Resep Es Jeruk Peras Lidah Buaya yang Menyegarkan - MAHI

Resep Es Jeruk Peras Lidah Buaya, Minuman Mudah Menyegarkan

Simpan ke bagian favorit

Satu lagi minuman yang akan menyegarkanmu - resep es jeruk peras lidah buaya! Penasaran dengan paduan ini? Coba saja membuatnya di rumah!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Juli 26, 2022

Jeruk di tangan kananku, lidah buaya di tangan kiriku. Kira-kira apa, ya, yang bisa terjadi saat keduanya dipadukan? Saat cuaca sedang panas-panasnya, rasanya nikmat kalau ada minuman dingin yang menemani, bukan? Inilah saatnya es jeruk peras dengan lidah buaya untuk tampil. Segar, menyehatkan, dan juga mudah untuk dibuat.

Kalau biasanya es jeruk peras cukup dinikmati begitu saja, mengapa kali ini hadir lidah buaya atau yang akrab disebut aloe vera? Ini dikarenakan lidah buaya punya banyak manfaat baik, lhoYuk, baca ceritanya lebih lanjut!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Meskipun mungkin kamu tidak selalu memakainya sehari-hari di dapur, lidah buaya adalah bahan makanan yang fleksibel dan aman dikonsumsi. Kalau kamu bertanya-tanya dimana bisa membelinya, zaman sekarang banyak supermarket dan toko online yang menyediakan lidah buaya segar. Agar praktis, kamu hanya perlu membeli yang sudah siap pakai saja, tak perlu membeli pelepah yang masih utuh, apalagi sampai niat banget mengupasnya.

Telah digunakan berabad-abad sebagai obat, lidah buaya juga akan menyumbangkan tekstur kenyal yang menarik saat dinikmati. Lantas, apa saja kelebihannya untuk kesehatan? Berikut adalah di antaranya!

1. Lidah buaya mengandung antioksidan

Begitu banyak jenis antioksidan di luar sana, tapi lidah buaya secara khusus kaya akan kandungan polifenol. Manfaatnya adalah membantu mengurangi stres oksidatif dalam melawan radikal bebas dalam tubuh.

2. Membantu menjaga kesehatan kulit

Penasaran kenapa lidah buaya sering terdapat sebagai bahan dalam produk-produk kecantikan? Properti antiradang yang dimiliki lidah buaya dipercaya dapat membantu menyembuhkan kelainan pada kulit, menjaga elastisitas kulit, serta meningkatkan produksi kolagen pada tubuh. Tak hanya itu, lidah buaya juga kerap dimanfaatkan sebagai obat luka bakar pada kulit.

3. Dipercaya membantu meregulasi gula darah

Meskipun penelitian demi penelitian masih berlanjut, gel maupun jus dari lidah buaya dipercaya dapat meregulasi gula darah dalam tubuh dan membantu para pengidap diabetes tipe 2.

Di luar manfaat kesehatannya, kehadiran lidah buaya sebetulnya menambahkan sisi menarik dalam sebuah menu minuman atau dalam hal ini, es jeruk peras. Lebih jauhnya lagi soal resep ini, ternyata bukan cuma lidah buaya saja, lho, yang menjadikannya semakin menarik. Rupanya ada beberapa topping yang bisa kamu kombinasikan juga dengannya. Cek rekomendasi berikut, yuk!

Pilihan Topping Seru untuk Es Jeruk Peras

Kalau hanya sekadar menikmati minuman segar dengan kombinasi bahan yang begitu-begitu saja, mungkin kamu tidak terlalu tertarik lagi mencobanya. Sebagai tambahan dari lidah buaya, pada resep ini kamu bisa menggunakan selasih. Saat mengunyahnya, ada paduan tekstur unik berupa renyahnya biji selasih dan pinggirannya yang kenyal. Lalu, tambahan terakhir adalah potongan jeruk nipis. Baik dalam minuman seperti es teh manis apalagi es jeruk peras, potongan jeruk nipis akan memberikan presentasi yang lebih menarik dan rasa yang khas menyegarkan.

Nah, tunggu apa lagi? Ayo, coba bikin minuman menyegarkan ini untuk keluarga di rumah!

Bahan-bahan

  • 250 g lidah buaya siap santap
  • 4 sdm selasih
  • 2 buah jeruk nipis, iris
  • Es batu

Cara membuat

1

Aduk rata Buavita Orange dan lidah buaya. Sisihkan.

2

Masukkan es batu, selasih, dan irisan jeruk nipis ke dalam gelas saji.

3

Tuang campuran Buavita Orange ke dalam gelas. Sajikan.  

Tunggu apa lagi? Segera memasak, yuk! Terakhir, pastikan untuk mampir ke Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.