Resep Ikan Bakar Kecap Gochujang, Ajak Keluarga Berpetualang dengan Rasa Baru

Simpan ke bagian favorit

Resep ikan bakar begitu banyak variasinya, tapi yang satu ini begitu unik dan wajib dicoba. Adalah Ikan Bakar Kecap Gochujang yang cocok jadi menu makan malam hari ini. Yuk, simak cara membuatnya!

1jam
4 Porsi
Mudah
Wina|Desember 18, 2018

Ikan bakar bisa menjadi resep untuk memulai petualanganmu di dapur? Bisa dong tentunya. Nah, kali ini malahan akan kita padukan dengan saus gochujang khas Korea yang semakin terkenal juga setiap harinya! Saus pedas khas Negeri Ginseng ini benar-benar cocok dipadukan dengan berbagai jenis masakan, protein, hingga berbagai camilan. Jadilah hari ini aku ingin berbagi resep Ikan Bakar Kecap Gochujang untuk kamu coba di rumah!

Untuk memulai, pilihan fillet ikan dori adalah satu yang tepat karena teksturnya yang cocok dimasak berbagai cara. Beberapa bahan yang harus dipersiapkan adalah saus gochujang yang kini mudah didapatkan dimana-mana serta tambahan seperti cuka apel serta madu.

Caranya mudah. Beberapa bahan ini tinggal dipadukan saja dengan jahe, bawang putih, gula merah, serta tentunya Bango Kecap Manis dan sedikit Royco Kaldu Ayam. Masak dan aduk hingga rata. Setelah siap, lumuri ikan dengan saus kecap gochujang ini dan biarkan mereka berkenalan sesaat agar seluruh rasanya meresap.

Sembari menanti, persiapkan wajan panggangan. Panggang ikan hingga matang dan olesi dengan saus sesekali. Maka tidak lama, jadi sudah Ikan Bakar Kecap Gochujang ini. Sungguh mudah, bukan?

Yuk, segera saja kita bergegas untuk belanja kebutuhan memasak dan siapkan kejutan untuk keluarga saat makan malam nanti!

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Beli online

Bahan

  • 600 g fillet ikan dori

Bahan saus

  • 2 sdm gula aren, sisir
  • 2 sdm saus Gochujang
  • 2 sdm madu
  • 2 sdm cuka apel
  • 2 sdm bawang putih, haluskan
  • 2 sdm jahe, parut halus
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 sdt merica putih bubuk
  • 100 ml air
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dalam 2 sdm air

Cara membuat

memasak saus kecap gochujang untuk resep ikan bakar.
1

Membuat saus gochujang: Aduk rata Bango Kecap Manis, gula, air, gochujang, madu, cuka apel, bawang putih, jahe, bawang daun, Royco Kaldu Ayam, dan merica. Masak dalam panci kecil sambil diaduk.

menambahkan larutan maizena ke dalam saus kecap gochujang untuk resep ikan bakar.
2

Tuang air dan larutan maizena, masak sambil diaduk hingga mengental. Angkat, sisihkan.

bumbu marinasi ikan bakar dari saus kecap gochujang.
3

Ambil 2 sdm saus gochujang, lumuri ke seluruh permukaan ikan.

memanggang ikan bakar kecap gochujang.
4

Panaskan wajan pemanggang, panggang ikan dori hingga matang. Angkat.

ikan bakar saus gochujang tersaji.
5

Sajikan ikan dori dengan sisa saus kecap gochujang.

Tertarik mencoba berbagai resep ikan lainnya? Ada Ikan Goreng Kecap Manis, Ikan Bakar Bumbu Rujak, ataupun Ikan Rica-Rica. Selamat bertualang dengan resep-resep lainnya dariku ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.