Resep Hati Ayam Tumis Bumbu Bawang Putih - MAHI

Resep Hati Ayam Tumis Bumbu Bawang Putih, Menu MPASI Murah dan Sehat

Simpan ke bagian favorit

Harganya terjangkau, lezat, dan penuh gizi, itulah resep hati ayam tumis bumbu bawang putih berikut. Jadikan sebagai menu MPASI baru di rumah, yuk!

45mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Oktober 24, 2022

Aneka olahan resep hati ayam adalah andalannya para ibu yang selalu sibuk mempersiapkan menu MPASI setiap harinya. Bukan soal harganya saja yang terjangkau, hati ayam memang kaya akan nutrisi dan fleksibel untuk diolah menjadi bermacam menu. Salah satunya adalah resep hati ayam tumis bumbu bawang putih dari Masak Apa Hari Ini yang wajib kamu coba! Sebelum membuatnya, mari kenalan lebih jauh dengan hati ayam dan kandungan gizinya!

Kandungan Gizi dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Hati ayam mengandung asam amino atau protein yang diserap oleh tubuh untuk digunakan dalam berbagai fungsi, dari pembentukan sel baru hingga perbaikan luka. Selain itu hati ayam juga kaya akan zat besi, vitamin B12, folat, kolin, serta selenium maupun zinc. Kemudian ada juga vitamin A yang merupakan sumber gizi terbesar dari hati ayam. Namun yang perlu diperhatikan adalah jumlah asupannya karena vitamin A akan berpengaruh kurang baik pada tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan.

Maka muncullah pertanyaan, seberapa banyak porsi hati ayam yang aman disajikan untuk anak? Hati ayam bisa diperkenalkan sedari usia 6 bulan dan pada usia awal ini, satu hingga dua sendok makan hati ayam untuk sepekan sekali sudah lebih dari cukup. Seiring bertambahnya umur tentu jumlah lebih besar sudah lebih bisa diterima oleh sang anak. Selain itu, perhatikan agar hati ayam benar-benar matang saat dimasak dan juga cara menyimpannya. Hati ayam sebaiknya disimpan dalam kulkas setelah tidak lebih dari dua jam pada suhu ruang, dan pastikan untuk dikonsumsi dalam satu atau dua hari agar menghindari dari resiko kesehatan.

Resep MPASI Sehat Lainnya Selain Resep Hati Ayam

Masih tidak jauh dari hati ayam, Masak Apa Hari Ini sudah menyiapkan juga aneka resep berbahan dasar ayam lainnya yang bisa bergiliran kamu coba di rumah. Jadikan menu MPASI di rumah semakin berwarna agar si kecil bisa bertualang rasa dan membiasakan diri dengan berbagai macam bahan makanan!

Di antara yang bisa kamu coba lain kesempatan adalah resep ayam kukus bawang putih, nasi tim ayam, ataupun sup ceker ayam dengan sayuran. Semua resep ini sudah diujicobakan dan sudah melalui proses supervisi dari nutrisionis sehingga paduan gizinya menjadi lebih lengkap. Sekarang, tinggal giliran kamu yang memasaknya di rumah. Selamat mencoba!

Bahan-bahan

royco kaldu ayam spesial
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam Spesial
  • 300 g hati ayam
  • 80 g buncis, iris tebal
  • 1 buah tomat, cincang
  • 200 ml air
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 1 sdt garam
  • ¼ sdt gula pasir
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

  • 4 siung bawang putih
  • 50 g bawang bombay

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan jahe hingga harum. Masukkan hati ayam dan tomat, aduk perlahan. Masak hingga kaku, tuang air. Masak hingga setengah matang.

2

Masukkan buncis, Royco Kaldu Ayam Spesial, garam, dan gula pasir.

3

Masak hingga matang sambil sesekali diaduk perlahan. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.