Resep Fish and Chips Saus Tomat Pedas yang Bikin Lidah Bahagia

Simpan ke bagian favorit

Sajikan resep fish and chips versi sendiri untuk di rumah, yuk! Disajikan dengan cocolan saus tomat pedas yang pas banget untuk lidah kita.

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Valentina|Mei 27, 2020

Kamu penasaran dengan resep fish and chips? Ikan goreng tepung yang dinikmati bersama kentang goreng ini memang sangat menggoda. Hidangan ini sangat populer di Inggris dan juga Irlandia sebagai menu cepat saji yang praktis untuk dibawa pulang. Di Inggris, kepopuleran fish and chips sebagai salah satu menu nasional  ditandai dengan kehadiran ribuan kedainya. Pantas saja menu ikan goreng ini dijuluki “nations favourite take away”.

Di Indonesia, menu ini juga tak kalah populer di kota-kota besar sebagai menu di restoran hotel berbintang, restoran kekinian, restoran cepat saji, bahkan hingga kedai sederhana dengan harga ekonomis yang banyak didatangi kalangan muda. Supaya lebih hemat, kamu juga bisa menyajikan masakan asal negeri kota London ini untuk keluarga di rumah.

Kali ini aku ingin menyajikannya berbeda demi menyesuaikan dengan lidah Indonesia, yaitu membuat sendiri saus tomat pedas. Sekali-kali boleh dong, ya, mengganti cocolan hidangan yang juga disebut chippy ini. Kalau biasanya dihadirkan bersama saus tartar, saus tomat pedas kali ini mungkin akan membuat kamu mempertimbangkan kehadiran saus berbahan tomat rebus ini sebagai cocolan andalan untuk menikmati menu gorengan lain. Seperti ayam goreng krispi, tahu isi sayuran, atau nugget.

Saus tomat pedas ini semakin mantap berkat kehadiran Saus Sambal Jawara yang membuat saus tomat jadi lebih pedas dan istimewa. Yuk, bedah resep fish and chips berikut di rumah!

Bahan-bahan

Bahan

  • 8 x @100 g fillet ikan dory
  • 100 ml air es
  • 3 sdm air perasan jeruk lemon
  • ½ sdt merica putih bubuk

Campuran tepung, aduk rata

  • 200 g tepung terigu serbaguna
  • 4 sdm tepung maizena
  • 1 1/2 sdt baking powder
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • ½ sdt Royco Kaldu Ayam

Saus tomat pedas

Pelengkap

  • Kentang goreng

Cara membuat

1

Lumuri ikan dory dengan air perasan jeruk lemon, Royco Kaldu Ayam, dan merica secara merata. Diamkan hingga meresap selama sekitar 15 menit.

2

Campur 2 sdm bahan kering dengan air es. Baluri ikan dengan campuran ini sambil ditekan perlahan agar merekat.

3

Balur ikan dengan sisa bahan kering hingga rata.

4

Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga ikan matang dan lapisan tepungnya berwarna keemasan. Angkat, tiriskan.

5

Saus tomat pedas: Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan tomat dan Saus Sambal Jawara Hot, aduk rata.

6

Tambahkan Royco Kaldu Ayam, masak hingga matang. Angkat. Sajikan fish and chips dengan cocolan saus tomat pedas.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan minuman istimewa sebagai teman santap fish and chips, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.