lama, hidangan istimewa siap untuk dinikmati.

Nah, apa lagi menu seafood yang kamu suka? Pastikan untuk cek koleksi resep seafood dari Masak Apa Hari Ini, ya! Selamat masak!

Bahan-bahan

  • 300 g kerang dara kupas
  • 6 lembar daun jeruk
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 cm jahe
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

  • 12 butir bawang merah
  • 12 buah cabai rawit merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt garam

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, lengkuas, serai, dan jahe hingga harum.

2

Masukkan kerang, masak hingga setengah matang.

3

Tambahkan Bango Kecap Manis dan Royco Kaldu Ayam, aduk. Masak hingga kerang matang. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.