Resep Ikan Kembung Kukus - Masak Apa Hari Ini?

Resep Ikan Kembung Kukus, Menu Sehat Sekaligus Lezat

Simpan ke bagian favorit

Ikan kembung kukus, satu resep yang menyehatkan namun dengan kelezatan yang tidak kalah dengan masakan lainnya. Cari tahu cara membuatnya di sini, yuk!

45mnt
4 Porsi
Mudah
Maddie|April 1, 2019

Kalau biasanya bertemu dengan ikan kembung, rata-rata pasti akan dimasak dengan cara digoreng. Padahal, ikan yang nutrisinya tidak kalah dari ikan salmon ini bisa diolah dengan cara berbeda. Kali ini, aku ingin berbagi cara untuk menyajikan ikan kembung kukus.

Sedapnya ikan kembung kukus

Mengapa dikukus? Pertanyaannya mungkin lebih tepat, “Mengapa tidak?” Ya, orang Indonesia memang lebih terbiasa menu gorengan ketimbang kukusan. Padahal banyak kekayaan kuliner kita yang menggunakan proses kukus dalam memasaknya. Dari macaroni hingga kue bolu, dan itu akan aku bahas juga setelah ini.

Mengukus sejatinya lebih menjaga kadar nutrisi dalam makanan agar tidak lenyap begitu saja. Ketika bahan makanan dipanaskan pada suhu tinggi seperti pada digoreng, maka banyak kandungannya yang bermanfaat akan hilang. Betul, bisa saja tetap enak, tapi di jaman sekarang dimana kita ingin hidup lebih sehat, maka menu kukusan bisa jadi kunci untuk kesehatan keluarga.

Agar rasanya kaya, maka ada banyak rempah yang bisa kita manfaatkan di sini. Tidak sulit kok mencari bahan-bahannya. Misalnya saja ada tomat, jahe, belimbing wuluh, hingga macam-macam cabai. Gunakan margarin dan bawang putih untuk dioleskan pada ikan sehingga ada rasa gurih di sana. Selanjutnya tambahkan garam dan sisa bahan yang aromatik ini. Ada rasa pedas, sekaligus asam dari belimbing wuluh. Siapa sangka menu kukusan bisa punya cita rasa yang kaya?

Makanan bernutrisi menu kukusan lainnya

Tak hanya ikan kembung kukus ini, ada juga beberapa resep lain yang patut kamu coba. Ada tiga resep lainnya yang pasti akan membuat seisi rumah penasaran dibuatnya. Berikut adalah resep-resepnya!

1. Otak-otak ikan tenggiri

Ukurannya kecil namun rasanya yang lezat dengan cocolan sambal kacangnya bikin sulit untuk berhenti menikmatinya. Tak terasa biasanya satu piring otak-otak langsung ludes kalau tersaji di depan seluruh keluarga saat jamnya teh sore. Jadi wajib hukumnya untuk menyiapkan lebih banyak, bahkan kalau bisa jangan sekali habis. Jadi besok bisa mengisi waktu di rumah dengan menikmati kudapan ini.

Resep lengkap otak-otak.

2. Makaroni kukus

Karena tidak semua orang Indonesia punya oven, maka pinggan kukusan jadi cara untuk menikmati resep makaroni. Sejak lama, makaroni kukus selalu hadir sebagai jajanan pasar hingga acara pernikahan. Maka orang Indonesia malah tidak asing dengan hidangan lezat yang satu ini. Resep yang kubagi ini mudah untuk kamu coba di rumah.

Resep lengkap makaroni kukus.

3. Bolu kukus keju

Lelehkan dahulu mentega dengan keju cheddar agar mendapatkan rasa keju yang lebih greget. SIapkan adonan dari telur, gula, tepung, Royco Kaldu Ayam, soda kue, dan vanili. Kocok merata dan tuangkan lelehan keju tadi dengan susu kental manis. Masukkan adonan ke dalam cetakan dan kukus hingga matang. Sajikan untuk teh sore hari ini.

Resep lengkap bolu kukus.

Sekarang semakin lengkap deh koleksi masakan kukusan di rumah. Waktunya untuk bersiap-siap memasak, yuk!

Bahan-bahan

Bahan

  • 4 ekor ikan kembung ukuran besar, bersihkan
  • 1 sdm margarin
  • 6 siung bawang putih, memarkan
  • 2 buah tomat, potong memanjang
  • ½ ruas jari jahe, potong korek api
  • 8 buah belimbing wuluh, belah
  • 3 batang daun bawang, potong 3 cm
  • 4 buah cabai merah, potong serong
  • 4 buah cabai hijau, potong serong
  • 10 buah cabai rawit
  • ½ sdt garam

Cara membuat

1

Campur margarin dengan bawang putih, Royco Kaldu Ayam, dan garam.

2

Letakkan ikan dalam wadah tahan panas, lalu olesi ikan dengan campuran margarin hingga merata.

3

Letakkan semua bahan lainnya di atas ikan, lalu kukus ikan hingga matang. Jumlah cabai bisa dikurangi sesuai selera.

4

Sajikan selagi hangat.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.