Resep Ikan Baronang Bakar Kecap Manis Gurih - MAHI

Resep Ikan Baronang Bakar Kecap Manis Gurih, Menu Makan Istimewa

Simpan ke bagian favorit

Berencana untuk makan-makan seafood di rumah bersama keluarga? Coba dulu resep ikan baronang bakar dengan kecap manis gurih ini!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Mei 15, 2022

Sebagai negeri maritim, Indonesia tidak kekurangan jenis seafood yang bisa diolah. Salah satu ikan yang sering tampil dalam aneka masakan negeri ini adalah ikan baronang. Kali ini, ada resep ikan bakar lezat yang wajib kamu coba!

Mengenal ikan baronang

Kalau kamu bertandang untuk makan malam seafood warungan, pastinya tak heran dengan pilihan aneka ikan seperti baronang, kuwe, kakap, gurame, ataupun kerapu. Untuk yang hobi makan-makan, tentu rasa penasaran bukan hanya sebatas perbedaan harga di antara semua ikan itu. Khusus untuk ikan baronang, yuk, bahas sedikit di sini!

Ikan baronang disebut sebagai rabbitfish dalam bahasa Inggris. Uniknya, ikan baronan merupakan makhluk herbivora yang pangannya adalah rumput laut. Jenis spesiesnya cukup beragam dan tersebar di banyak wilayah Samudra Hindia maupun Samudra Pasifik. Indonesia yang terletak di antaranya tidak pernah kekurangan stok ikan yang satu ini. Terlebih lagi, ikan baronang mudah untuk ditemukan karena habitatnya berada di perairan rendah dan hidup di antara karang-karang. Jumlahnya yang banyak dan mudah ditangkap ini menjadikan harganya lebih terjangkau dan tersedia dimana-mana.

Tips mengolah ikan baronang bakar

Mengolah seafood pada umumnya membutuhkan beberapa pengetahuan mendasar agar hasilnya maksimal. Khusus untuk ikan, pastikan bahwa yang kamu beli adalah ikan segar. Saat menyianginya, bersihkan secara menyeluruh hingga ke dalam rongga perutnya agar tidak meninggalkan bau. Ikan berbadan besar seperti ikan baronang, kuwe, atau kakap cukup dibelah saja namun tidak hingga putus. Tujuannya adalah agar mudah untuk dimarinasi secara merata dan lebih cepat matang. Jangan lupa sesudahnya untuk menyimpan ikan baronang yang telah dimarinasi dalam kulkas selama setengah jam hingga beberapa jam agar bumbunya meresap dengan baik.

Untuk proses berikutnya, panaskan grill pan dan panggang ikan sambil diolesi dengan Bango Kecap Hitam Gurih, ketumbar, dan margarin hingga matang di kedua sisinya. Angkat dan sajikan dengan sambal kecap istimewa!

Apakah kamu mau resep-resep ikan lainnya yang juga tak kalah enak? Jangan lupa untuk follow, like, dan jika ada pertanyaan atau ingin request resep, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar akun Instagram Masak Apa Hari Ini!

Bahan-bahan

Bango Kecap Manis Hitam Gurih
Yang diperlukan:
Bango Kecap Manis Hitam Gurih
  • 2 ekor ikan baronang, siangi, belah tidak putus

Bumbu marinasi, aduk

  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 2 cm kunyit, haluskan
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt garam

Bumbu olesan

Sambal kecap, aduk

Cara membuat

1

Lumuri ikan baronang dengan bumbu marinasi secara merata. Diamkan selama 30 menit dalam kulkas.

2

Panaskan grill pan, panggang ikan sambil diolesi dengan Bango Kecap Hitam Gurih, ketumbar, dan margarin hingga matang di kedua sisinya. Angkat.

3

Sajikan dengan sambal kecap.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.